Ini Manfaat Ajaib Lengkuas, Bumbu Masak yang Sering Mengecoh

Publish by -29 kali dilihat
Penulis: Irhyl R Makkatutu
Ini Manfaat Tak Terduga Lengkuas, Bumbu Masak yang Sering Mengecoh
Lengkuas/foto-ist

Jika ada bumbu masak membuatmu malu, itu pasti lengkuas

Klikhijau.com – Hmmm, pernahkah kamu terkecoh dengan lengkuas? Rempah andalan itu memang kerap megecoh. Saya pernah mengalaminya, Saya kira lauk yang menghuni piring saya semuanya adalah daging. Rupanya bukan.

Ada satu potongan likku ‘lengkuas’ yang ikut. Dengan semangat saya menggigitnya, tapi rasanya aneh, keras, pahit, dan agak pedas.

Lengkuas menurut Wikipedia merupakan jenis tumbuhan umbi-umbian yang bisa hidup di daerah dataran tinggi maupun dataran rendah.

KLIK INI:  Juliette dan Sarah Ungkap 4 Jenis Bumbu Masakan yang Bisa Panjangkan Usia

Umumnya masyarakat memanfaatkan tanaman bernama latin Alpinia galanga sebagai campuran bumbu masak dan pengobatan tradisional.

Pemanfaatan lengkuas untuk masakan dengan cara mememarkan rimpang kemudian dicelupkan begitu saja ke dalam campuran masakan. Pada bumbu masakan yang biasa digunakan adalah lengkuas putih

Sedangkan untuk pengobatan tradisional yang banyak digunakan adalah lengkuas merah Alpinia purpurata K Schum.

Ada dua jenis tanaman lengkuas yang banyak dikenal oleh masyarakat, yaitu lengkuas putih dan lengkuas merah.

Bumbu masakan ini banyak manfaat untuk menyembuhkan berbagai penyakit:

KLIK INI:  Pantas Sereh Jadi Bumbu Idola, Begini Manfaat Istimewanya!
  • Menjaga kesehatan otak

Antiinflamasi pada lengkuas dapat membantu kesehatan pada otak. Lengkuas dapat mengurangi risiko degenerasi kognitif dan membantu mencegah depresi.

  • Menyembuhkan asma

Sifat antiinflamasi dari lengkuas bermanfaat untuk mengendalikan serta menyembuhkan asma dan gangguan pernapasan akut. Sehingga mampu melebarkan bronkiolus untuk mengurangi asma..

  • Kesuburan pria

Akar lengkuas dapat meningkatkan jumlah dan kemampuan bergerak sperma. Hal ini baik untuk meningkatkan kesuburan pada pria. Sperma dipercaya dapat aktif meningkat 3 kali lipat setelah mengkonsumsi lengkuas.

KLIK INI:  4 Manfaat Rumput Fatimah dan Bahayanya Untuk Ibu Hamil
  • Menyembuhkan diare

Tanaman ini memiliki anti mikroba yang dapat membasmi bakteri yang terbawa ke dalam tubuh. Sehingga dengan mengonsumsi lengkuas dapat meredakan penyakit diare yang meringankan penderita.

  • Menyembuhkan batuk

Air sadapan lengkuas sangat mujarab kamu gunakan untuk menyembuhkan batuk. Caranya, siapkan botol minuman dan kemudian potong lengkuas kecil-kecil.

Masukan lengkuas yang telah dipotong ke dalam mulut botol. Agar aman dan tidak terganggu, sembunyikan dengan menunupi semak-belukar. Biarkan semalaman dan konsumsi selama 3 kali berturut-turut hingga batuknya reda.

  • Membantu pertumbuhan rambut

Kandungan asam lemak pada lengkuas dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah pada kulit kepala. Dengan demikian, lengkuas ini mampu membantu pertumbuhan rambut. Kamu dapat menggunakan minyak olahan lengkuas.

KLIK INI:  7 Manfaat Istimewa Buah Jamblang, Poin Terakhir Paling Ajaib
  • Lawan tanda penuaan dini

Lengkuas pun punya banyak manfaat buat kulit termasuk melawan kemunculan tanda penuaan dini. Lengkuas punya 40 jenis komponen antioksidan yang siap lawan kerut dan garis halus di wajah.

Sebagai obat topikal (oles), lengkuas bisa dimanfaatkan sebagai obat untuk kulit yang terbakar. Cukup dengan cara dihaluskan, aplikasikan pasta lengkuas pada kulit yang terbakar atau terkena benda panas.

  • Anti kanker dan HIV

Ini mungkin manfaat lengkuas yang paling mengesankan. Faktanya rempah-rempah ini mengandung banyak zat antioksidan dan anti-inflamasi, rempah ini dapat membantu menurunkan kerusakan DNA yang dibawa oleh komponen beracun dan radikal bebas lainnya yang masuk ke dalam tubuh.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh para peneliti Inggris menemukan bahwa lengkuas memiliki sifat melawan kanker menurut percobaan yang dilakukan dengan orang yang menderita kanker payudara dan paru-paru.

KLIK INI:  Manfaat Buah Ciplukan, dari Masalah Mulut hingga Tangkal Kanker

Komponen anti kanker yang paling efektif adalah flavonoid yang dikenal sebagai galanin, yang memodulasi aktivitas enzim dan menghancurkan genotoksisitas.

Ekstrak polisakarida dari lengkuas memiliki efek stimulasi pada sistem retikuloendotelial dan meningkatkan jumlah sel limpa dan eksudat peritoneum, yang memainkan peran kunci dalam sistem kekebalan tubuh. Hal ini dapat memperkecil infeksi HIV yang disebabkan oleh rusaknya sistem kekebalan tubuh.

Nah, itulah manfaat lain lengkuas selain sebagai bumbu masak yang suka mengecoh

KLIK INI:  Mengenal Lebih Dekat Burung Puffin, Burung yang Alami Kematian Massal
Editor: Irhyl R Makkatutu
Sumber: Beberapa sumber

KLIK Pilihan!