Daun Sirih Melimpah di Desa, Gadis Ini Edukasi Warga Meracik “Hand Sanitizer”

Publish by -77 kali dilihat
Penulis: Redaksi
Daun Sirih Melimpah di Desa, Gadis Ini Edukasi Warga Meracik “Hand Sanitizer”
Niken, Pendamping Desa Bontomarannu Kecamatan Lau, Maros mengedukasi pembuatan "hand sanitizer berbahan daun sirih-Foto/Ist

Klikhijau.com – Daun sirih (piper betle) memang melimpah di desa. Ini suatu potensi yang memungkinkan warga meracik sendiri hand sanitizer secara mandiri.

Seperti diketahui, harga hand sanitizer di pasaran melonjak tajam di tengah pandemi Covid-19. Padahal, masyarakat sangat membutuhkan antiseptik ini untuk memastikan sterilisasi tangan dari virus.

Hal itulah yang mendorong Niken (28), seorang pendamping desa di Bontomarannu Kecamatan Lau, Maros. Bersama Kepala Desa dan perangkat desa lainnya, Niken memandu pembuatan hand sanitizer murni berbahan daun sirih, Kamis 26 Maret 2020.

Percobaan pertamanya sukses menghasilkan dua botol hand sanitizer ukuran botol mineral kecil. “Kami baru membuatnya untuk lingkup pemerintah desa saja. Ini sekaligus sebagai bahan sosialisasi ke masyarakat,” kata Niken.

KLIK INI:  Hutan Lereng Gunung Sumbing Terbakar, 134 Pendaki Dievakuasi

Hasil produksinya dibagikan ke warga secara terbatas. Niken berharap dengan sosialisasi ini, warga dapat membuat sendiri secara mandiri. “Kami berharap semua warga memahami caranya dan membuat sendiri di rumah masing-masing. Apalagi di desa tersedia bahan utamanya yakni daun sirih,” tuturnya.

Rencananya, Niken akan melakukan demo pembuatan hand sanitizer ada sesi berikutnya. “Senin ini baru mau koordinasi dengan pemerintah desa,” jelas Niken. Ia berharap pemakaian hand sanitizer alami bisa jadi pengetahuan warga sehingga bisa kreatif menjaga diri dari penyebaran Covid-19.

Tutorial sederhana versi Niken

Dalam video pendek berdurasi 4 menit yang dikirim ke redaksi Klikhijau, Niken menjelaskan cara sederhana meracik hand sanitizer. Ia optimis cara racikan sederhanya sangat manjur dalam memproduksi antiseptik alami, terutama setelah membaca sebuah penelitian dari UGM.

KLIK INI:  7 Hal Tak Boleh Disentuh Saat Belanja di Supermarket Saat Pandemi

Bagaimana cara membuatnya? Bahannya sangat simpel yakni hanya daun sirih dan air secukupnya.

Pertama-tama, daun sirih dipotong kecil-kecil. “Tidak dibatasi berapa lembar. Semakin banyak tentu lebih bagus,” kata Niken.

Setelah itu daun sirih dicuci dengan air bersih. Lalu, rebus air sekitar 1 liter hingga mendidih. Setelah mendidih, daun sirih yang sudah dipotong kemudian dimasukkan. Diaduk lalu ditutup. Setelah direbus selama 30 menit, airnya didinginkan.

“Mengapa harus 30 menit? Tujuannya untuk mengeluarkan ekstrak daun sirih tersebut. Jadi dari air satu liter kemudian menyusut,” jelas Niken.

Setelahnya, ekstrak air rebusan tersebut dicampur air biasa secukupnya lalu dimasukkan ke dalam botol. “Dan sudah bisa digunakan,” tutup Niken.

KLIK INI:  Jangan Dibuang, Kulit Rambutan Dapat Melengkapi Daun Sirih untuk “Hand Sanitizer” Alami
Editor: Anis Kurniawan

KLIK Pilihan!