Daun Pisang sebagai Pembungkus Makanan, Manfaatnya Ternyata Istimewa!

oleh -114 kali dilihat
Daun Pisang sebagai Pembungkus Makanan, Manfaatnya Ternyata Istimewa!
Daun pisang - Foto/Ist

Klikhijau.com – Pernah merasakan sensasi makan dengan piring alami dari daun pisang? Bila ia, kamu tentu bisa membayangkan betapa nikmatnya pengalaman ini. Apalagi, jika makannya di alam terbuka seperti di sawah, di kebun, atau di tepian sungai.

Sejak lama, daun pisang memang dikenal sebagai pembungkus makanan alami. Para petani di desa-desa kerap menggunakannya untuk lebih efisien tanpa membawa piring dan plastik.

Tak hanya itu, makan dengan piring alami daun pisang juga dapat menaikkan selera makan loh. Selain karena kesan benar-benar menyatu dengan alam, daun pisang yang berwarna hijau juga dapat membuat penampilan menu makanan lebih hidup dan menggairahkan untuk disantap.

Barangkali itupula sebabnya sehingga ada banyak restoran yang tetap setiap memunculkan kesan daun pisang dalam penyajian menu makanannya, meski tidak secara keseluruhan. Ini suatu upaya untuk membangkitkan selera makan dan upaya menghadirkan ingatan tentang bumbu desa yang serba alami.

Nah, penasaran apalagi manfaat lainnya? Berikut beberapa manfaat yang bisa didapatkan dan dirasakan dengan menggunakan daun pisang sebagai pembungkus makanan:

KLIK INI:  Nikmatnya Es Kopiyor, Rekomendasi Andalan untuk Buka Puasamu!
  1. Daun pisang, bahan alami yang melimpah

Pohon pisang tergolong tanaman buah yang hampir seluruh bagiannya dapat dimanfaatkan. Begitu pula dengan daunnya yang serbaguna. Di Indonesia, pisang sangat melimpah dan beranekaragam jenisnya.

Pisang dapat tumbuh dan berkembang dengan cepat bahkan tanpa harus dirawat telaten. Hal ini memungkinkan, pohon pisang berkembang dengan benar-benar alami. Daun pisang sendiri (terutama yang muda) tampak selalu segar dan bersih.

Bila dimanfaatkan sebagai pembungkus makanan juga sangat praktis dan mudah terurai dalam tanah. Jadi, tidak menimbulkan beban pada lingkungan, ketimbang plastik atau styrofoam.

  1. Mengandung antioksidan

Daun pisang rupanya mengandung antioksidan alami yang tinggi. Maka, makanan yang disantap di atas daun pisang juga sekaligus dapat menyerap antioksidan yang terkandung dalam daun pisang tersebut.

Makanan pun lebih sehat dan dapat melindungi tubuh dari ragam ancaman penyakit. Tak hanya itu saja, senyawa anti bakteri pada dedaun hijau ini dapat membuat makanan lebih awet dan sehat.

KLIK INI:  Pengganti Plastik, Piring dan Gelas Ini Dibuat dari Daun Pisang
  1. Tanpa racun berbahaya

Bila dibandingkan dengan dedaun tanaman lainnya, daun pisang memang punya keistimewaan khusus. Selain teksturnya yang lembut, daun pisang tidak memiliki getah yang berbahaya bagi kesehatan. Bentuknya juga lebih enak dipandang mata.

Hal inilah yang membuatnya relatif lebih aman digunakan sebagai pembungkus makanan. Permukaan daun ini juga tidak memiliki bakteri berbahaya sehingga sangat aman digunakan.

  1. Ukurannya ideal

Ukuran daun pisang yang panjang dan lebar memang sangat ideal sebagai pembungkus makanan. Selain itu, dedaun pisang tidak memiliki pori-pori karena punya ketebalan memadai sehingga sangat baik dipakai untuk bungkus makanan, pepes, bungkus kue dan lainnya.

Daun pisang yang lebih muda bahkan sangat gampang diatur saat membungkus makanan atau kue.

KLIK INI:  Mencicipi Kerenyahan Goyang Rosi, Kuliner Khas Indonesia yang Digoyang
  1. Lebih Higienis

Jika dibandingkan dengan plastik, styrofoam atau kertas, daun pisang relatif lebih higienis. Bahkan, bila diambil saat musim hujan, daun pisang tampak sangat bersih dan bebas dari kotoran.

Selain itu, daun pisang juga bebas dari bahan sabun dan bahan berbahaya lainnya. Jadi, bisa digunakan dengan cepat dengan sekadar mengelapnya saja.

daun pisang
Ilustrasi – Foto/Hiduptanpasampah
  1. Lebih praktis dan murah

Bila harus dibeli di pasaran, daun pisang sangatlah murah dan gampang didapatkan. Di kampung-kampung, daun satu ini bahkan bisa didapatkan secara Cuma-Cuma. Kamu tinggal milih mau ambil bagian dedaun yang muda atau yang sudah agak tua.

Untuk daun yang sudah tua, ternyata ada tipsnya saat akan digunakan agar tidak sobek. Caranya praktis yakni dengan memanaskan daun tersebut di atas api sejenak. Dengan begitu, daun akan melunak dan siap dimanfaatkan tanpa harus sobek.

  1. Mengandung senyawa polifenol

Nyatanya daun hijau alami ini mengandung senyawa polifenol yang akan membuat suatu makanan lebih sedap disantap. Itulah sebabnya, makan dengan piring alami ini akan menambah selera makan.

Membungkus makanan atau bahan makanan dengan daun pisang akan membuatnya lebih awet daripada bungkus plastik.

Itulah manfaatnya membungkus makanan dengan daun pisang. Sangat istimewa bukan? Jangan lupa membersihkannya terlebih dahulu yah sebelum menggunakannya. Semoga bermanfaat!

KLIK INI:  Progresif, Supermarket di Asia Mulai Berlomba Gunakan Daun Pisang