Emak-Emak Ini Ciptakan Cat dari Sayur dan Buah untuk Dibagikan Gratis

Publish by -13 kali dilihat
Penulis: Redaksi
Emak-Emak Ini Ciptakan Cat dari Sayur dan Buah untuk Dibagikan Gratis
Para pendir Natural Paint Workshop/foto-Daily Sabah

Mereka hanya ini ingin melindungi anak-anak dari bahaya cat yang mengandung bahan kimia berbahaya

Klikhijau.com – Ada beberapa usikan ketika saya ingin mengulas tentang sekelompok emak-emak di Turki. Hasilnya saya tak bisa konsentrasi.

Kelompok emak-emak itu mendirikan sebuah proyek yang diberi nama “Workshop Cat Alami”. Kelompok ini berinisiatif membuat cat bebas bahan kimia dari buah dan sayuran.

Cat yang biasa dipakai selama ini memang tak lepas dari bahan kimia. Dan kita semua tahu bahan kimia kurang ramah terhadap kesehatan.

Namun, cat buatan emak-emak di Turki seerti yang saya temukan pada artkel pomidor.id sama sekali tidak beresiko bagi kesehatan. Cat tersebut didistribusikan kepada anak-anak penyandang disabilitas ke kota-kota di seluruh Turki.

KLIK INI:  5 Kreasi Minuman Penambah Energi Alami Agar Kuat Menanti Hasil Quick Count

Semuanya bermula dari dorongan oleh rasa tanggung jawab sosial yang ingin melindungi anak-anak dari bahaya cat yang mengandung bahan kimia berbahaya.

Binnur Temel, salah satu pendiri Workshop, mengatakan inspirasi membuat cat bebas bahan kimia tersebut berawal dari pengalamannya saat bekerja di ladang pertanian dan perkebunan di Propinsi Balikesir yang terletak di bagian barat Turki.

Dibagikan gratis

“Saya kerap mendapati warna-warna buah dan sayur menodai tangannya. Lalu saya belajar membuat cat dengan merebus sayur dan buah tersebut hingga terekstrasi warnanya,” ungkapnya.

Untuk membuat proyek tersebut Temel tak sendiri. Ia brsama dua temannya, Canan Süleymanoğlu dan Yasemin Ar Keskin, sepakat mendirikan semacam usaha rumahan untuk memproduksi cat dari bahan alami.

KLIK INI:  Bisa Jadi Pengganti Gula, 4 Pemanis Alami Ini Lebih Sehat

Untuk menghasilkan warna yang diinginkan, semisal kuning bahan alaminya dari lemon, merah dari strawberry dan delima, oranye dari labu serta cat hijau dari bayam.

Yang menakjubkan dari produk cat bebas kimia yang mereka buat adalah cat tersebut tidak diperjual belikan. Mereka kirim dan didistribusikan secara gratis kepada anak-anak penyandang disabilitas di setiap kota yang mereka kunjungi.

Hal menakjubkan lainnya dalah cat-cat tu menjadi sarana bermain anak-anak yang tidak menimbulkan efek samping apa pun bagi kesehatan. cat alami ini aman bagi anak-anak penderita leukemia, autisme dan down syndrome.

Sementara bagi yang menderita tuna netra, mereka dapat dengan mudah membedakan warna berdasarkan aroma dari bahan buah atau sayur yang dibuat.

“Kami membuat produk (cat) organik yang dapat disentuh dan dicicipi anak-anak. Ini akan merangsang indera mereka karena warna-warna ini adalah campuran dari tekstur, wewangian dan rasa,” ujar Temel kepada Anadolu Agency seperti yang muat Pomidor.id, 19 Februari 2019 lalu.

KLIK INI:  Tentang Ria, Perempuan yang Bertarung dalam Kobaran Api di Hutan
Editor: Idris Makkatutu
Sumber: pomidor.id

KLIK Pilihan!