HKAN 2021, Kehati Gelar Diskusi ‘IG Live’ Perihal Penulisan Isu Konservasi Indonesia

oleh -144 kali dilihat
HKAN 2021, Kehati Gelar Diskusi ‘IG Live’ Perihal Penulisan Isu Konservasi Indonesia
Pamflet acara IG Live BW - Foto/BW

Klikhijau.com – Dalam rangka peringatan Hari Konservasi Alam Nasional (HKAN) 2021, 10 Agustus 2021, Yayasan KEHATI menggelar diskusi live Instagram dengan tema Membentuk Jurnalis Muda Peduli Konservasi Indonesia.

Diskusi ini diinisiasi oleh “Biodiversity Warriors” (BW) sebuah komunitas bentukan Yayasan Kehati yang secara khusus menghimpun anak-anak muda seluruh Indonesia. BW menjadi komunitas penghubung para anak muda untuk menjadi influencer di komunitas dan di daerahnya.

Sesi kali ini, Yayasan Kehati mengundang Editor in chief Klikhijau.com, Anis Kurniawan sebagai narasumber. Anis Kurniawan salah satu penulis dan jurnalis yang telah cukup lama menggeluti jurnalisme lingkungan.

Bersama Klikhijau, Anis telah menginisiasi pentingnya literasi konservasi melalui tulisan dan pelibatan anak-anak muda. Saat ini Klikhijau menjadi salah satu media online yang benar-benar fokus pada isu lingkungan.

Anis diharapkan dapat memberi inspirasi dan motivasi pada para BW se-Indonesia perihal bagaimana menulis isu-isu konservasi.

KLIK INI:  Pembicara di Forum Pemuda, Anis Kurniawan: Anak Muda Harus Ramah Lingkungan
Berbagi tips menulis

“Tema diskusi Kehati ini menarik, sejauh ini memang kita masih sangat lemah dalam hal literasi lingkungan. Oleh sebab itu, anak-anak muda harus mengambil peran dengan memperkuat literasi konservasi, diantaranya dengan menulis atau terlibat dalam liputan mengenai lingkungan,” kata Anis.

Menurut Anis, ada banyak sisi-sisi menarik pada isu konservasi dan lingkungan secara umum yang belum dieksplorasi para jurnalis.

“Kita seringnya hanya terjebak pada pemberitaan mengenai dampak dari peristiwa ekologis yang terjadi seperti saat ada banjir, longsor dan lainnya. Padahal, ada peristiwa faktual yang terjadi di baliknya yang jarang diangkat. Di sinilah penulisan isu konservasi itu dibutuhkan agar semua orang semakin teredukasi mengapa penting menjaga ekosistem,” jelasnya.

Di tengah krisis ekologi yang sedang di depan mata, terutama dengan adanya ancaman serius seperti dampak perubahan iklim, krisis air dan lainnya, Anis menekankan pentingnya aksi nyata.

“Jurnalisme lingkungan penting dihidupkan sebagai sebuah wadah edukasi dan advokasi. Anak-anak muda harus memberi warna di dalamnya dengan terlibat langsung. Paling penting adalah bagaimana anak-anak muda itu menjadi teladan di komunitasnya,” tambah Anis.

Jangan lewatkan diskusi Live Instagram BW ini, Anis Kurniawan akan memberikan tips-tips menulis dan penulisan jurnalisme yang baik. Pengalaman selama bertahun-tahun menulis isu lingkungan tentu amat berharga dibagikan pada anak muda.

Diskusi live ini akan berlangsung pada 16.00 – 17.00 WIB dan dipandu oleh Ahmad Baihaqi, Staf Edukasi dan Outreach Yayasan KEHATI.

KLIK INI:  Menebar Spirit 8 Rumusan Ekspose Kinerja BBKSDA untuk Kehidupan Berkelanjutan