Demi Mengakhiri Tragedi Plastik, Kanada Akan Larang Plastik Sekali Pakai pada 2021

oleh -338 kali dilihat
Demi Mengakhiri Tragedi Plastik, Kanada Akan Larang Plastik Sekali Pakai pada 2021
Ilustrasi

Klikhijau.com – Penggunaan plastik sekali pakai memang ibarat buah simalakama. Di beberapa negara termasuk di Indonesia seolah sulit diselesaikan akibat pola hidup masyarakat yang telanjur akrab dengan plastik sekali pakai.

Tetapi, beragam fakta tragis pada lingkungan dan manusia itu sendiri, sesungguhnya sudah layak jadi parameter betapa perlunya suatu policy yang tegas demi kendalikan plastik.

Kanada akan melakukannya, tidak sekadar pada seruan mengubah perilaku masyarakatnya, tetapi juga pada aspek kebijakan negaranya.

Yah, Kanada berencana untuk melarang penggunaan plastik sekali pakai seperti sedotan, tas dan peralatan makan pada awal 2021.

Hal ini disampaikan Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau pada Senin, untuk mengurangi limbah yang tidak dapat didaur ulang dan melindungi lautan dunia.

Trudeau mengumumkan rencana ini dari tepi danau di Cagar Alam Gault di Quebec kurang dari lima bulan sebelum pemilihan nasional di mana perubahan iklim dan polusi adalah salah satu isu kampanye utama.

“Sejujurnya, sebagai seorang ayah, sulit untuk menjelaskan hal ini kepada anak-anak saya. Bagaimana Anda menjelaskan paus mati berenang di pantai di seluruh dunia dengan perut penuh kantong kresek?” Kata Trudeau, dikutip dari Reuters, 11 Juni 2019.

KLIK INI:  Di Balik Larangan Pemakaian Plastik, Bagaimana Nasib Pemulung?

“Sebagai orang tua, kita berada di suatu titik ketika kita membawa anak-anak kita ke pantai dan kita harus mencari sepetak pasir yang tidak dipenuhi dengan sedotan, styrofoam, atau botol. Itu masalah, yang harus kita lakukan sesuatu,” tambahnya.

Dikutip dari CNN, Trudeau mengatakan kurang dari 10 persen plastik yang digunakan di Kanada didaur ulang.

“Tanpa mengubah kebijakan, warga Kanada akan membuang material senilai US$ 11 miliar (Rp 156,5 triliun) setiap tahun sampai 2030,” kata Trudeau.

Menurut pemerintah Kanada, setiap tahun satu juta burung dan 100.000 lebih mamalia laut di seluruh dunia terluka atau mati. Rata-rata karena mengira plastik sebagai makanan mereka.

Justin Trudeau mengatakan pemerintah Kanada akan bekerja sama dengan perusahaan yang menggunakan atau membuat produk plastik untuk menetapkan target pembuangan.

Bagaimana dengan negara kita, seberapa berani membuat policy yang sama?

KLIK INI:  ADUPI Angkat Suara Soal Pelarangan Sampah Plastik, Begini Poin Aspirasinya!