Ekonomi Inggris Bisa “Terjun Bebas” karena Perubahan Iklim

oleh -31 kali dilihat
Mitigasi Iklim demi Generasi Mendatang tetap Bertahan Hidup
Ilustrasi - Foto/cocoparisienne - Pixabay

Klikhijau.com – Bagi penggemar sepak bola. Tentu tidak asing dengan Premier League. Liga sepak bola yang diklaim paling kompetitif seantero jagad.

Premier League merupakan nama liga utama sepak bola Inggris, yang tidak hanya mengantar negara Inggris menjadi “kiblat” sepak bola, tetapi juga mendongkrak perekonomian negara tersebut.

Keuntungan ekonomi Inggris melalui sepak bola, sepertinya tak akan tergerus oleh persaingan setiap klub.

Justru persaingan klub-klub liga Inggris yang ketat, membuat para investor semakin menyukainya. Namun, ada satu hal yang bisa memperok-porandakan ekonomi Inggris, yakni krisis iklim.

KLIK INI:  Negara Asal CR7 Jadi Sasaran Pembuangan Sampah Negara Lain

Negara asal klub Manchester United itu berisiko kehilangan 1 persen ekonominya setiap tahun pada tahun 2045 mendatang.

Klaim itu menurut penilaian terbaru pemerintah Inggris tentang risiko yang ditimbulkan oleh perubahan iklim.

Jika tidak ada tindakan membalikkan krisis iklim, maka dalam analisis risiko iklim selama lima tahun. Para pejabat di negara tersebut memutuskan bahwa Inggris akan kehilangan lebih banyak lagi dalam hal ekonomi.

Kajian tersebut menemukan bahwa jika suhu global dibiarkan naik di atas 2 derajat Celcius. Perlu adanya tindakan lebih  untuk pertahanan banjir, pemulihan sumber daya alam seperti lahan gambut, dan membangun lingkungan yang lebih tangguh.

Area lain yang akan merugikan pemerintah Inggris adalah adanya penurunan produksi pangan dan kerusakan infrastruktur. Penyebab keduanya adalah peristiwa cuaca ekstrem.

KLIK INI:  Memanen Pesan Inspiratif dari Pohon, dari Tokoh Dunia

Bayangkan saja, satu bencana alam, yakni banjir dapat menyebabkan kerugian setidaknya £1 miliar ($ 1,36 miliar) setiap tahun pada tahun 2050 mendatang.

Dianggap picik

Menurut Jo Churchill, menteri adaptasi iklim Inggris bahwa skala dan tingkat keparahan tantangan yang ditimbulkan oleh perubahan iklim berarti kita tidak dapat mengatasinya dalam semalam.

“Meskipun kita telah membuat kemajuan yang baik dalam beberapa tahun terakhir, jelas ada lebih banyak lagi yang perlu kita lakukan untuk mengatasinya.

Churchill menambahkan bahwa pemerintah akan melakukan upaya yang lebih signifikan dalam menangani risiko krisis iklim untuk membantu negara menjadi lebih tangguh.

KLIK INI:  Perihal Hewan Peliharaan dan Sehimpun Kata-Kata Bijak Mengenainya

“Dengan mengakui kemajuan lebih lanjut yang perlu dibuat, kami berkomitmen untuk secara signifikan meningkatkan upaya kami dan menetapkan jalan menuju program adaptasi nasional ketiga, yang akan menetapkan kebijakan yang ambisius dan kuat untuk memastikan kami tahan terhadap perubahan iklim di masa depan,” kata Churchill.

Namun para pengkampanye iklim melihat sisi lain. Mereka melihat  rencana Inggris terlalu picik. Karena mereka hanya berusaha untuk mengurangi dampak perubahan iklim daripada memecahkan masalah itu sendiri.

Signe Norberg dari Aldersgate Group bisnis yang mendukung keberlanjutan mengatakan bahwa berinvestasi dalam lingkungan alam yang lebih sehat adalah kunci untuk membuat Inggris lebih tahan terhadap dampak perubahan iklim. Akan sangat penting bagi pemerintah mengedepankan target yang ambisius dan kredibel di bawah perlindungan lingkungan. Mereka harus bertindak.

Jika hal itu benar-benar terbukti, maka sepak bola Inggris bisa pula terdampak.

KLIK INI:  Digital Decluttering, Cara Efekif Membersihkan Sampah Digital

Sumber: inhabitat