Dua Pejabat KLHK Masuk Top 10 ASN Teladan Nasional 2021, Ini Profil Singkatnya!

oleh -83 kali dilihat
Dua Pejabat KLHK Masuk Top 10 ASN Teladan Nasional 2021, Ini Profil Singkatnya!
Ilustrasi - Foto/KamiKamu

Klikhijau.com – Dua pejabat tinggi dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) masuk top ASN Teladan Nasional 2021.

Seleksi yang digelar oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) tersebut menetapkan sebanyak 41 kandidat yang lolos Seleksi Tahap II Anugerah Aparatur Sipil Negara (ASN) Tahun 2021.

Ke-41 kandidat tersebut terdiri dari 10 kandidat untuk Pejabat Pimpinan Tinggi (PPT) Madya Teladan, 10 kandidat PPT Pratama Teladan, 10 kandidat ASN Inspiratif, dan 11 kandidat The Future Leader.

Pejabat KLHK yang lolos top 10 ASN tersebut antara lain Ir. Wiratno, M.Sc., Direktur Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan ekosistem (KSDAE) untuk kategori pejabat pimpinan tinggi madya.

Lalu, ada Dr. Darhamsyah, M.Si., Kepala Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion Sulawesi dan Maluku (P3E Suma) untuk Kategori Pimpinan Tinggi Pratama.

Kedua pejabat tinggi KLHK tersebut sejauh ini memang dikenal sangat aktif dalam berbagai kegiatan, aksi dan karya yang bersentuhan langsung dengan perubahan dalam masyarakat.

KLIK INI:  Hutan Gunung Halimun Salak Dapat Penghuni 30 Ekor Kukang Jawa
Melalui seleksi yang ketat

Proses seleksi dan pemilihan ASN Teladan 2021 ini dilakukan secara ketat dan transparan. Sebelum pengumuman seleksi Tahap II, tercatat ada 1.621 usulan ASN yang mendaftar dan diseleksi hingga mengerucut pada Top 10 ASN Teladan Nadional 2021.

Dikutip dari laman resmi KemenPANRB, disebutkan bahwa kandidat yang lolos Seleksi Tahap II selanjutnya diminta untuk melengkapi curriculum vitae (CV) yang terdiri dari deskripsi diri, pengalaman jabatan, riwayat pendidikan, aktivitas non kedinasan serta riwayat penghargaan dan inovasi.

Kandidat juga wajib mengunggah video berdurasi maksimal 5 menit yang berisi penjelasan inovasi dan testimoni dari rekan kerja, atasan langsung, atau penerima manfaat inovasi tersebut.

Verifikasi Lapangan dilakukan untuk melakukan validasi dan melihat langsung inovasi yang dimiliki kandidat untuk memastikan orisinalitas dan dampak inovasi yang dimiliki.

Verifikasi Lapangan akan dilakukan oleh Dewan Juri yang terdiri dari akademisi, praktisi, profesional dan/atau pemerhati manajemen SDM.

Dewan Juri Anugerah ASN 2021 antara lain Business Coach and Communication Specialist Helmy Yahya, Kepala LAN Adi Suryanto, Ketua KASN Agus Pramusinto, Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat Setiawan Wangsaatmaja, Penulis dan Pegiat Literasi Maman Suherman, Pegiat Perpustakaan Digital Sulasmo Sudharno, Praktisi Transformasi Digital Ahmad Nugraha, CEO Good News From Indonesia (GNFI) Wahyu Aji, CEO Blue Bird Noni Sri Ayati Purnomo, serta Country Managing Director Grab Indonesia Neneng Goenadi.

KLIK INI:  Mantul, Warga Desa Bialo, Bulukumba Bisa Menukar Sampahnya dengan Sembako
Ini profil singkatnya
  • Wiratno, M.Sc.

Wiratno dikenal sebagai pejabat yang ramah dan bersahabat. Dalam beberapa kesempatan dan diskusi, Wiratno memiliki kepiawaian dalam berkomunikasi khususnya dalam kampanye mengenai isu-isu konservasi.

Wiratno kerap menyampaikan pesan-pesan humanis antara lain mengenai pentingnya kerja ikhlas dan kerja keras.

Wiratno pernah bertutur: kerja keras diartikan pada saat bekerja setiap orang dituntut memberikan semua kemampuan hingga batas kemampuannya. Sifat tidak mudah menyerah dan selalu mencari cara untuk mencapai tujuan merupakan sifat seorang pekerja keras. Selain bekerja keras, harus diikuti oleh kerja cerdas. Bekerja cerdas, kata Wiratno adalah bekerja secara bersama, bekerja kolektif dan tidak ego sektoral.

Selain kemampuan komunikasi yang senantiasa cair dan bersahabat, Wiratno juga dikenal aktif menulis dan menerbitkan sejumlah buku. Beberapa bukunya merupakan catatan pengalamannya selama mengabdi di bidang konservasi.

Untuk melihat dan mendengar lebih jauh perihal kiprah Wiratno dan aktivitasnya yang menginspirasi banyak orang, simak Videonya berikut: https://youtu.be/_Joo1PrE-6s

KLIK INI:  Ekspresi Ruang Sunyi, Bukti Cinta Pada Bumi di Tengah Covid-19

Bekerja sebagai pimpinan pratama di P3E Suma KLHK, tak membuat seorang Darhamsyah kehilangan kreasi dan inovasi.

Selama kurang lebih 8 tahun memimpin P3E Suma, Darhamsyah telah menginisiasi sejumlah ide, gagasan dan inovasi dalam pengembangan instansi KLHK.

Hal paling populis adalah bagaimana Darhamsyah mengembangkan ide tentang eco office atau kantor berwawasan lingkungan. Menariknya, ide dan inisiatif tersebut dimulai dari kantor P3E Suma.

Pesannya menarik yakni kantor menjadi rumah edukasi dan sebagai pusat inspirasi dalam kampanye gaya hidup ramah lingkungan. Inovasi di P3E Suma yang digagas Darhamsyah kini telah dikunjungi ratusan orang dari berbagai pihak.

Walhasil, semakin banyak yang menerapkan upaya yang sama, betapa gerakan dan kampanye cinta lingkungan bisa dimulai dari tempat kita beraktivitas seperti di rumah, kantor, kampus atau sekolah.

Selain merintis inovasi di instansinya, Darhamsyah juga dikenal aktif menjadi Narasumber di berbagai forum, baik di komunitas, perguruan tinggi maupun di sekolah. Darhamsyah juga dikenal sebagai motivator ecolife. Ia menyuarakan satu gagasan menarik yakni bagaimana hidup bahagia dengan cara sederhana yakni dengan hidup cinta lingkungan.

Pada sebuah bukunya berjudul Enjoy Life with Eco Life” gagasan dan reflesi Darhamsyah mengenai gaya hidup ramah lingkungan dituliskan dengan renyah. Darhamsyah tak sekadar sebagai ASN, tetapi juga sebagai mata air inspirasi cinta lingkungan.

Penasaran bagaimana kiprah dan visinya, simak videonya berikut: https://youtu.be/06nQ-4SeIAs

KLIK INI:  P3E Suma KLHK Gelar Diskusi Peningkatan Kapasitas Kehumasan