Dengan 500 perak, Ayo Membantu Upaya Konservasi Mangrove bersama KOMPAS

oleh -309 kali dilihat
Dengan 500 perak, Ayo Membantu Upaya Konservasi Mangrove bersama KOMPAS
Mangrove - Foto/Vishwasa - Unsplash

Klikhijau.com – Komunitas Mahasiswa Pencinta Alam Selaras (Kompas) mengajak kita semua untuk berdonasi dalam rangka konservasi mangrove. Program ini digelar sebagai rangkaian “Internasional Mangrove day”2021.

Kompas menawarkan donasi yang sangat terjangkau pada siapa saja yang peduli dengan menyumbang Rp 500 untuk satu pohon mangrove jenis (Rhizophora Mucronata).

Dari penggalangan donasi ini, Kompas berharap dapat menyiapkan sekira 30.000 pohon bakau untuk kemudian ditanam di kawasan pesisir di Maros.

“Program Sedekah Bakau merupakan program donasi terbuka pada publik, dimana donasi yang terkumpul akan disalurkan untuk pembelian bibit yang aman digunakan pada kegiatan konservasi mangrove dan aksi bersih,” kata Ian Fatur Rahmat, Ketua Pantia kegiatan.

Konservasi Mangrove Dan Aksi Bersih Kompas merupakan program wajib dan merupakan program kerja unggulan Bidang Eksternal Badan Pengurus Harian Komunitas Mahasiswa Pencinta Alam Selaras (KOMPAS). Kegiatan ini bertujuan untuk menjaga dan terus melestarikan alam.

Menurut Ian Fatur, ekosistem Mangrove merupakan ekosistem pesisir yang menjadi Garda terdepan dalam menjaga kawasan pesisir.

KLIK INI:  8 Dedikasi Abadi dari Aziil Anwar Sang Maestro Mangrove Indonesia

“Kita tahu, Indonesia sebagai negara kepulauan memiliki sekitar 17.000 pulau dimana sepanjang wilayahnya di kelilingi  pesisir pantai. Dari data KLHK, luas Hutan Mangrove Indonesia seluas 3,49 Juta Hektar namun 52% atau sekira 82 juta Hektar dalam kondisi rusak,” jelasnya.

Dalam kurung 4 tahun terakhir KOMPAS turut aktif terlibat dalam pelestarian lingkungan hidup baik dari Hulu hinggah ke Hilir. Program Konservasi Mangrove merupakan sebuah program jangka panjang, komunitas ini.

Ayo berdonasi!

“Jadi, tidak hanya berhenti pada kegiatan penanaman di  hari Penanamannya saja, tetapi dalam upaya pertumbuhan. KOMPAS terus mengawal pertumbuhan dengan melakukan monitoring, edukasi, penyulaman dan lain – lain,” tambah Ian.

mangrove

Kegiatan ini akan dilaksanakan pada Sabtu 24 – 25 Juli 2021 mendatang di Dermaga Binangasangkara, Desa. Ampekale, Kecamatan Bontoa, Kabupaten Maros.

Bagi Anda yang tertarik berdonasi, dapat menghubungi panitia dan pengurus Kompas. Atau mengirim donasi langsung melalui Rekening BNI 0737703483 A.N Awi.

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi, Meranti di 081256442520 dan Platipus di 082146726833.

“Mari berikan donasi terbaik anda. Berdonasi Berarti ikut serta dalam pelestarian Ekosistem Pesisir. Lestari Mangrove Lestari Pesisir Indonesia!”

KLIK INI:  Melihat 4 Rekomendasi TKPSDA perihal RAAT WS Pompengan Larona