Dinas Perpustakaan Sulsel dan Penggiat Literasi Berbagi THR Sayur Segar

Publish by -220 kali dilihat
Penulis: Redaksi
Dinas Perpustakaan Sulsel dan Penggiat Literasi Berbagi THR Sayur Segar
Sastrawan Andhika Mappasomba berbagi THR sayur segar di jalan kota Makassar - Foto/Ist

Klikhijau.com – Dinas Perpustakaan Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) bekerjasama dengan penggiat literasi Sulsel berbagi THR jelang lebaran.

Aksi ini digelar sebagai bentuk kepeduliaan terhadap sesama di tengah pandemi Covid-19 dan jelang lebaran. Uniknya, aksi ini mereka namai “THR Sehat”. Hal itu karena yang dibagikan ke masyarakat adalah sayuran sehat dan bumbu dapur.

Pembagian THR sehat berupa beragam sayuran segar antara lain kentang, wortel, bawang merah/bawang putih, timun, terong dan lainnya sudah dilakukan sejak Rabu, 20 Mei 2020. Rencananya, pembagian THR sehat kepada warga yang membutuhkan akan dilakukan hingga Jumat 23 Mei 2020.

THR Sehat dibagikan ke warga di Kota Makassar, Kabupaten Gowa dan Maros. THR Sehat ini merupakan hasil donasi dari seluruh Pegawai dan Pustakawan di Kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sulsel, Kepala Dinas Perpustakaan dan donator lainnya.

KLIK INI:  CARE International Latih Anak Kampanye Sanitasi Melalui Tulisan

Untuk memudahkan distribusi THR Sehat, Kepala Perpustakaan Sulsel, Mohammad Hasan juga menyumbangkan satu unit mobil perpustakaan keliling untuk digunakan para relawan.

Dinas Perpustakaan Sulsel dan Penggiat Literasi Berbagi THR Sayur Segar
Andhika Mappasomba dan Rezky Amelia Syafi’n – Foto/Ist

Penyelenggara kegiatan, Rezky Amelia Syafi’n, yang juga Duta Baca Sulawesi Selatan mengungkapkan, ide berbagi Tunjangan Hari Raya atau THR Sehat ini dilakukan karena kebanyakan Donasi dari relawan selama masa pandemi adalah dalam bentuk sembako non sayur.

“Kami menggalang dana dari pegawai Dinas Perpustakaan dan juga dari masyarakat luas. Dana yang terkumpul kami belikan sayur dan bumbu masakan yang memang sangat dibutuhkan masyarakat,” jelas Rezky.

Lebih jauh, Rezki mengungkapkan bahwa pendistribusian THR Sehat ini bekerja sama dengan Rumah Forum Sulawesi Selatan yang dikomandoi Sastrawan Andhika Mappasomba dan Relawan Akhirat yang secara sukarela membagikan THR dengan kendaraan roda dua.

KLIK INI:  Ecobrick dari Russel Maier Hingga ke MA GUPPI Kindang

Andhika Mappasomba membagikan THR berupa sayuran dari rumah ke rumah bahkan menyalurkannya di jalan raya pada masyarakat yang membutuhkan. Dengan kendaraan roda dua, Andhika berhasil  membagikan puluhan paket sayuran.

“Ini bentuk kecintaan terhadap sesama jelang bulan ramadhan. Selama ini THR dalam bentuk uang, kami mengemasnya dalam bentuk berbeda agar sayuran ini langsung dirasakan manfaatnya,” kata Andhika.

Dengan adanya bantuan mobil keliling, para relawan akan menggunakan mobil untuk menjangkau masyarakat lebih banyak lagi.

“Hingga saat ini sudah terkumpul dana hingga 6 juta rupiah. Sebagian besar telah tersalurkan dalam bentuk sayur dan bumbu dapur senilai 3 juta rupiah,” cerita Andhika.

KLIK INI:  Corona Ubah Perilaku Berkendara Warga Filipina Jadi Ramah Lingkungan
Editor: Ahmad Fikri

KLIK Pilihan!