Ingin Begadang yang Sehat, Lakukan 6 Cara Ini!

oleh -89 kali dilihat
Ingin Begadang yang Sehat, Lakukan 6 Cara Ini!
Ilustrasi begadang/foto-Beritagar
Irhyl R Makkatutu

[hijau]Pada larutnya yang sunyi, malam terasa lebih seksi[/hijau]

Klikhijau.com – Saya kerap alami hal tak terduga. Misalnya bertemu teman di sebuah warkop. Lalu cerita mengalir hingga lupa malam telah tiba pada titik larutnya.  Jik sudah demikian, tak ada jalan lain selain begadang—menaklukkan malam.

Penyebab begadang tiap orang tentu berbeda. Ada yang memang berniat begadang karena kerjaan mengharuskannya. Ada pula yang begadang karena tak sengaja seperti yang kerap saya alami.

KLIK INI:  Selain Sehat, Rutin Tidur Siang Tingkatkan Prestasi Anak di Sekolah

“Tubuh kita diprogram untuk tidur di malam hari dan terjaga dan waspada di siang hari,” kata Christopher Drake, peneliti tidur dari Henry Ford Sleep Disorders Center.

“Ketika kita mencoba untuk tidur larut dan tidur di siang hari, kita bekerja melawan tubuh kita sendiri,” lanjut Drake yang juga profesor psychiatry & behavioral neurosciences di Wayne State University School of Medicine, Detroit.

Banyak orang menyarankan agar tak begadang. Sebab tak baik bagi kesehatan. Namun, ternyata ada cara begadang yang sehat seperti artikel yang ditulis Ajeng Quamila di hellosehat.com

  • Menabung tidur sebelum begadang

Banyak orang yang tak bisa menentukan kapan harus begadang. Namun, jika mengetahui dari jauh-jauh hari jadwal tersibuk. Sebaiknya mempersiapkan tubuhmu untuk begadang.

KLIK INI:  Selain Bawa Hoki, Ini 7 Manfaat Lain Akuarium

Caranya coba cicil penuhi waktu tidurmu dari jauh-jauh hari agar saat hari-H begadang. Tubuhakan dengan cepat menyesuaikan sistemnya untuk menemani terjaga semalaman suntuk.

Jika Anda bisa mencuri waktu luang sekitar 15-20 menit di siang harinya, pergunakan untuk tidur siang.

  • Camilan tinggi protein

Tubuh membutuhkan sesuatu untuk dibakar. Tujuannya agar kamu bisa tetap terjaga sepanjang malam. Khusunya jika sedang mengerjakan pekerjaan yang membutuhkan kerja otak intensif.

Pilih camilan yang bisa memberikan energi tahan lama yang mengandung protein murni, seperti protein shakes, greek yogurt dan topping buah-buahan, atau irisan apel yang dioles selai kacang.

  • Aktif bergerak

Jika mengerjakan pekerjaan di meja, sering-seringlah beranjak bangun dan jalan-jalan sejenak. Dilansir dari WebMD, jalan-jalan 10 menit meningkatkan energi yang dibutuhkan untuk dua jam.

KLIK INI:  Berpikir Positif, Cara Sederhana dan Murah Perpanjang Usia?

Tidak hanya jalan-jalan, kamu juga bisa lakukan olahraga ringan (misal, lompat tali, push-up, atau sit-up) atau sekadar peregangan selama 10-15 menit.

Lakukan itu setiap 45 menit sekali untuk membantu tubuh membawa oksigen ke pembuluh darah, otak, dan otot-otot kamu.

Ketika mengerahkan energi fisik, tubuh akan mengirimkan sinyal ke otak. Asupan oksigen ke otak yang terus terjaga akan membantu kemampuan otak untuk belajar dan menyimpan informasi, serta meningkatkan pemikiran kreatif.

  • Atur suhu ruangan

Jika ingin melek sepanjang malam, atur suhu ruangan agar tak terlalu dingin. Tapi juga tak sampai bikin gerah keringatan.

Tinggikan suhu AC ruangan hingga 23-25ºC, atau pakai pakaian yang agak tebal. Suhu ini sesuai untuk menjagamu tetap waspada dan juga mencegah cepat lelah akibat kepanasan.

  • Boleh ngopi, tapi…

Memang menggoda menyesap secangkir kopi panas atau menenggak minuman energi agar mata bisa terus melek.

Tapi, minum lebih dari dua gelas kopi saat begadang bukannya meningkatkan konsentrasi, namun justru akan membuat gelisah dan hilang fokus.

KLIK INI:  Cuci Muka dengan Air Dingin Bisa Percantik Wajah

Triknya, puasalah minum kopi setidaknya seminggu menjelang hari-H begadang. Jika sudah tahu kapan akan begadang. Siang hari sebelum begadang, minumlah secangkir kopi sebelum tidur siang.

Kafein memiliki efek yang nyata dan kadang berguna untuk otak. Tetapi, jika mengonsumsi kafein secara rutin dan berulang, lama-kelamaan tubuh dan pikiran membangun kekebalan terhadap kafein, sehingga efeknya tak akan optimal saat dibutuhkan.

  • Nyalakan lampu terang

Ada sains di balik mengapa kita lebih cepat mengantuk di malam hari. Layaknya tubuh memproduksi vitamin D di pagi hari dengan bantuan sinar matahari, tubuh akan memproduksi hormon melatonin yang membuat kita mengantuk, dengan bantuan kegelapan di malam hari.

Jika ngin begadang, situasikan lingkungan kerja agar seterang mungkin. Cahaya memiliki efek yang kuat pada jam internal tubuh. Sinar terang dapat memanipulasi sistem tubuh dan membuatnya mengira bahwa ini belum saatnya untuk Anda tidur.

Jam sirkadian tubuh memiliki koneksi langsung ke mata, dan cahaya terang dapat mengatur ulang jam internalmu. Jam internal tubuh inilah yang bisa memberi tahu ketika tubuh sedang terjaga atau saat kelelahan.

Jika sudah membacanya, saya ucapkan selamat begadang sehat.

KLIK INI:  Tak Sekadar Diseruput, Ini 5 Pemanfaatan Lain dari Biji Kopi yang Jarang Dibahas!