Dengan Fitur Menarik, Sepatu Ini Dibuat dari Limbah Bubuk Kopi

oleh -24 kali dilihat
Dengan Fitur Menarik, Sepatu Ini Dibuat dari Limbah Bubuk Kopi
Sepatu dari limbah bukuk kopi - Foto/(Kredit: CCILU)

Klikhijau.com – Ada banyak hal dan cerita di balik kopi yang kita seruput. Bukan hanya soal rasa, jenis dan bagaimana kopi juga terancam oleh perubahan iklim –selain ini yang tak kalah menariknya adalah bagaimana limbah kopi begitu multiguna.

Dikutip dari Intelligentliving, kebiasaan minum kopi kita mulai berdampak signifikan terhadap lingkungan. Misalnya, manusia menghasilkan lebih dari 250 ribu ton ampas kopi per tahun!

Ada banyak fakta perihal ampas kopi, diantaranya dapat dipakai sebagai penyubur tanaman bahkan kecantikan. Namun, perusahaan ini berinovasi dengan mencoba meracik limbah bubuk kopi jadi sepatu menawan.

Perusahaan pemenang penghargaan CCILU ini mengubah bubuk kopi menjadi alternatif vegan untuk bahan seperti kulit dan benang untuk membuat sepatu bot hujan berkelanjutan yang disebut XpreSole Panto.

Mengesankan, ada 15 cangkir ampas kopi daur ulang per sepasang sepatu bot XpreSole Panto.

KLIK INI:  Tenyata Menjadi Petani Kopi Itu Tidaklah Mudah, Begini Ceritanya!
Cara produksi dan kelebihannya

Ampas kopi pertama-tama dikumpulkan dan dikeringkan untuk membuat sepatu bot hujan, kemudian diubah menjadi pelet menggunakan teknologi paten yang dipatenkan.

Beberapa pelet tersebut diubah menjadi benang tipis yang ditenun untuk membuat kain, sedangkan sisanya ditambahkan sebagai aditif dalam proses pencetakan injeksi yang unik untuk menghasilkan sol luar dan cangkang.

XpreSole Panto menampilkan desain kontemporer yang apik dan memiliki daftar fitur yang mengesankan, yang meliputi:

  • Tahan air
  • anti-kotoran
  • Tahan lama
  • Ringan
  • Bernapas
  • Bisa dicuci dengan mesin
  • Traksi tinggi

Selain itu, XpreSole Panto telah memenangkan penghargaan A’ Design, Red Dot Best of Best, dan iF Design Award, tahun ini.

Hebatnya, XpreSole Panto menggunakan kopi di hampir setiap bagian sepatu, kecuali tali sepatu yang terbuat dari 100% botol PET daur ulang.

Di bagian dalam, insole yang dapat dilepas dan bernapas yang terbuat dari busa Ortholite fleksibel dan benang kopi memberikan kenyamanan sekaligus menjaga kaki Anda tetap kering dan segar.

KLIK INI:  7 Faktor yang Memengaruhi Cita Rasa Kopi

Lapisan dalam XpreSole Panto mengelilingi kaki Anda saat bertumpu pada insole.

Lapisan ini dikemas dengan sifat yang bermanfaat; itu terbuat dari kain infus kopi anti-mikroba, anti-bau, dan menyerap kelembaban, ditenun bersama dengan Neoprene dan Lycra untuk menawarkan peregangan 4 arah.

Selain itu, bodi luarnya menggunakan perpaduan ampas kopi daur ulang dan Eco EVA, serta outsole atau alas sepatu yang menggunakan bantalan karet untuk gesekan yang lebih besar.

Desain menarik dan nyaman dipakai

Desain ankle-boot XpreSole Panto sangat ideal untuk dipakai saat hujan atau berlumpur. Outsole karet menawarkan traksi yang lebih baik daripada sepatu outdoor biasa di permukaan licin.

Shell tahan air dan tahan kotoran memastikan kaki Anda tetap kering. Jika sepatu bot menjadi berlumpur, mereka dapat dengan mudah dibersihkan dalam hitungan detik dengan mengalirkannya di bawah air.

KLIK INI:  Berikut 6 Pilihan Warna yang Bisa Tumbuhkan Mood di Tahun 2020 Ini!

Selain itu, bahan yang menyerap kelembapan dan bernapas di dalam sepatu membuat sepatu cepat kering. Bagian terbaiknya, Anda dapat memasukkan sepatu bot hujan ini ke mesin cuci Anda sebulan sekali, dan sepatu itu akan menjadi seperti baru!

Secara keseluruhan, XpreSole Panto bertujuan untuk menjadi sepatu yang terasa lebih baik, lebih nyaman, dan mudah dirawat, selain berkelanjutan dengan menggunakan kopi daur ulang sebagai aditif.

Sepatu bot hujan pemenang penghargaan hadir dalam gaya low-top dan high-top dan berbagai warna yang bersahaja. Berat sepatu hanya 230 gram, menjadikannya 1/3 dari berat rata-rata sepasang sepatu bot.

Sepatu ini sangat ringan sehingga mereka bahkan bisa mengapung di atas air! XpreSole Panto saat ini ada di Kickstarter dengan harga super awal $89, dan dengan tambahan $25, Anda juga mendapatkan sepasang kaus kaki yang terbuat dari ampas kopi daur ulang.

Tahun lalu, produsen melihat contoh lain bagaimana industri fashion dapat menggunakan kopi untuk menjadi lebih berkelanjutan dan etis.

Wow, jadi tak sabar ingin mencoba bukan?

KLIK INI:  Anda Peminum Berat Kopi? Klik dan Ketahui Risikonya