Efektif dan Gratis, Ini 6 Cara Jitu Atasi Serdawa!

Publish by -9 kali dilihat
Penulis: Redaksi
Efektif dan Gratis, Ini 6 Cara Jitu Atasi Serdawa!
Ilustrasi serdawa/foto-Ist

Serdawa atau darro’ berlebihan tentu sangat mengusik

Klikhijau.com – Pada tulisan sebelum tulisan ini, telah dibahas yang jadi pemicu serdawa atau sendawa (https://klikhijau.com/read/perihal-serdawa-dan-hal-hal-yang-jadi-pemicunya/)

Serdawa atau darro’ berlebihan tentu sangat mengusik. Juga merupakan gangguan kesehatan yang harusnya tidak dianggap sepele.

Serdawa bukanlah sesuatu yang tak bisa dihentikan, ada beberapa cara yang bisa diterapkan agar untuk mengatasi serdawa yang berlebihan atau terus menerus. Berikut caranya:

  • Hindari sedotan minum
KLIK INI:  Mudah Ditemukan, Ini 5 Bahan Alami untuk Atasi Rambut Rontok

Biasanya minuman yang dikonsumsi melalui sedotan adalah minuman berkarbonasi, yang pasti akan menambah lebih banyak udara, khususnya karbondioksida masuk ke perut.

Mengonsumsi minuman melalui sedotan dapat menyebabkan udara berlebih di perut. Setiap kali seseorang minum dari sedotan, secara tidak sadar akan ada sedikit udara lebih yang ditelan bersamaan dengan ditelannya air.

  • Makan/minum secara perlahan

Ketika makan, secara tidak langsung ada udara yang ikut tertelan. Sebagian besar udara yang masuk bersamaan dengan menelan makanan tidak akan masuk ke perut, namun akan menetap di kerongkongan.

Kerongkongan menghubungkan tenggorokan dengan perut sehingga muncul sendawa. Makan pelan-pelan dengan mengunyah makanan dengan lebih baik akan mengurangi kemungkinan terjadinya sesdawa yang terus-menerus.

  • Kurangi minuman soda dan alkohol

Semua minuman berkarbonasi lainnya dibuat dengan gas karbondioksida. Karbondioksida yang masuk bersamaan dengan minuman tersebut akan menambah udara lebih ke dalam perut.

Udara akan keluar dari perut melalui cara yang sama seperti saat masuk yaitu melalui mulut. Itulah sebabnya sendawa akan terjadi setelah mengonsumsi minuman bersoda dan beralkohol.

KLIK INI:  Air Putih Mampu Menjaga Kesehatan Anak, Begini Penjelasannya!
  • Berhenti merokok

Jika sering alami serdawa, dan kamu perokok ada baiknya berhenti merokok. Apalagi harga rokok sekarang ini kian melambung tinggi.

Selain itu, merokok tidak baik bagi kesehatan paru-paru, merokok juga dapat menyebabkan terjadinya sesdawa yang terus-menerus.

Hal ini dapat terjadi karena saat menyesap rokok, udara juga ikut masuk ke dalam tubuh.

  • Kurangi makan permen tertentu

Permen keras dan permen karet dapat menyebabkan sendawa berlebih. Udara akan ikut tertelan lalu masuk ke dalam tubuh.

KLIK INI:  Sekadar Diketahui, Betapa Berbahayanya Tidur Pakai Kipas Angin Semalaman!

Makan permen rendah gula juga dapat menyebabkan sendawa berlebih. Hal tersebut terjadi karena gula alkohol yang terkandung dalam permen tidak dapat diproses dengan cepat setelah permen sampai ke usus.

  • Hindari stres berlebih

Usus akan bermasalah karena stres sangat sering terjadi. Masalah pada usus tersebut membuat seseorang dengan tidak sengaja menelan lebih banyak udara ke dalam perut, sehingga terjadilah sendawa berlebih.

Kecemasan yang terjadi saat seseorang mengalami stress juga dapat menyebabkan hiperventilasi atau suatu kondisi di mana seseorang bernapas dengan sangat cepat.

Hiperventilasi dapat turut serta menyebabkan terjadinya serdawa terus-menerus.

KLIK INI:  Memasuki Musim Hujan, Begini Tips Menjaga Kesehatan
Editor: Idris Makkatutu
Sumber: Tirto

KLIK Pilihan!