Hal-hal yang Perlu Dikonsumsi untuk Tingkatkan Mood

oleh -9 kali dilihat
Ini Segudang Manfaat Dark Chocolate, Cocok untuk Diet
Ilustrasi cokelat/Foto-freepik

Klikhijau.com – Terkadang seseorang menghadapi suasana hati atau mood yang mudah berubah. Kadang baik, kadang pula uring-uringan.

Pada kondisi tertentu, seseorang akan mengalami moodswing atau perubahan suasana hati yang sangat drastis.

Moodswing kerap kerap dialami oleh perempuan yang sedang mengalami premenstrual syndrome (PMS). Namun, perubahan mood, tidak hanya dialami oleh perempuan, tetapi juga laki-laki.

Perubahan mood yang tidak menentu bisa berakibat buruk, khususnya dalam pada hubungan sosial dengan seseorang atau hubungan percintaan denga  pasangan.

KLIK INI:  7 Kiat Simpel Menjaga Berat Badan Usai Lebaran

Oleh karena itu, dibutuhkan cara mengatasi saat mood sedang terjun bebas agar bisa kembali meningkat, sehingga tidak menimbulkan dampak buruk bagi diri sendiri dan orang lain.

Di lansir dari beautynesia.id, berikut ini hal-hal yang bisa dikonsumsi untuk membangkitkan mood, yakni:

  •  Yogurt

Mengonsumsi yogurt, tidak hanya baik untuk percernaan. Tetapi makanan fermentasi seperti yogurt, rupanya juga mampu membantu meningkatkan mood seseorang.

Kandungan probiotik pada yogurt diyakini  dapat meningkatkan produksi hormon serotonin dalam otak.

Hormon serotonin sendiri memiliki peran yang penting sebagai neurotransmitter yang mempengaruhi berbagai aspek perilaku manusia, di antaranya respons stres,  suasana hati, respons stres, dorongan seksual hingga nafsu makan

Karena itu, apabila mood kamu sedang kurang bagus cobalah mengonsumsi yogurt!

  • Kopi

Sudah menjadi pengetahuan umum jika kopi mengandung  kafein. Kandungan tersebut, dapat mencegah senyawa adenosine menempel pada reseptor otak.

Senyawa adenosine ini menjadi penyebab meningkatnya stres san rasa lelah. Karenanya dengan mengonsumsi kopi yang mengandung kafein, maka produksi hormon dopamine dan norepinephrine sapat meningkatkan.

Jika produksi hormon dopamine dan norepinephrine meningkat, secara otomatis akan memperbaiki suasana hati kamu menjadi lebih baik dan bergairah.

KLIK INI:  Bahagia itu Benar-Benar Sederhana, Cukup Lakukan Hal Ini!
  • Buah alpukat

Buah yang satu ini memang menjadi buah andalan banyak orang. Jika kamu sedang mengalami moodswing dan lelah. Kamu  bisa mengonsumsi buah alpukat untuk mengatasinya.

Kandungan vitamin B yang terdapat dalam buah yang kerap dijadikan jus ini   dapat meningkatkan kadar serotonin.

Selain itu, buah alpukat juga mengandung asam folat. Asam jenis ini memiliki fungsi meningkatkan energi dan metabolisme. Hal itulah yang dapat membuat tubuh terasa lebih segar dan bersemangat.

  • Cokelat

Dark chocolate atau cokelat merupakan salah satu sumber flavonoid yang baik untuk kesehatan tubuh.

Zat flavonoid ini telah terbukti memiliki manfaat yang baik untuk meningkatkan aliran darah ke otak. Selain itu mengonsumsi cokelat juga dapat mengurangi inflamasi dan memberi pengaruh yang baik terhadap kesehatan otak secara keseluruhan, termasuk di dalamnya membantu mengatur mood.

Tidak hanya itu,  tekstur lembut yang terdapat pada cokelat ditambah rasa dan aroma yang menyenangkan, dapat meningkatkan suasana hati menjadi lebih baik.

  •  Buah pisang

Vitamin B6 yang terdapat dalam buah pisang sangatlah tinggi. Vitamin  B6 ini dapat merangsang produksi hormon dopamine dan serotonin di dalam otak.

Buah pisang juga juga mengandung gula alami dan serat. Jika kedua kandungan ini  bertemu, maka dapat membuat kadar gula darah tetap stabil dan dapat memberi  pengaruh pada peningkatan mood atau suasana hati.

Jadi, jika mood kamu sedang kurang bagus, cobalah konsumsi hal di atas, selamat mencoba dan selamat menikmati suasana hati yang penuh energi!

KLIK INI:  Pengendara Buang Sampah Sembarangan, Ini Sebabnya!