Hal-Hal yang Dapat Dilakukan untuk Menyelamatkan Hutan Hujan Tropis

oleh -379 kali dilihat
Hutan Hujan, Pengertian, Manfaat dan Fakta Menarik yang Penting Diketahui
Ilustrasi - Foto/ Jason Miller dari Unsplash

Klikhijau.com – Hutan hujan tropis  telah menghilang  sepertiganya dari planet ini. Tentu hal itu mengejutkan. Padahal hutan hujan memiliki peran yang sangat urgen terhadap bumi dan segala kehidupan di dalamnya.

Data mengenai hilangnya sepertiga hutan hujan tropis itu, termuat dalam State of the Tropical Rainforest. Laporan itu pertama  diterbitkan pada tahun 2020 lalu.

Kehilangan hutan hujan tropis adalah kerugian besar, bukan hanya manusia, tetapi juga  semua spesies dan hewan dirugikan. Dan kerugian itu disebabkan oleh deforestasi.

Kenapa menjadi kerugian besar, sebab hutan hujan tropis  mampu menyerap karbon dioksida dan melepaskan oksigen yang kita andalkan untuk tetap bernapas.

KLIK INI:  KLHK Beri KHDTK untuk Universitas Lancang Kuning Riau

Peran lainnya adalah  sanggup mempertahankan siklus air dunia. Caranya dengan menambahkan air ke atmosfer untuk membantu menciptakan awan.

Selain itu,  ia menjadi sumber makanan dan obat-obatan bagi manusia. Tidak tanggung-tanggung lebih dari 25 persen obat-obatan modern bersumber dari hutan hujan tropis.

Dan bagi satwa dan tumbuhan, hutan hujan tropis adalah rumah yang nyaman lebih dari 30 juta spesies satwa dan tumbuhan.

Karena itu, kita tidak bisa membiarkan kehilangan akan dirinya terus terjadi. Perlu adanya tindakan nyata untuk merawat dan melindunginya, di antaranya:

  • Membeli bahan dan makanan lokal yang bertanggung jawab

Membeli makanan lokal, bukan hanya mampu menyelamatkan hutan hujan tropis dari ancaman iklim. Namun, juga memberi napas bagi warga lokal.

Hanya saja, saat membeli harus melihat apakah toko tempat membeli benar-benar bertanggung jawab terhadap lingkungan alias menerapkan prinsip-prinsip yang ramah lingkungan. Cobalah membeli produk dari pertanian yang berkelanjutan.

KLIK INI:  Di Balik Tawaran Kemudahan, Air Kemasan Membawa Ancaman Kesehatan?
  • Mendorong pertanian berkelanjutan

Tidak hanya  membeli produk dari petani berkelanjutan, namun juga perlu didorong  atau mengadvokasi insentif  terselenggaranya pertanian berkelanjutan dan pembatasan impor daging sapi yang tidak bersertifikat.

Saat ini, masih banyak petani yang  melakukan pembukaan lahan (baca deforestasi) untuk lahan baru mereka.

Padahal mereka bisa menerapkan pertanian permakultur, yakni teknik budidaya yang membantu diversifikasi tanaman. Cara ini  memungkinkan petani mengandalkan sumber daya terbarukan dan ekosistem mandiri. Permakultur juga telah terbukti memperbaiki tanah di hutan hujan.

  • Berkolaborasi dengan organisasi pendukung

Organisasi pendukung yang dimaksud adalah yang berdedikasi untuk pelestarian hutan hujan. Caranya bisa dengan melakukan kegiatan bersama dalam hal melindungi hutan.

Hal lain yang bisa dilakukan adalah dengan menyumbang ide atau uang demi mendukung organisasi yang bergerak dalam perlindungan hutan.

KLIK INI:  Ini 12 Rumusan Operasional Hasil Rakornas KPH 2019
  • Mengurangi makan daging sapi

Peternakan, khususnya sapi menjadi salah satu pemicu terjadinya deforestasi dan krisis iklim. Karena itu untuk mengatasi dan menyelamatkan hutan hujan tropis, perlu penerapan pembatasan konsumsi  daging sapi.

Data dari  Rainforest Foundation mengungkapkan bahwa mengurangi konsumsi daging sapi adalah salah satu cara terbesar untuk membantu menghentikan deforestasi.

Tidak hanya itu, tetapi juga  dapat membantu efisiensi energi, polusi air, dan pengurangan metana.

  • Periksa label bahan

Banyak hal yang menjadi pendorong terjadinya deforestasi, di antaranya kedelai, jagung dan minyak sawit.

Karena itu, jika melihat label seperti itu—yang tidak berpihak pada lingkungan, ada baiknya Anda tidak membelinya.

Semakin menipis pembeli, maka perusahaan yang bergerak di bidang penyebab hilangnya hutan hujan tropis akan mengurangi produksinya, itu bisa menyelamatkan “nyawa” hutan.

KLIK INI:  Penjara Menanti Pelaku Pembakaran 274 Hektar Lahan di Kubu Raya
  • Mendukung komunitas adat

Komunitas adat adalah penjaga hutan yang patut diandalkan dan dibanggakan. Mereka menjadikan hutan sebagai rumah dan sumber kehidupan.

Karena itu, perlu kiranya mendukung keberadaan mereka, caranya bisa dengan hal sederhananya, semisal membeli produk artisanal yang dibuat oleh penduduk asli.

  • Mengurangi jejak karbon

Perubahan iklim merupakan ancaman besar bagi hutan hujan dan spesies yang menghuninya. Sementara perusahaan besar adalah kontributor terbesar emisi gas rumah kaca.

Karena itu, perlu adanya perubahan gaya hidup yang sederhana dan tidak konsumtif, misalnya mengurangi mengemudi kendaraan pribadi, mengonsumsi lebih sedikit energi, beralih ke sumber energi terbarukan, dan mendaur ulang sampah.

  • Mendorong perbaikan kebijakan

Kebijakan pemerintah harus benar-benar berpihak pada lingkungan, khususnya hutan hujan tropis. Karena itu perlu mendorong pemerintah untuk segera bertindak mengatasi permasalahan tersebut.

Jika kebijakan hulu (pemerintah) telah bergerak, maka permasalahan di hilir sangat mungkin untuk teratasi.

Demikian.

KLIK INI:  Pantai Matamu