Dari Jeneponto, PT Pelindo Hijaukan Indonesia dengan Mangrove

oleh -338 kali dilihat
Dari Jeneponto, PT Pelindo Hijaukan Indonesia dengan Mangrove
Penanaman mangrove PT Pelindo Regional 4-foto/Noya

Klikhijau.com –  Memperingati Hari Menanam Indonesia 2021. PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) Regional 4 turut ambil bagian dengan melakukan penanam mangrove.

Lokasi yang dipilih untuk  menyukseskan Gerakan Kolaborasi “BUMN Hijaukan Indonesia” itu adalah Kabupaten Jeneponto. Tepatnya Dusun Ujung Batu, Kelurahan Bontojai, Kecamatan Tamalatea.

Mangrove yang ditanaman adalah jenis Avicennia sebanyak  31.250 bibit pohon mangrove.  Penanaman itu dilakukan pada hari Sabtu, 27 November 2021 lalu.

Division Head Pelayanan SDM dan Umum PT Pelindo Regional 4, Basri Alam mengatakan, PT Pelindo adalah salah satu BUMN yang merupakan perpanjangan tangan dari Kementerian BUMN yang selalu berkomitmen untuk memberikan perhatian lebih guna kemajuan  daerah.

KLIK INI:  Padat Karya Penanaman Mangrove Berdayakan Masyarakat Pesisir

“Saat ini wilayah kerja PT Pelindo sangat luas, mulai dari Aceh hingga Merauke. Memperingati Hari Menanam Indonesia tahun ini dan menyukseskan Gerakan Kolaborasi “BUMN Hijaukan Indonesia”. Perseroan bekerja sama dengan Universitas Hasanuddin melakukan penanaman bibit pohon mangrove,” terang Basri Alam.

Dia menambahkan, kegiatan Hari Menanam Indonesia ini merupakan salah satu komitmen Perseroan terhadap upaya mencegah perubahan iklim di bumi. Kegiatan itu menjadi bukti nyata kepedulian terhadap pelestarian alam di daerah yang berada di seluruh wilayah Indonesia.

“Khususnya yang dilakukan pada hari ini (Sabtu) di Dusun Ujung Batu, Kelurahan Bontojai, Kecamatan Tamalatea, Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan,” tukasnya.

KLIK INI:  Baru! Destinasi Wisata Hutan Mangrove Idaman di Jeneponto yang Memukau
Dukung penghijauan Indonesia

Dia juga mengatakan, kegiatan menanam bibit pohon mangrove merupakan bentuk dukungan PT Pelindo  untuk penghijauan Indonesia.

“Semoga semua bibit pohon mangrove yang ditanam dapat tumbuh dengan baik. Ke depannya akan bermanfaat bagi lingkungan sekitar, serta mendukung kegiatan BUMN dalam gerakan Hijaukan Indonesia,” ujar Basri Alam.

Bibit pohon mangrove yang ditanam di lahan seluas 12,5 hektar tersebut diharapkan mampu memberikan dampak baik bagi berkembangnya ekosistem untuk hewan dan tumbuhan. Juga dapat bermanfaat dari sisi ekologis dan ekonomi, khususnya untuk masyarakat Dusun Ujung Batu.

KLIK INI:  Mengintip Cara Ikatan Duta Lingkungan Soppeng Tularkan Spirit Hidup Hijau

Gerakan ini diharapkan akan mewujudkan lingkungan yang lebih bersih. Karena tanaman mangrove akan nmenyerapan polusi udara. Penanaman itu bertujuan pula untuk  mencapai target emisi nol pada 2060 mendatang serta untuk menjawab isu dekarbonasi.

Penanaman bibit pohon mangrove jenis Avicennia tersebut dilakukan secara bersama-sama oleh Division Head Pelayanan SDM dan Umum PT Pelindo Regional 4, Basri Alam, Departemen Head Hukum & Humas PT Pelindo Regional 4, Erisanty, DVP of Partnership Program and CSR PT Pelindo Jasa Maritim (PJM), Supriyadi Ratman, Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Sulsel, A. Parenrengi, dan Direktur Science Techno Park (STP) Universitas Hasanuddin, Prof. A. Wardihan Sinrang.

KLIK INI:  Akhir Pekan Ini, KP2K dan Klikhijau Kolaborasi “Memeluk Alam”