Daun Patikan Kebo, Tumbuhan Liar yang Manfaatnya Jangan Disepelekan

oleh -130 kali dilihat
Daun Patikan Kebo, Tumbuhan Liar yang Manfaatnya Jangan Disepelekan
Daun Patikan kebo - Foto/UMMA

Klikhijau.com – Daun patikan kebo atau patikan kerbau (Euphorbia hirta) merupakan tumbuhan liar yang kadang disepelekan karena termasuk gulma pengganggu. Faktanya, di balik sifatnya yang tumbuh liar, patikan kebo mengandung manfaat penting untuk kesehatan.

Ciri utama dari rumput  liar ini adalah saat dedaunnya dipetik, akan keluar getah menyerupai susu. Getah ini beracun, jadi jangan sampai menyentuh kulit Anda karena bisa berbahaya.

Tumbuhan dari famili Euphorbiaceae ini banyak ditemukan di kawasan tropis. Patikan kebo menyukai tumbuh di tepi sungai, tepi jalan, kebun dan pekarangan rumah yang tidak terurus.

Biasanya Patikan kerbau ini tumbuh berdampingan dengan Patikan cina pada ketinggian 1-1400 meter di atas permukaan laut.

Patikan kebo mampu bertahan hidup hingga 1 tahun dan berkembang biak melalui biji. Tumbuhan ini memiliki warna dominan kecoklatan. Batangnya bercabang-cabang dengan diameter kecil-kecil.

Daunnya berbentuk bulat memanjang dengan taji-taji. Posisi daun yang satu dengan yang lainnya saling berhadap-hadapan. Sedangkan bunganya muncul pada ketiak daun. Patikan kebo hidup dengan cara merayap di tanah.

KLIK INI:  Jangan Dicabut Dulu, 9 Rumput Liar Ini Berkhasiat Obat Hingga Imunitas

Di beberapa tempat, tanaman ini memiliki nama yang bervariasi. Di Cina dinamai Fei Yang Cao, di Malaysia disebut Gelang susu, lobi-lobi di Ternate dan Amampat chaiarisi di India. Masih banyak nama-nama khas lagi untuk tanaman ini, di daerah Anda namanya apa? Silakan berbagi informasi di kolom komentar artikel ini untuk menambah wawasan kita semua!

Kandungan

Euphorbia hirta mengandung beberapa unsur kimia yang kaya khasiat bagi kesehatan antara lain: alkaloida, tanin, zat lilin dan zat samak. Ada pula senyawa polifenol (seperti asam gallat), flavonoid quersitrin, ksanthorhamnin, asam-asam organik palmitat oleat dan asam lanolat.

Patikan kerbau juga mengandung senyawa terpenoid, eufosterol, tarakserol dan tarakseron serta kautshuk.

Daun patikan kebo juga mengandung natrium, kalium, kalsium, dan litium. Selain itu, tanaman ini juga kaya akan vitamin C, fenolik, dan beta-karoten.

KLIK INI:  Tentang Daun Koja dan Manfaatnya untuk Kesehatan Tubuh
Manfaat Patikan kerbau

Berikut ini beberapa manfaat daun patikan kebo untuk kesehatan:

  • Mengobati radang tenggorokan

Daun dari tumbuhan liar ini dapat mengatasi penyakit radang tenggorokan. Cara meraciknya adalah daun patikan kebo yang telah dibersihkan, lalu diseduh dengan air panas secukupnya. Gunakan airnya yang telah disaring untuk kumur-kumur.

  • Mengobati penyakit bronkhitis

Selain radang tenggorokan, tumbuhan liar ini juga bisa mengobati bronkhitis. Hal tersebut dikarenakan adanya kandungan yang mirip dengan obat antiastatik yang memberi efek rileks pada saluran udara (bronkus).

Cara mengolahnya adalah pertama-tama siapkan 1 genggam daun patikan kerbau dan 1/3 botol coca-cola. Kedua bahan ini direbus sampai mendidih. Lalu saring dan minum 3 kali sehari ¼ cangkir.

  • Mengobati asma

Daun patikan kebo dipercaya dapat mengurangi gejala gangguan pernapasan, seperti asma. Siapkan 1 genggam daun patikan kerbau kering lalu rebus dengan 2 – 3 gelas air sampai mendidih. Saring dan minum 2 kali sehari ½ gelas, pagi dan sore.

KLIK INI:  9 Herbal dan Rempah yang Efektif Mengatasi Peradangan
  • Membuat kulit lebih sehat

Daun Euphorbia  bisa digunakan untuk mengobati iritasi pada permukaan kulit. Hal itu karena daun dari tanaman ini mengandung antioksidan yang dapat mempercepat proses penyembuhan pada kulit.

Selain dipakai sebagai salep alami untuk kulit yang lebih sehat. Daun satu ini juga diketahui dapat memperlambat penuaan kulit.

  • Mengatasi radang perut

Euphorbia dapat mengatasi radang perut, diare dan kencing darah. Resepnya sangat sederhana, cukup dengan menyiapkan 1 genggam daun patikan kerbau dan 1 potong gula batu. Rebus  bersama-sama dengan 3 gelas air sampai mendidih. Lalu, saring dan minum 2 kali sehari, pagi dan sore.

  • Mengatasi radang kelenjar susu

Tanaman herbal ini dapat pula dipakai untuk mengobati gejala radang kelenjar susu atau payudara bengkak. Bahan yang disiapkan adalah 1 genggam daun patikan kebo dam 2 sendok kedelai. Kedua bahan ini tersebut direbus  dengan 3-5 gelas air sampai mendidih. Lalu, diminum 2 kali sehari 1 cangkir.

KLIK INI:  Tumbuh Liar dan Eksotis, Ralle' Jadi Tinta Andalan Para Leluhur
  • Meningkatkan gairah seks

Daun patikan kebo ternyata sudah lama digunakan untuk meningkatkan gairah seks dan kesuburan pria. Pada dosis yang dianjurkan, yaitu 50 mg, Euphorbia dapat menaikkan libido, serta meningkatkan fertilitas, sehingga baik untuk pria yang sedang merencanakan untuk memiliki anak.

  • Mengatasi pembengkakan akibat gigitan ular

Kandungan anti peradangan pada daun patikan kebo ternyata dapat menetralisasi racun ular dan sering digunakan sebagai obat penawar bisa reptil ini.

Perhatikan efek samping!

Meski tergolong tanaman herbal yang kaya manfaat, disarankan untuk mengonsumsinya secara berlebihan. Berhati-hatilah saat mengambilnya karena getah dari tanaman ini dapat menimbulkan iritasi pada kulit.

Dianjurkan pula agar tanaman ini tidak dikonsumsi oleh ibu hamil. Hal tersebut dikarenakan  dapat menyebabkan kontraksi pada rahim, sehingga berpotensi keguguran.

Oleh sebab itu, tetaplah konsultasi dengan ahli herbal atau konsultasi dengan dokter sebelum konsumsi tanaman obat ini. Hal ini penting agar efek sampingnya dapat diminalisir.

Itulah penjelasan mengenai manfaat dari tumbuhan liar satu ini, semoga bermanfaat!

*Sumber

KLIK INI:  Si Cantik Coelogyne celebensis Anggrek Karismatik Sulawesi