Fakta di Balik Kandungan Warna Hijau dan Lainnya pada Buah dan Sayur

oleh -296 kali dilihat
Fakta di Balik Kandungan Warna Hijau dan Lainnya pada Buah dan Sayur
Ilustrasi buah dan sayur - Foto/DanaTentis-Pixabay

Klikhijau.com – Buah dan sayur yang kita makan memiliki warna beragam. Warna ini bersifat alami dan karenanya tidak berbahaya. Warna yang paling umum dijumpai pada buah dan sayur adalah hijau, merah, kuning, biru dan lainnya.

Penasaran ada fakta atau kandungan apa saja di balik warna-warni itu. Berikut penjelasannya:

Hijau

Kandungan hijau pada buah dan sayur merupakan zat alami akibat adanya klorofil. Hijau merupakan warna paling umum yang dijumpai pada sayuran dan buah.

Lalu apa fungsi klorofil? Yah, zat ini dapat membantu mengurangi penumpukan zat karsinogenik di bagian hati. Di samping itu, warna hijau pada sayuran dan buah mengandung multi vitamin antara lain asam folat, vitamin K, dan zat penting lainnya.

Hijau alami ini dapat dijumpai pada brokoli, jambu, pokchoy dan lainnya. Berikut Makna Warna Hijau dan Fakta Terlengkap Perihal Warna Alami Ini!

KLIK INI:  Cara Simpel Menanam Rumput Gajah Mini sebagai Karpet Alami di Halaman Rumah
Hijau muda

Warna hijau muda atau hijau kekuningan pada sayur atau buah dapat dijumpai pada alpukat, bayam, pistachio dan lainnya. Warna alami ini sangat bermanfaat antara lain karena kaya lutein yang membantu menjaga kesehatan mata.

Merah

Warna merah alami pada buah dan sayur juga tak kalah menariknya. Tahukah Anda ada apa di balik warna cerah ini? Itu karena adanya likopen, sebuah zat yang dapat bermanfaat untuk mengatasi kangker dan merawat kesehatan hati.

Umumnya, warna merah alami ini dapat dijumpai pada tomat, semangka, jambu biji, dan sebagainya. Kandungan likopen pada tomat meningkat 4 kali lipat ketika dimasak. Karenanya, konsumsi tomat yang telah diolah atau dimasak jauh lebih baik.

Cokelat/Putih
KLIK INI:  Kue Leluhur yang Paling Tinggi itu Bernama Kopi Langi’

Tak jarang kita menjumpai warna cokelat/putih pada sayuran dan buah. Warna ini bisa dijumpai pada bawang putih dan terong putih. Warna cokelat/putih tersebut dinamakan alisin yang manfaatnya sebagai anti bakteri dan virus.

Biru atau ungu

Warna alami biru atau ungu pada buah dan sayur biasa dijumpai pada anggur dan terong ungu. Warna mencolok ini dikarenakan adanya antosianin yakni antioksidan alami yang membantu tubuh menangkal radikal bebas.

Kuning / Orange

Warna kuning alami juga paling umum dijumpai pada sayur dan buah, antara lain pada mangga, wortel dan lainnya. Ini adalah warna yang mengandung karoten (terutama Beta Karoten), yakni zat yang menjadi prekursor Vitamin A.

Umumnya makanan berwarna kuning/orange sangat baik untuk kesehatan mata dan imunitas. Warna kuning juga sangat identik dengan buah-buahan matang yang mengundang selera makan.

Warna kuning juga merupakan warna yang paling umum dijumpai pada makanan. Sebuah riset menunjukkan, makanan di Asia Pasifik kebanyakan menggunakan pewarna kuning. Ini bisa dijumpai pada ragam produk makanan semisal roti, saus, dan bumbu.

Itulah pembahasan mengenai fakta di balik warna hijau dan warna lainnya pada buah dan sayur, semoga bermanfaat!

KLIK INI:  Sari Bambu, Minuman Alami Petani di Salassae yang Berkhasiat Jaga Stamina