Daun Sendok, 12 Manfaat Istimewanya dan Cara Mudah Mengolahnya

Publish by -1.415 kali dilihat
Penulis: Redaksi
Daun Sendok, 12 Manfaat Istimewanya dan Cara Mudah Mengolahnya
Daun sendok - Foto/Tokopedia

Klikhijau.com – Daun sendok (Platigo mayor L), tumbuhan yang tampilannya memang menyerupai cekungan sendok.

Tumbuhan obat ini sejatinya adalah gulma atau tumbuhan liar yang biasa tumbuh di hutan, ladang dan area yang lembap. Daun sendok berasal dari daratan Asia dan Eropa. Namun, kini tersebar di seluruh dunia bahkan menjadi satu dari 9 tumbuhan obat yang dianggap sakral di Anglo Saxon.

Di sejumlah daerah, tumbuhan ini punya nama-nama khusus. Di Sumatera dinamai daun urat, daun urat-urat, ekor angin, dan kupung menjangan, orang Minahasa menyebutnya Torongoat. Sedangkan, di Jawa juga memiliki nama khas antara lain otot-ototan, sengkabuah, sangkuah, sembung, otot dan suri pandak.

Di luar negeri, tumbuhan ini juga punya nama tersendiri. Dinamai Weegbree (Belanda), Che qian cao (China), ma de, xa tien (Vietnam) dan White man’s foot, greater plantain (Inggeris).

KLIK INI:  Ingin Napasmu Segar, Cobalah 4 Bahan Alami Ini!

Tumbuhan ini termasuk terna menahun yang tumbuh tegak setinggi 15-20 cm. Bentuk daunnya tunggal bertangkai panjang, tersusun dalam roset akar. Bentuk daunnya bundar telur sampai lanset melebar. Tepi rata atau bergerigi kasar tidak teratur, sedangkan permukaan daun licin atau sedikit berambut, berwarna hijau.

Perbungaannya majemuk tersusun dalam bulir yang panjangnya sekitar 30 cm, kecil-kecil, warna putih. Sementara buahnya berbentuk lonjong atau bulat telur, berisi 2 – 4 biji berwarna hitam dan keriput. Banyak orang memanfaatkan daun mudanya dengan dimasak sebagai sayuran.

Manfaat daun sendok

Untuk pengobatan, bagian tumbuhan ini yang digunakan antara lain herba daun, biji dan akarnya. Tumbuhan ini memiliki kandungan kimia yang berkhasiat pengobatan antara lain flavonoid dan polifenol. Juga kaya akan vitamin  C, tanin dan asam sitrat. Berikut 12 manfaat daun sendok yang penting diketahui:

  1. Mengobati luka berdarah

Herba daun segar secukupnya dicuci lalu ditumbuk. Setelah mulus lalu diperas. Air hasil perasan dapat dipakai untuk mengompres luka.

KLIK INI:  Kacang Pistachio, Camilan yang Kaya Manfaat Bagi Kesehatan
  1. Menyembuhkan mimisan

Herba daun segar sebanyak 15 kg dicuci lalu dipipis. Seduh dengan secangkir air panas. Setelah dingin diperas dan disaring, lalu diminum sekaligus.

  1. Mengatasi bisul

Daun segarnya sebanyak 1 tanaman dicuci lalu ditubuk halus. Tambahkan air kapur sirih secukupnya sambil diaduk rata hingga menjadi seperti bubur. Turapkan pada bisul, lalu diaduk. Sehari diganti 2 kali. Biji daun sendok kering digiling halus sampai menjadi bubuk. Tambahkan vaselin secukupnya, lalu oleskan pada bisul.

  1. Mengatasi keputihan

Akar tumbuhan diambil sebanyak 10 gram, dicuci lalu ditumbuk sampai halus. Tambahkan air cucian beras ketan secukupnya sambil diaduk merata. Peras dan saring, hasilnya diminum sekaligus.

  1. Mengobati kencing berdarah

Herba daun segar dicuci lalu ditumbuk sampai halus. Peras dan saring sampai airnya terkumpul 1 gelas. Minum sebelum makan.

KLIK INI:  Pilek Berkepanjangan? Waspadai Komplikasi Kesehatan dan Segera ke Dokter!
  1. Melancarkan kencing

Herba daunnya yang segar sebanyak 6 ons dicuci, ditambahkan gula batu secukupnya. Bahan tersebut direbus dengan 3 liter air, sampai air rebusannya tersisa separo. Minum seperti meminum teh dan dihabiskan dalam sehari.

  1. Mengobati bronkitis

Herba daun segar sebanyak 30 gram dicuci lalu direbus dengan 3 gelas air bersih sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin disaring lalu diminum 2 kali sehari, masing-masing setengah gelas. Lakukan selama 1 -2 minggu.

  1. Mengobati hepatitis akut disertai ikretik (kuning)

Seluruh bagian tumbuhan daun sendok segar sebanyak 60 gram dicuci. Setelah bersih, masukkan ke dalam panci, lalu tambahkan 30 gram gula batu serta 3 gelas air. Rebus sampai airnya tersisa 1,5 gelas. Setelah dingin disaring, masing-masing ¼ gelas. Nafsu makan biasanya timbul dalam 5-7 hari, sedangkan warna kuning menghilang dalam 14 hari.

  1. Disentri panas

Herba daunnya dicuci lalu ditumbuk halus. Peras dan saring sampai terkumpul 1 gelas. Tambahkan madu 2 sendok makan sambil diaduk merata. Air perasan tersebut lalu ditim sebentar. Minum sekaligus selagi hangat.

KLIK INI:  Benarkan Ginjal Bisa Rusak jika Konsumsi Banyak Obat?
  1. Perangsang libido

Biji daun sendok kering digiling halus sampai menjadi bubuk. Seduh dengan 100 cc air panas. Selagi hangat tambahkan madu sebanyak 3 sendok makan sambil diaduk rata, lalu diminum sekaligus.

  1. Gangguan pencernaan pada anak

Biji tumbuhan ini disangrai lalu digiling halus menjadi bubuk. Bubuk ini kemudian diseduh dengan ½ cangkir air panas, minum selagi hangat. Dosis: umur 4-12 bulan= 0,5 gram/kali, sedangkan 1-2 tahun: 1 gram/kali sebanyak 3-4 kali.

  1. Mengobati kencing berdarah

Herba daun segar dicuci lalu ditumbuk sampai lumat. Peras dan saring sampai airnya terkumpul 1 gelas. Minum sebelum makan.

Itulah manfaat tumbuhan obat satu ini, semoga bermanfaat!

KLIK INI:  Puasa Tetap Lancar Walau Diabetes, Ini Syaratnya!
Editor: Anis Kurniawan
Sumber: Disarikan dari buku "Koleksi Tumbuhan Berkhasiat" karya Bayu Satya DS,

KLIK Pilihan!