Dari Lomba Baca Puisi, Dewi Ingin Berjuang Menjaga Lingkungan

oleh -65 kali dilihat
Dewi Mahrani
Dewi Mahrani/foto-klikhijau

Klikhijau.com – Di tangannya, ia memegang secarik kertas berisi puisi Chairil Anwar. Judulnya Derita Alam sesuai tema lomba baca puisi yang digelar klikhijau.com, yakni tema lingkungan.

Ia baru saja turun dari panggung lomba, duduk di kursi paling belakang. Saya menghampirinya, memintanya berbincang sejenak. Tentu bukan tentang hati, bukan, perbincangan kami tentang lingkungan.

“Saya tertarik dengan puisi Chairil Anwar,” jawabnya ketika saya tanya kenapa ia memilih puisi itu? Chairil Anwar memang penyair yang banyak menginsipirasi dan “membuat” jatuh cinta.

KLIK INI:  Hari Kartini dan Hari Bumi, Begini Pesan Pendaki Muslimah Cantik Ini!

Sstt, saya hampir lupa memperkenalkan nama gadis itu, namanya Dewi Mahrani. Ia berasal dari bagian selatan Kota Makassar; Bulukumba. Ia datang melewati 4 kabupaten untuk membaca puisi, dan belajar tentang pentingnya peran lingkungan hidup.

“Saya orang yang susah sedih, tapi mudah emosi, khususnya kepada orang yang tak tahu diri mencemari lingkungan seenaknya,” ujarnya, sorot matanya terlihat geram

Gadis kelahiran Bulukumba, 30 Juli 2002 itu menuturkan, jika lomba yang ia ikuti hari ini, Sabtu, 4 Mei 2019 merupakan lomba yang sangat menarik. Sebab ia dan peserta lainnya dapat pengetahuan baru betapa pentingnya merawat dan menjaga lingkungan.

“Hal seperti ini harusnya dilakukan di setiap kota/daerah agar banyak yang tahu apa penyebab dan dampak mencemari lingkungan,” lanjutnya.

Harapan Dewi, begitu saja saya memanggilnya, memang patut dipikirkan. Sebab pendidikan lingkungan menjadi hal yang sangat penting bagi masyarakat, khususnya kaum melinial.

KLIK INI:  Freesia, Perempuan yang Memaknai Segunung Filosofi Mendaki Gunung

“Melalui kegiatan ini, saya mulai sadar betapa pentingnya menjaga dan merawat lingkunga. Mulai hari ini, saya akan menjaganya,” ujar siswa SMA 8 Bulukumba itu.

Ia mengaku masih akan ikut jika ada kegiatan serupa yang dilaksanakan, khususnya jika ada seminar tentang lingkungan, sebab hal itu akan menebalkan pengetahuannya tentang lingkungan yang dihuninya.

Di akhir perbincangan kami yang singkat, Dewi berpesan agar tetap menjaga lingkungan, perbanyak kegiatan, seperti seminar lingkungan agar lebih banyak yang tahu betapa pentingnya lingkungan bagi keberlangsungan hidup di Bumi ini

“Kesadaran tentang pentingnya menjaga, merawat dan menciptakan lingkungan yang bersih harus digiatkan,” harap siswa yang memilih jurusan Ilmu Pengetahuan Alam tersebut.

ff

Nama: Dewi Mahrani
Tempat tanggal lahir: Bulukumba, 30 Juli 2002
Sekolah : SMA 8 BulukumbaJurusan : IPA kelas 11

KLIK INI:  Ayo Tiru Gaya Hidup Mantan Putri Indonesia, Agni Pratistha yang Ramah Lingkungan!
Penulis: Irhyl R Makkatutu
Editor: Irhyl R Makkatutu

KLIK Pilihan!