Hal Sederhana Ini Bisa Jaga Mata dan Pertajam Penglihatan

Publish by -30 kali dilihat
Penulis: Redaksi
Hal Sederhana Ini Bisa Jaga Mata dan Pertajam Penglihatan
Ilustrasi mata/Foto-freepik.com

Klikhijau.com – Mata merupakan salah satu indera yang sangat vital sebagai penglihatan untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Karena itu, menjaga mata agar tetap sehat sangatlah penting.

Ada beberapa hal yang bisa menjadi penyebab rusaknya mata. Misalnya, berlama-lama di depan komputer, gawai, membaca sambil tiduran atau menonton TV terlalu lama serta terlalu dekat.

Dokter mata spesialis Glaukoma, dr Dewi Rosarina menyarankan untuk membatasi penggunaan smartpone dan komputer. Terlalu lama bekerja di depan layar komputer maupun smartphone menyebabkan mata menjadi tegang.

Hal itu akan membuat pandangan menjadi kabur dan sulit melihat fokus pada jarak jauh. Juga terjadinya gangguan mata dari yang ringan sampai serius.

KLIK INI:  Agar Bebas dari Bahaya Polusi Cahaya, Begini Cara Mengatasinya

Untuk menjaga agar kesehatan mata tetap terjaga, hal-hal berikut bisa Anda lakukan.

# Istirahatkan mata

Menutup mata Anda beberapa menit sangat membantu. Tips penglihatan makin tajam ini bisa dilakukan satu jam sekali atau berkali-kali saat Anda sedang bekerja keras.

Jika pekerjaan Anda mengharuskan duduk di depan komputer atau membaca, memejamkan mata bisa menyegarkannya.

Sesederhana kedengarannya, latihan ini dapat melindungi mata dari kelelahan.

# Tidur yang cukup

Mengistirahatkan mata selama beberapa menit saja tidak cukup. Tubuh juga membutuhkan tidur teratur dan nyenyak.

Ketika tubuh mendapatkan cukup istirahat, mata akan menjadi lebih segar dan membuat penglihatan makin tajam. Tips ini sangat mudah Anda lakukan.

# Menjaga makanan

Makan wortel baik untuk penglihatan. Memang sering terdengar, namun tips ini wajib Anda coba. Wortel kaya akan vitamin A, nutrisi yang penting untuk penglihatan.

Selain vitamin A, pastikan juga mengonsumsi makanan yang kaya vitamin C, vitamin E, tembaga dan seng. Degenerasi makula bisa menjadi tantangan terbesar seiring bertambahnya usia dan antioksidan dapat membantu menguranginya.

Ikan juga bagus untuk mata, khususnya ikan air dingin seperti mackerel, salmon liar. Agar penglihatan makin tajam, tips ini sangat pas buat Anda yang doyan makan.

KLIK INI:  Makan Nanas, Ini Efek Sampingnya dan Cara Konsumsi yang Tepat
# Melatih mata

Mata memiliki otot yang bisa Anda latih agar penglihatan makin tajam. Latihan mata sangat bagus ketika dilakukan di pagi hari, ketika mata lelah dan sebelum tidur.

Jika konsisten selama sebulan, Anda mungkin akan mulai merasakan perbedaan. Mulailah dengan menghangatkan mata selama lima detik menggunakan telapak tangan yang hangat dan ulang tiga kali.

Menggerakkan mata juga dapat membantu otot mata. Lihatlah ke atas dan putar mata sekitar sepuluh kali di kedua arah.

Untuk mempertajam fokus, pegang pena sepanjang lengan dan fokuslah pada itu. Gerakkan pena lebih dekat perlahan hingga sekitar enam inci dari hidung. Ulangi proses ini sepuluh kali.

# Lingkungan ramah mata

Hal yang bisa berdampak buruk bagi mata disekeliling kita begitu banyak setiap hari. Misalnya, duduk lama di depan komputer, berenang di kolam yang mengandung klorin, menggunakan cahaya redup saat membaca dan lampu neon.

Kondisi-kondisi itu dapat menurunkan kualitas penglihatan. Karena itu, buatlah kondisi sekitar lebih ramah terhadap mata, misalnya dengan menaruh tanaman di meja kerja Anda.

Menumbuhkan banyak tanaman di rumah atau menggunakan peralatan dengan warna yang lebih ramah dengan mata.

Hal itu akan membuat penglihatan makin tajam dan tentu saja membuat suasana kerja menjadi lebih menyenangkan.

KLIK INI:  Waspada Kanker Ginjal, Kenali Gejalanya Sebelum Terlambat
Editor: Ian Konjo
Sumber: Beberapa sumber

KLIK Pilihan!