Disambut Hangat, Tiga Mahasiswa Sosiologi UNM Siap Magang di Klikhijau

oleh -131 kali dilihat
Disambut Hangat, Tiga Mahasiswa Sosiologi UNM Siap Magang di Klikhijau
Mahasiswa sosiologi UNM siap magang di Klikhijau-foto/Agung
Agung Din Eka Hidayat

Klikhijau.com – Tiga mahasiswa Program Studi Sosiologi Universitas Negeri Makassar (UNM) mengikuti penyambutan hari pertama magang di kantor Klikhijau di Jalan Dr Wahidin Sudiro Husodo nomor 185, Makassar (27/7).

Mereka disambut hangat oleh Manajemen dan Tim Redaksi Klikhijau. Ketiga mahasiswa Sosiologi tersebut antara lan Nurul Fayza Rahman, Maharani Liksiara Ayu Pitaloka dan Yusrawati.

Program magang Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Mandiri ini merupakan program Kerjasama antara perguruan tinggi dan instansi mitra.

Direktur Klikhijau, Anis Kurniawan menyambut langsung kedatangan tiga mahasiswa Sosiologi UNM. Dalam sambutannya, Anis menuturkan apreasiasi dan selamat datang kepada para mahasiswa.

KLIK INI:  Mengenal Capung, Habitat dan Filosofi Hidupnya

“Selamat datang, selamat magang di Klikhijau. Selama enam bulan ke depan, ini akan jadi rumah belajar bersama untuk kita semua,” sambut Anis.

Bakal terlibat dalam kegiatan

Anis menambahkan, selama magang di Klikhijau para mahasiswa akan diikutsertakan pada seluruh kegiatan Klikhijau.

“Setidaknya ada tiga hal yang kita lakukan, pertama publikasi dan kampanye mengenai isu lingkungan, edukasi dan “shering session” dengan warga dan komunitas serta pembelajaran dan pendampingan. Kami berharap, teman-teman mahasiswa bisa terlibat untuk sebuah visi perubahan di masyarakat,” kata Anis.

Rencananya, kata Anis, para mahasiswa magang akan dibekali pengetahuan menulis terlebih dahulu. Lalu, skill pengelolaan informasi mengenai isu-isu lingkungan berbasis digital. Selain itu, mahasiswa juga akan diberi penguatan dalam menjalankan program aksi di lapangan.

KLIK INI:  5 Hal Ini Bisa Kamu Lakukan agar Tetap Terhubung dengan Isu-isu Lingkungan

“Kita sudah memiliki program untuk beberapa bulan ke depan, tujuh puluh persen di lapangan. Kalian harus bersiap untuk kolaborasi dengan multipihak. Klikhijau juga sedang Menyusun program liputan mendalam mengenai isu-isu sosial dari aspek lingkungan khususnya masalah persampahan,” ucapnya.

Sementara itu, Bahrul Amsal, S.Sos., M.Si.,Dosen Pembimbing mahasiswa magang menyampaikan terima kasih atas kesediaan Klikhijau menjadi mitra kampus.

“Saya yakin, magang di Klikhijau akan berbeda dengan di tempat lain. Di sini kalian akan berproses terlibat langsung dalam program-program di lapangan. Jadi, ini pengalaman berharga untuk kalian ke depannya,” katanya.

KLIK INI:  Tertarik Bergabung sebagai Penulis di Klikhijau dan Bagaimana Caranya?

Bahrul juga mengapreasi beberapa kegiatan Klikhijau yang sangat relevan dengan penguatan pengetahuan dan pengalaman mahasiswa Sosiologi. Diantaranya karena bersentuhan langsung dengan masyarakat dan dinamika sosial yang terjadi.

“Harapannya, inspirasi dari magang di Klikhijau akan menjadi bahan penelitian kalian nanti saat skripsi. Isu-isu yang didorong Klikhijau sangat kontekstual. Sekali lagi berproseslah dengan baik. Jaga nama baik kampus kita,” tuturnya.

Hari pertama penyambutan mahasiswa magang ini juga ada pembekalan internal. Mahasiswa magang akan dibekali kemampuan menulis dan pemahaman wacana dasar mengenai isu lingkungan, kehutanan dan isu-isu keberlanjutan.

Selamat berproses anak-anak muda!

KLIK INI:  Dengan 500 perak, Ayo Membantu Upaya Konservasi Mangrove bersama KOMPAS