Dari Berbagai Tokoh, Ini Sederet Ungkapan Keresahan tentang Perubahan Iklim

oleh -46 kali dilihat
Dampak Perubahan Iklim, Warga di Madagaskar Alami Kelaparan Akut
Ilustrasi kekeringan - Foto/Pixabay

Klikhijau.com – Perubahan iklim telah jadi bahasan yang terus hangat. Karena dampaknya tidak menyerang individu atau suatu negara saja. Namun seluruh dunia merasakan dampak buruknya.

Demi mencegah terjadinya perubahan iklim, para pemimpin dunia memiliki kesepakatan bersama. Kesepakatan itu kemudian dikenal sebagai Perjanjian Paris.

Dalam beberapa dekade terakhir, perubahan iklim telah menjelma  menjadi darurat global. Dampak yang dibawa adalah ancaman bagi banyak jiwa.

Pada Perjanjian Paris tersebut disepakati oleh berbagai negara di dunia untuk membatasi pemanasan global, yang idealnya 1,5 derajat Celsius atau tidak melebihi 2 derajat Celsius.

KLIK INI:  Peringati Hari Burung Migrasi Sedunia 2021, Biodiversity Warriors Adakan Pengamatan Burung

Perjanjian Paris juga bertujuan untuk meningkatkan pendanaan aksi iklim. Selain para pemimpin dunia yang menyuarakan tentang perubahan iklim.  Ad beberapa tokoh penting juga yang gencar menyuarakannya, di antaranya:

  • Bill Gates, pendiri Microsoft

“Perubahan iklim adalah masalah yang mengerikan, dan itu benar-benar perlu dipecahkan. Itu layak menjadi prioritas besar.

  • Jostein Gaarder, Penulis dari Norwegia

“Saya bilang kalau saya khawatir akan perubahan iklim yang diakibatkan oleh ulah manusia. Saya takut kalau kita yang hidup saat ini mempertaruhkan iklim dan lingkungan bumi ini tanpa memedulikan generasi selanjutnya”.

“Belum lama berlalu sejak pertama kali dinyatakan bahwa kita adalah generasi pertama yang memengaruhi iklim bumi, dan pada saat yang sama generasi terakhir yang tidak mau menerima keharusan membayar harganya. Tapi, pernyataan itu sudah tidak lagi memadai. Aku melihat dengan kepala sendiri dan mengalami sendiri bencana iklim. Aku pernah mengalami bencana kekeringan, dan aku pernah memeluk seorang anak yang sedang sekarat. Sungguh menyakitkan. Karena bukanlah alam yang membunuh. Tetapi kita, manusia”.

KLIK INI:  Download Perpres RI Nomor 98 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Nilai Ekonomi Karbon
  • Albert Arnold Gore Jr, politikus Amerika Serikat

“Krisis iklim bukanlah masalah politik; ini merupakan tantangan moral dan spiritual bagi seluruh umat manusia. Ini juga merupakan kesempatan terbesar kita untuk mengangkat kesadaran global ke tingkat yang lebih tinggi”.

  • Bjorn Lomborg, Direktur Copenhagen Consensus Center

“Fakta paling menyedihkan dari perubahan iklim – dan alasan utama kita harus khawatir tentang menemukan tanggapan yang tepat – adalah bahwa negara-negara yang akan terkena dampak paling parah sudah termasuk yang termiskin dan paling menderita.”

  • Ban Ki-moon, mantan Menteri Luar Negeri Republik Korea

“Kita harus mengubah tantangan kolektif terbesar yang dihadapi umat manusia saat ini – perubahan iklim – menjadi peluang terbesar untuk kemajuan bersama menuju masa depan yang berkelanjutan”.

  • Bill Nye, Pelawak

“Perubahan iklim sedang terjadi, manusia yang menyebabkannya, dan saya pikir ini mungkin masalah lingkungan paling serius yang kita hadapi”.

KLIK INI:  Dari Berbagai Tokoh, Ini Sederet Kata-Kata Inspiratif tentang Air
  • Alan Stuart Franken,  politikus, pelawak, penyiar media dan penulis

“Kita perlu memulai dengan berbicara tentang perubahan iklim. Akan tidak bertanggung jawab untuk menghindari masalah hanya karena tidak nyaman untuk dibicarakan”.

  • Katie Cleary, Model dan Aktris

“Deforestasi untuk produksi minyak sawit juga berkontribusi signifikan terhadap perubahan iklim. Penebangan hutan asli seringkali melibatkan pembakaran kayu dan sisa-sisa hutan, memancarkan asap dalam jumlah besar ke atmosfer.”

  • Ali bin Ibrahim Al-Naimi, Menteri Sumber Daya Minyak dan Mineral Arab Saudi

“Emisi gas rumah kaca dan pemanasan global adalah salah satu masalah kemanusiaan yang paling mendesak. Harapan masyarakat terhadap perubahan iklim adalah nyata, dan industri kita diharapkan untuk mengambil peran kepemimpinan.”

  •  Alison Hawthorne Deming, Penulis dan Guru

“Perubahan iklim adalah tantangan moral, bukan sekadar masalah ekonomi atau teknologi. Ini terkait dengan keadilan sosial, karena itu adalah warga miskin di dunia yang akan paling menderita dari ekses kita”.

Semoga kata-kata tentang perubahan iklim di atas, dari beberapa tokoh dunia dapat memberi kita kesadaran bahwa perubahan iklim adalah sesuatu yang nyata, suatu ancaman yang harus diperangi bersama.

KLIK INI:  Harga Kopi Bisa Melangit karena Perubahan Iklim