Hiu yang Masuk ke Sungai Musi Berakhir Jadi Ikan Asin

Publish by -174 kali dilihat
Penulis: Kartika P
Hiu yang Masuk ke Sungai Musi Berakhir Jadi Ikan Asin
Ilustrasi ikan hiu/foto-ist

Bahkan ikan hiu pun dijadikan ikan asin di Indonesia

Klikhijau.com – Mendengar kata ikan hiu, kamu pasti akan membayangkan betapa gaharnya ikan ini di lautan. Predator dengan gigi-giginya yang tajam siap memangsa ikan-ikan kecil yang berenang di dekatnya.

Namun siapa sangka, ikan besar ini sempat viral di kawasan Sumatera lantaran masuk ke Sungai Musi. Tanpa disengaja, anak ikan hiu ini terperangkap dalam jaring nelayan yang sedang mencari ikan di Sungai Musi, Keramasan Kertapati, Palembang, Sumatera Selatan.

Tidak heran bila ada hewan laut yang masuk ke Sungai Musi. Hal ini dikarenakan Sungai Musi berbatasan langsung ke muara lautan di daerah Sungang, Banyuasin, Sumatera Selatan.

Di daerah tersebut, terjadi proses desalinasi, yaitu proses hilangnya kadar garam berlebih dalam air saat musim kemarau.

KLIK INI:  Belasan Ikan Hiu Dibantai di Pulau Igym, Bangkainya Berserakan di Pantai

“Anakan hiu yang masuk ke Sungai Musi berjenis hiu cucut. Hiu ini juga tidak dilindungi dalam undang-undang”, tutur Direktorat Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) Palembang,

Hiu cucut mempunyai bentuk torpedo disertai ekor yang kuat. Tulang punggungnya melanjut hingga ke ekor bagian atas. Hiu ini memiliki warna gelap kelabu di bagian punggung dan sedikit terang di bagian perutnya.

“Hiu cucut ini tidak bisa melebihi 1 meter panjangnya dan tidak dapat bertahan lama di air tawar”, tambahnya.

Jarang terjadi

Meskipun hiu yang terperangka dalam jaring nelayan ini tidak dilindungi, kamu perlu tahu beberapa jenis hiu yang dilindungi undang-undang, yakni hiu macan, hiu martil dan hiu koboi.

KLIK INI:  Hiu Putih Tak Pernah Terlihat di Perairan Cape Town, Punahkah?

Anak hiu itu terperangkap di jaring seorang nelayan bernama Muslim, warga Keramasan, Kamis, 5 September 2019.

Dilansir dari kumparan.com, awalnya Muslim juga kaget mendapatkan hiu itu. Dirinya tidak menyangka bahwa ikan seberat 2,5 Kg tersebut adalah anak hiu.

Muslim baru mengetahui ikan tersebut adalah anak hiu dari teman-temannya sesama nelayan. Sayangnya hiu tersebut tidak dapat bertahan lama. Tidak lama setelah diangkat ke perahu hiu itu mati.

Sementara itu, seperti yang dimuat di liputan6.com, Muslim menjelaskan bahwa awalnya anak hiu ini akan dipelihara di rumah, namun setelah diangkat ke perahu, tidak lama setelah itu hiu langsung mati. Muslim kemudian berinisiatif untuk menjadikannya ikan asin.

Penemuan hiu di Sungai Musi ini sontak membuat warga heboh, karena jarang ditemui hiu yang masuk ke sungai dengan air tawar.

KLIK INI:  Gletser di Puncak Jaya akan Hilang, Indonesa Patut Berduka
Editor: Ian Konjo
Sumber: Beberapa sumber

KLIK Pilihan!