Fantastis, Harga Terbaru Tanaman Hias Janda Bolong Tembus Rp 100 Juta!

Publish by -29.485 kali dilihat
Penulis: Anis Kurniawan
Fantastis, Harga Terbaru Tanaman Hias Janda Bolong Tembus Rp 100 Juta!
Janda bolong empat daun milik Mas Iwan di Bogor yang baru saja terjual Rp 95 juta - Foto/Ist

Klikhijau.com – Harga tanaman hias Monstera adansonii variagated alias janda bolong (janbol)  menembus angka Rp 100 juta. Informasi perihal ini dikabarkan oleh pegiat tanaman hias ternama dari Bogor, Mas Iwan, Selasa 11 Agustus 2020.

“Iya mas, beberapa hari lalu saya menjual janbol empat daun seharga Rp 95 juta. Alhamdulillah mas,” cerita Iwan gembira.

Kata Iwan, pembelinya kali ini adalah orang Indonesia yang domisili di Jakarta. “Maaf, identitas pembelinya nggak mau disebutkan mas. Yang jelas, beliau orang Jakarta. Beliau penggemar baru di dunia tanaman hias,” lanjut Iwan.

“Ini transaksi keduanya mas. Sebelumnya, orang tersebut sudah membeli janbol seharga Rp 80 juta. Lalu, beli ke saya mas, Rp 95 juta. Pembelian ketiganya, saya rekom ke kawan saya juga janbol empat daun seharga Rp 100 juta,” ungkapnya.

Menurut pengakuan Iwan, ini adalah harga tertinggi dari janbol empat daun. Padahal setahun lalu (2019), tepatnya di bulan Mei, Mas Iwan menjual Janbol ke seorang kolektor asal Australia bernama Jeff seharga USD 3500 atau setara dengan Rp 40 juta lebih.

KLIK INI:  Philodendron Selloum, Keistimewaan, Pertumbuhan dan Tips Merawatnya

Rekor harga tertinggi ini kian membuat janda bolong spektakuler dan bombastis. Harga ini bahkan berpotensi meroket lebih tinggi lagi. Pasalnya, penggemarnya semakin banyak. Setiap harinya, Mas Iwan menerima telepon calon pembeli dari berbagai daerah hingga luar negeri. Semakin banyak orang yang bertanya-tanya harga dan tertarik membeli janbol.

“Saya juga terima kasih pada Klikhijau, berkat review dan artikelnya, daya tarik Janbol terus meluas mas. Semakin banyak yang nanya-nanya soal Janbol, sebagian besar karena baca informasinya di Klikhijau mas,” tutur Iwan.

Janbol di musim demam bunga
harga janda bolong
Mas Iwan dan tanaman hias janda bolong miliknya yang terjual Rp 95 juta belum lama ini – Foto/Ist

Monstera Variegata memang punya daya tarik istimewa, selain daunnya yang berlubang, jenis ini juga punya pesona di warna dedaunnya yakni kombinasi hijau, putih dan kuning. Sedangkan janda bolong biasa (Monstera adansonii) hanya satu warna yang harganya sangat murah dan banyak dijumpai di Marketplace.

Bila penasaran mengapa daun Monstera berlubang, simak ulasannya di SINI! Temukan pula alasan kekinian mengapa Monstera super mahal di SINI!

KLIK INI:  Pesona 'Janda Bolong' dan Harganya yang Semirip Mahar Pernikahan

Selama pandemi ini, masyarakat memang sedang demam bunga. Menurut Mas Iwan, tanaman hias apa pun saat ini pasti akan diburu. Hal itu karena kebanyakan orang aktivitasnya lebih banyak di rumah dan merawat tanaman adalah satu pilihan kekinian.

Di rumahnya di Bogor, Mas Iwan semakin sibuk mengurusi tanaman hias. Pelanggannya bahkan sampai ke mancanegara. Pada saat berbincang dengan saya, Mas Iwan baru saja menyelesaikan pengepakan tanaman jenis Anthurium untuk ekspor ke luar negeri. Harganya juga fantastis!

“Untuk pembelian tanaman hias ke luar negeri biasanya minimal USD 1000 mas,” katanya.

Apakah harga janbol ke depannya akan terus semahal ini? Bisa iya, bisa tidak. Sejauh ini tren harga janbol memang terus menanjak. Namun, berkaca dari tanaman hias lainnya yang juga pernah melangit, harganya akan turun drastis di fase tertentu bila ketersediaan melimpah.

Apa pun itu, janbol memang semakin fantastis!

KLIK INI:  Adenium, Kembaran Kamboja yang Menawan dengan Dimensinya yang Klasik
Editor: Anis Kurniawan

KLIK Pilihan!