Ingin Rambut Cepat Panjang dan Tebal? Konsumsi 4 Vitamin Ini!

oleh -142 kali dilihat
Ingin Rambut Cepat Panjang dan Tebal? Konsumsi 4 Vitamin Ini!
Ilustrasi rambut panjang/Foto-pixabay

Klikhijau.com – Rambut adalah mahkota, begitulah kata pepatah. Maka tak heran jika banyak orang ingin punya rambut panjang dan tebal juga lembut. Namun sayang, ada banyak orang yang memiliki rambut yang tipis atau gampang rontok hingga berhelai-helai.

Bagi yang punya salah satu atau kedua masalah ini, jangan khawatir. Ada beberapa vitamin yang bisa Anda konsumsi agar cepat panjang dan tebal serta lembut.

dr. Dendy Engelman, MD, dermatolog asal New York City mengatakan, mengonsumsi suplemen vitamin terbilang cukup berkhasiat. Menurutnya, suplemen yang diminum akan langsung diproses oleh tubuh untuk menumbuhkan rambut daripada vitamin yang dioles.

Tapi tahukah Anda, jika dari beberapa makanan sehat juga bisa didapatkan khasiat yang sama. Apa saja makanan sehat itu? Simak penjelasan berikut, yang ditulis Novita Joseph di laman Hellosehat!

KLIK INI:  7 Makanan Ini Lezat Tetapi Tidak Sehat dan Tinggi Kalori
# Vitamin A

Semua sel di dalam jaringan tubuh manusia membutuhkan vitamin A untuk tumbuh. Rambut termasuk dalam jaringan yang paling cepat tumbuh di tubuh.

Vitamin A dipercaya dapat membantu menghasilkan kelenjar minyak pada kulit kepala yang disebut sebum. Sebum berfungsi untuk melembabkan kulit kepala dan membantu menjaga kesehatannya.

Selain dari suplemen dan vitamin yang dijual di apotek, Anda bisa mengonsumsi vitamin A dari makanan sumber vitamin A.

Pilihan terbaiknya antara lain ubi, wortel, labu, bayam dan kangkung. Makanan tersebut mengandung tinggi vitamin A yang bisa bantu agar rambut cepat panjang dan tebal, juga senantiasa sehat.

# Vitamin B

Vitamin lain yang juga baik untuk menumbuhkan rambut agar cepat panjang adalah vitamin B. Vitamin B membantu tubuh membuat sel darah merah sehat.

Sel darah merah tersebut akan membawa oksigen dan nutrisi ke kulit kepala dan folikel rambut.

Vitamin B bisa diperoleh dari makanan seperti kacang almond, daging, ikan, makanan laut, dan sayuran hijau.

KLIK INI:  Bangun Pagi Berpotensi Hindari Wanita dari Kanker Payudara
# Vitamin C

Menurut penelitian dari International Journal of Trichology, paparan radikal bebas berlebih dapat menghambat pertumbuhan dan menyebabkan kerusakan pada rambut.

Untuk mengatasi masalah tersebut, vitamin C bisa digunakan sebagai antioksidan kuat yang membantu melindungi tubuh dari bahaya radikal bebas.

Vitamin C berguna untuk memicu produksi kolagen yang penting untuk proses menumbuhkan rambut. Selain itu, vitamin C juga membantu tubuh Anda menyerap zat besi, mineral yang diperlukan untuk menjaga kesehatannya.

Vitamin ini bisa didapatkan dari buah lemon, jeruk, stroberi, paprika, dan jambu biji.

# Vitamin D

Vitamin terbaik untuk membantu menumbuhkan rambut agar cepat panjang adalah vitamin D. Kekurangan vitamin D bisa menyebabkan kerontokan dan kebotakan.

Ini disebabkan karena vitamin D memang bertugas untuk membantu menciptakan folikel baru di kulit kepala sebagai tempat rambut baru tumbuh.

Konsumsilah minyak ikan, daging ikan, dan jamur untuk mendapatkan vitamin D ini.

KLIK INI:  Akala, Brand Fesyen yang Bahannya 98 Persen dari Serat Tanaman