DLH Makassar, Gojek dan Mitra Hijau Asia Menanam Mangrove di Lantebung

oleh -37 kali dilihat
DLH Makassar, Gojek dan Mitra Hijau Asia Menanam Mangrove di Lantebung
DLH Kota Makassar dan para pelaku bisnis kolaborasi menanam mangrove di Kawsan Ekowisata Lantebung Makassar - Foto/Ist

Klikhijau.com – Dalam rangka merayakan Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang diperingati setiap 5 Juni, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Makassar menggelar aksi penanaman mangrove di Kawasan Ekowisata Hutan Mangrove, Lantebung di Kelurahan Bira Kota Makassar, Kamis (10/6/2021).

Aksi penanaman ini dilakukan secara kolaboratif dengan melibatkan sejumlah pelaku bisnis antara lain Pertamina, PT Kima, PT Mitra Hijau Asia, Gojek, Astra, Pizza Hut dan lainnya.

Penyerahan bibit dilakukan secara simbolik kepada para sponsor untuk kemudian dilanjutkan dengan penanaman secara bersama.

Kepala Bidang Pengembangan Kebijakan dan Limbah B3 DLH Kota Makassar, Kahfiani dalam sambutannya mengatakan, kegiatan penanaman mangrove ini sebagai satu upaya restorasi ekosistem.

“Sebagaimana tema Hari Lingkungan Hidup tahun ini yakni “restorasi ekosistem”, kami ingin menyampaikan pesan betapa pentingnya menjaga ekosistem dengan menanam,” kata Kahfiani.

KLIK INI:  Demi Lingkungan dan Kehutanan, Indonesia Buka Kerjasama Lanjutan dengan Norwegia

Walikota Makassar, Muh. Ramdhan Pomanto dalam sambutannya yang dibacakan oleh Asisten 3 Bidang Pengadministrasian Umum, Dra. Hj. Sri Susilawati, mengatakan program penanaman ini bertujuan untuk menghidupkan kembali penyerap karbon alami seperti hutan dan lahan gambut yang dapat membantu menutup kesenjangan emisi iklim hingga 25 % pada tahun 2030.

“Melalui  Hari Peringatan Lingkungan Hidup, maka pada hari ini Pemerintah Kota Makassar melakukan penanaman mangrove. Adapun pengadaan bibitnya dibantu oleh beberapa CSR Perusahaan dengan  jumlah pohon sebanyak 1.000 (seribu) pohon,” jelasnya.

Pemkot Makassar berharap kegiatan ini dapat mencegah terjadinya abrasi air laut, membudidayakan kepiting bakau, serta kedepannya akan dibentuk UPTD Mangrove yang bertujuan untuk menjaga ekosistem dan keberadaan mangrove.

“Mengingat Kota Makassar adalah salah satu kota yang masih mempunyai hutan mangrove di Indonesia. Tujuan utama dari pembentukan UPTD Mangrove adalah memberikan pengetahuan dan edukasi bagi para siswa tentang pendidikan lingkungan secara khusus dan mengajak peran serta masyarakat bersama dunia usaha dalam menjaga kelestarian lingkungan hidup,” jelas Ramdhan Pomanto.

Meski dilakukan di ruang terbuka, kegiatan ini digelar dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Sayangnya, peserta kegiatan dibatasi dan air pasang di pagi hari membuat proses penanaman tidak bisa digelar di awal pagi.

“Terima kasih pada semua pihak khususnya sponsor dalam kegiatan ini, Gojek, Pertamina, Mitra Hijau Asia, Pizza Hut dan semuanya atas partisipasinya di kegiatan ini,” pungkas Kahfiani.

KLIK INI:  Mahasiswa Jepang Belajar Mangrove di Sinjai, Begini Agendanya!