Ingin Hubungan Cinta Berkualitas, Kenakan Kaus Kaki Saat Tidur dan Rasakan Manfaat Lainnya

oleh -1,201 kali dilihat
Ingin Hubungan Cinta Berkualitas, Kenakan Kaus Kaki Saat Tidur dan Rasakan Manfaat Lainnya
Ilustrasi memakai kaus kaki saat tidur/foto-okezone.com
Irhyl R Makkatutu
Latest posts by Irhyl R Makkatutu (see all)

Klikhijau.com – Jika kamu jatuh cinta atau baru putus dari kekasihmu dan sulit tidur, sebaiknya jangan mengonsumsi obat tidur. Sebab ketergantungan pada obat tidur tentu berbahaya, apalagi jika obat yang kamu konsumsi mengandung zat kimia.

Cara tepat yang bisa kamu lakukan agar bisa tidur cukup sederhana, hanya mengenakan kaus kaki saja. Murah meriah. Tapi, pastikan kaus kaki yang akan kamu kenakan bersih sehingga baunya yang tak memenuhi kamarmu.

Saran itu patut kamu coba, sebab  banyak orang percaya bahwa kaus kaki  bisa membuat mengantar orang ke alam mimpi. Memakai kaus kaki juga membuat tidur lebih nyenyak.

Tapi pastikan kaus kaki yang kamu kenakan tidak ketat, sebab akan menyakiti kakimu sendiri.

Anggapan itu dibenarkan oleh penelitian yang dilakukan oleh para peneliti dari Sleep Laboratory di Basel, Swiss. Mereka melihat bahwa ada hubungan antara suhu tangan dan kaki, dengan kecepatan orang tertidur pulas.

Dilansir oleh Tiphero, sekelompok responden pria muda terbukti bisa tidur lebih cepat setelah kakinya merasa hangat.

KLIK INI:  Keistimewaan Buah Anggur dan Fakta Unik di Baliknya

Hal ini dikarenakan, ketika pembuluh darah di kaki dan tangan membesar, atau disebut vasodilatasi, panas itu akan didistribusikan ke seluruh tubuh.

Dalam studi itu juga menunjukkan bahwa vasodilatasi ke jari-jari kaki dan tangan tersebut bisa membantu orang tertidur dalam waktu singkat.

Kaki dan tangan yang dibalut oleh penghangat, perlahan membuat tubuh menjadi panas, seketika itu pula, tubuh mulai masuk ke dalam jeda tidurnya.

Seiring dengan turunnya tekanan darah, otak menerima pesan dari tubuh agar bersiap untuk tidur, sementara itu hormon tidur melatonin meningkatkan produksinya.

Penasaran dengan manfaat lain menggunakan kaus kaki ketika tidur, baca di bawah ini hingga tuntas

  • Menghangatkan tubuh

Memakai kaus kaki di malam hari dapat membantu tubuh mengatur suhu internal. Penelitian bahkan menunjukkan orang dewasa yang mengenakan kaus kaki tertidur lebih cepat dan lebih baik.

Alasannya, suhu tubuh internal seseorang turun pada malam hari dan mencapai suhu terendah pada pukul 4 pagi. Menjaga kaki tetap hangat akan memperlebar pembuluh darah dan menjaga suhu tubuh tetap hangat.

  • Memperlancar sirkulasi darah

Dikutip dari Boldsky, saat kaki dingin, sirkulasi darah memburuk di tungkai kaki yang menyebabkan pembengkakan di pembuluh darah dan menimbulkan nyeri kaki.

Memakai kaus kaki yang nyaman di malam hari dapat meningkatkan sirkulasi darah karena memberi kehangatan pada kaki yang berefek ke seluruh tubuh.

  • Mencegah hot flash

Hot flash merupakan kondisi tubuh yang mengalami kehangatan secara tiba-tiba, berkeringat, dan jantung berdebar. Kondisi ini biasanya terjadi pada perempuan yang tengah memasuki masa menopause.

Mengenakan kaus kaki di malam hari dapat mencegah hot flash karena kaus kaki membuat suhu tubuh tetap terjaga dan terhindar dari peningkatan suhu tubuh tiba-tiba.

  • Seks berkualitas

Penelitian dari University of Groningen, Belanda menunjukkan, pasangan yang memakai kaus kaki di malam hari dapat melakukan hubungan seks yang lebih baik.

Mereka juga cenderung mengalami orgasme saat berhubungan intim.

KLIK INI:  6 Tips Olahraga Saat Cuaca Panas Agar Terhindar dari Heat Stroke Mematikan
  • Mencegah tumit pecah-pecah

Tumit pecah-pecah  bisa disebabkan oleh cuaca dingin, semisal kamu tidur di ruangan ber-AC. Kondisi dingin pada ruangan dapat membuat kulit menjadi kering dan berakibat pada tumit yang pecah-pecah.

Untuk mencegah hal tersebut, kamu dapat memakai kaou kaki saat tidur, sehingga kaki tetap terasa hangat, lembut, dan lembab.

  • Mengurangi gejala penyakit raynaud

Penyakit fenomena Raynaud merupakan kondisi ketika tubuh terasa kaku dan dingin saat keadaan tertentu. Salah satu gejala yang timbul adalah tangan dan kaki menjadi sangat dingin.

Penyakit ini mempengaruhi pembuluh darah di kulit dan aliran darah berkurang sehingga menyebabkan tangan dan kaki mati rasa.

  • Menghaluskan dan melenturkan kulit kaki

Jika punya permasalahan kulit  kering dan kasar, kamu dapat memakai kaus kaki saat tidur. Kamu bisa memakai pelembab kaki. Sesudah memakai pelembab kaki baru memakai kaos kaki.

Metode tersebut dapat menjaga kesehatan kulit kaki sehingga menjadi halus dan lentur. Pemakaian pelembab dan kaos kaki juga dapat mengatasi masalah bau pada kaki.

Selain memakai kaus kaki, sebaiknya anda tidak meminum kopi atau minuman berkafein lainnya minimal tiga jam sebelum jadwal tidur.

Tak percaya, cobalah, buktikan sendiri, hehehe.

KLIK INI:  7 Manfaat Mengangkat Kaki di Dinding Bagi Perempuan, Poin Terakhir Paling Mengejutkan