Daun Layu dan Buah Busuk pada Terung, ini 5 Tips Menanganinya!

oleh -698 kali dilihat
Kenali 13 Hama dan Penyakit Tanaman Terong dan Cara Alami Mengatasinya
Ilustrasi daun tanaman terung yang layu - Foto/Ist

KlikHijau.com– Terung atau terong (Solanum melongena) merupakan tanaman sayuran yang memiliki ragam manfaat bagi kesehatan.

Tak jarang, tanaman ini dijadikan sebagai bahan utama beberapa olahan makanan. Seperti olahan terong balado, pecak terong serta posso terong (olahan khas dari bugis). Lebih simpel lagi diolah menjadi  sayur bening,lalapan, dan sambal.

Selain diolah menjadi bahan makanan, ternyata terong juga dapat dijadikan pengobatan herbal. Hal ini dikarenakan kandungan kimia yang terdapat pada terung seperti triptamina, asam amino, alanine, arginine, asam askorbat, beta karoten,asam kolorogenat, asam folat, glikoalkoloid, glikosidasteroid, solanina, solanidina, solasodina, tannin, tiamin, protein, karbohidrat, vitamin A, B1, B2, B3 dan C.

Kandungan ini berkhasiat untuk mencegah berbagai penyakit dan menghilangkan rasa sakit (analgesic), peluruh kencing (diuretic) dan radang tenggorkan hingga menurunkan kolestrol.

Di balik kenikmatan dan khasiatnya, tanaman sayuran  terung memiliki problemnya sendiri, yakni rentan terserang penyakit. Penyebab utamanya adalah karena terung termasuk ke dalam suku Solanaceae yang tergolong cukup rawan layu, kering.

Kondisi layu pada terung diakibatkan karena kekurangan air atau terlalu kering, juga hama serta  jamur. Berikut ini 3 klasifikasi jamur yang sering menyerang tanaman sayuran Terung:

KLIK INI:  Atasi Lahan Kritis Persemaian Modern akan Dibangun di Labuan Bajo
Jenis Jamur Akibat
Phytophthora capsici &  Phytophthora infestans Menyebabkan busuk batang pada terong, biasa terjadi pada pangkal batang, maupun pucuk tanaman.
Phomopsis  vexans Menyerang bagian daun, batang hingga buah, daun akan berubah menjadi klorotik kemudian layu dengan jaringan yang retak dan sobek (hawar daun). Batang menjadi busuk berwarna coklat, hingga gelap, pecah dan cekung. Lesi berwarna coklat, lunak, dan cekung muncul pada buah menyebabkan pembusukan pada buah, menghakibatkan terhambatnya  tranportasi air dan unsur hara dan dapat  membunuh tanaman
Pytium Umumnya akan menyerang Bibit, menjadikan  layu dan mati karena pangkal batang membusuk. Juga Menyebabkan  penyakit busuk pada akar.

Jika ketiga jenis jamur telah menyerang tanaman sayuran kamu, maka hal ini akan berimbas pada hasil panen yang menurun.

Cara mengatasi jamur pada terung

Lantas bagaimana  cara menyelamatkan tanaman terung dari hama dan jamur? Simak, ini 5  langkah  yang bisa kamu coba.

  1. Membuat Pestisida alami

Pestisida alami memiliki fungsi  untuk membunuh hama dan mencegah jenis pernyakit yang sering menyenang tanaman sayuran. Sifat dari pestisida alami yang mudah terurai ini dapat kamu jadikan alternatif untuk penanganan masalah pada tanaman sayuran. Selain itu  dengan mengunakan pestisida alami dapat mecegah pencemaran lingungan.

Jenis pestisida alami dan pemanfaatannya

  • Bawang merah (Allium cepa)
  • Bawang putig (AlIium sativum)
  • Bengkuang ( Pachyrhizus erosus)
  • Cabai merah (Capsicum annuum )
  • Lengkuas (Alpinia galangal
  • Serai (Cymbopogon)
KLIK INI:  Sering Gagal, Begini Cara Menanam Seledri Organik di Pot agar Tumbuh Subur!

Cara pemanfaatan:

Siapkan satu bahan yang ada diatas, haluskan dengan blender atau ditumbuk hingga hancur, setelah itu tambahkan air dan bahan secukupnya. Rendan dan diamkan selama 1 hari. Selanjutnya kamu dapat mengunakannya sebagai pestisida alami. Akan lebih efektif jika kamu menyiapkan botol semprotan.

  1. Membuang buah yang telah busuk

Seringkali ketika tanaman sayuran terong telah berumur 60 hingga 80 hari dan telah siap panen. Ada buah yang busuk akibat hama dan jamur, langkah pertama yang mesti kamu lakukan adalah membuang buah yang rusak atau busuk agar tidak perpindah pada buah lainnya.

Keadaan ini akan di perpara jika curah hujan tinggi karena proses perpindahan jamur akan lebih cepat.

  1. Membersihkan gulma

Gulma adalah tumbuhan yang memiliki senyawa alelopati yang dapat penghambat pertumbuhan tanaman di sekitarnya. Langkah yang bisa kamu ambil adalah membersihkan gulma pada area di sekitar tanaman sayuran terung secara rutin.

Kamu juga bisa mencoba dengan mengunakan air panas, cuka dan garam. Caranya mudah, cukup menyiram gulma dengan satu bahan diatas. Namun pada bagian ini kamu harus berhati-hati, jangan sampai mengenai bagian tanaman karena dapat menyebabkan kerusakan.

KLIK INI:  Trik Menghasilkan Rupiah dari Taman Rumah

Kamu juga bisa menekan populasi gulma dengan musuh alami seperti  insekta, fungi, ternak,dan lainnya. Sehingga keberadaan gulma sudah tidak lagi merugikan. Apabila keadaan ini dapat dipertahankan, usaha pengendalian lain tidak diperlukan.

  1. Menjaga agar area tanaman tidak lembab

Terung termasuk tanaman tahunan dan membutuhkan lebih banyak air karena memiliki sistem akar yang lebih dangkal. Keadaan tanah yang terlalu lembab juga tidak baik bagi tanaman, begitupun dengan tanah yang terlalu kering.

Lantas langkah apa yang mesti kamu ambil? Salah satu langkah yang cukup mudah adalah dengan menyiramnya pada pagi hari secara rutin, hal ini akan mencegah tanaman kamu terhidrasi pada siang hari.

  1. Beri suplemen nutrisi bagi tanaman

Umumnya suplemen nutrisi bagi tanaman akan menjadi penunjang yang akan membuat tanaman lebih subur dan sehat, Berdasarkan hasil penelitian (Widyawati, 2019), ampas teh bisa dimanfaatkan sebagai suplemen nutrisi pada pertumbuahan tanaman terung.

Bahan yang diperlukan antara lain:

– 10 kantung teh clup bekas

– 2 wadah ukuran seddang

– Gunting dan sendok

Cara meraciknya:

Gunting 10 bungkus teh celup lalu pisahkan hampas dan bungkusnya di wadah yang berbeda. Kemudian jemur hampas teh dibawah sinar matahari hingga benar-benar kering, kedua aplikasikan ampas teh kepermukaan tanaman sebanyak 2 hingga 3 sendok makan pertanaman.

Selain itu kamu bisa juga mencoba menambahkan nutrisi penting yaitu, nitrogen, fosfor potassium, magnesium, sulfur agar tanaman kamu lebih subur dan sehat.

Demikian, semoga bermanfaat!

KLIK INI:  Kenali 13 Hama dan Penyakit Tanaman Terung dan Cara Alami Mengatasinya