Di Pasar Desa, KP2K Beraksi Cegah Penyebaran Covid-19

oleh -91 kali dilihat
Di Pasar Desa, KP2K Beraksi Cegah Penyebaran Covid-19
Pembagian masker di pasar Desa Kindang/foto-Kp2k
Irhyl R Makkatutu

Klikhijau.com – Masih pagi, sekumpulan anak muda bergerak menuju pasar Desa Kindang, Kecamatan Kindang, Bulukumba. Mereka adalah pemuda yang tergabung dalam Komunitas Pelajar dan Pemuda Kindang atau yang lebih dikenal dengan sebutan KP2K.

Hari Kamis merupakan hari pasar di Desa Kindang. Di tengah teror pandemi covid-19, pasar desa tersebut memang tetap beroperasi.

Waktu beroperasinya hanya dua kali seminggu, yakni hari Senin dan Kamis, buka mulai pagi hingga jelang siang.

Di pasar desa yang tak terlalu luas itu. Pemuda yang bergabung dalam KP2K melakukan aksi kemanusian pembagian masker untuk memutus mata rantai penenyebaran virus corona.

KLIK INI:  Di Sebatang Pohon Bilalang, Parepare Mengenang Ani Yudhoyono

Mereka membagikan masker kepada para pedagang dan pembeli di pasar tersebut.

Kegiatan itu dilakukan setelah melihat banyaknya masyarakat yang berkunjung ke pasar tidak memakai masker. Situasi ini menimbulkan kerentanan terhadap kemungkinan menyebarnya Covid 19.

Ketua KP2K, Arni menyatakan sangat prihatin atas sikap masyarakat saat ini yang masih menganggap penggunaan masker tidak penting. Kebiasaan ini menurutnya harus segera diubah dengan cara-cara yang lebih nyata.

Masyarakat perlu edukasi

“Karena itu kami mencoba untuk melakukan sesuatu yang lebih konkret. Yakni membagikan masker kepada masyarakat dengan gratis, sekaligus memberikan edukasi mengenai pentingnya memakai masker pada saat sekarang ini. Ini harus segera dilakukan untuk menekan penularan virus Covid 19,” ujar Arni, Kamis, 23 April 2020.

KLIK INI:  11 Film Animasi Menarik yang Menginspirasi Anak agar Cinta Lingkungan

Pemakian masker memang telah menjadi anjuran. Sayangnya, banyak masyarakat belum sadar akan hal tersebut. Pun ketersedian masker juga cukup langka.

Karena masker cukup langka, maka beberapa waktu lalu, KPK memproduksi masker kain sendiri. Hasil produksi itu kemudian dibagikan secara gratis kepada masyarakat.

“Kami kira masyarakat sebenarnya sangat membutuhkan masker. Mereka juga sangat berterima kasih atas bantuan masker gratis yang kami bagikan. Mereka merasa terbantu dengan adanya kegiatan bagi-bagi masker ini,” tambah Arni

Melalui kegiatan tersebut, juga diharapkan masyarakat bisa mendapatkan kesadaran mengenai pentingnya memakai masker dalam situasi saat ini.

Selain masker, KP2K menganggap masyarakat juga membutuhkan edukasi untuk menjaga kesehatan dalam rangka mengurangi penyebaran virus corona.

Karena itulah, KP2K akan terus melanjutkan kegiatan pembagian masker dan edukasi sehingga masyarakat bisa menerima manfaatnya.

KLIK INI:  Akhir Pekan Ini, KP2K dan Klikhijau Kolaborasi “Memeluk Alam”