Dapatkan Kulit Wajah Lebih Kinclong dengan Daun Kemangi, Ini Caranya!

Publish by -99 kali dilihat
Penulis: Irhyl R Makkatutu
Dapatkan Kulit Wajah Cerah dengan Masker Daun Kemangi, Berikut Caranya!
Tanaman kemangi/foto-ist

Wanginya menggugah selera makan lebih lahap, pun bisa membuat kulit lebih kinclong

Klikhijau.com – Pernah suatu waktu halaman rumah kekasih saya tanami kemangi. Saya pikir kemangi sulit tumbuh di daerah panas, tapi ternyata saya keliru.

Kemangi tumbuh subur di halaman rumah kekasih (nama rumah yang saya tinggali), tapi karena sering ditinggalkan dalam waktu lama, kemangi-kemangi itu layu lalu mati karena tidak disiram.

Saya suka bau daun kemangi, apalagi jika dicampur ke dalam sayur, khususnya sayur dedaunan.

KLIK INI:  Selain Penyedap Masakan, Ini Manfaat Lain Daun Perilla

Sebab jika dicampur bau wangi akan tercium. Rupanya bukan hanya melahirkan bau wangi. Sejak dulu, daun kemangi telah dikenal manfaatnya bagi kesehatan, pun mudah didapat karena bisa tumbuh diberbagai medan.

Salah satu manfaat sehatnya adalah kesehatan bagi kulit. Karena kemangi kaya kandungan antiseptis. Maka daunnya dapat menjadi solusi berbagai macam penyakit kulit.

Penyakit kulit yang bisa diatasi dengan daun kemangi menurut artikel yang dimuat tempo.co adalah mulai dari jerawat, komedo, noda, atau bekas jerawat bisa disembuhkan bila digunakan dengan benar.

Karenanya, banyak yang menyarankan menggunakan seminggu sekali daun kemangi pada kulit wajah.

Namun, jika ingin mendapatkan hasil yang maksimal sebaiknya dikombinasikan dengan bahan alami lainnya. Berikut caranya seperti yang dimuat tempo.co dengan melansir dari Boldsky.

KLIK INI:  Apa Saja Khasiat Daun Mint untuk Kesehatan? Klik Ini!
  • Masker daun kemangi dan minyak kelapa

Campurkan satu sendok teh minyak kelapa dengan dua jumput kemangi bubuk (atau kemangi yang digerus). Oleskan dan diamkan selama 15 menit. Untuk melembapkan kulit, gunakan masker ini seminggu sekali.

  • Masker daun kemangi dan yogurt

Daun kemangi yang dikombinasikan dengan yogurt dikenal sebagai pembasmi dan penghindar jerawat. Hancurkan 7-8 lembar daun kemangi dan campur dengan yogurt segar. Oleskan pada wajah dan biarkan selama beberapa menit. Menggunakan masker ini seminggu sekali dapat membantu memudarkan bekas jerawat.

KLIK INI:  Kabar Baik Jika Anda Suka Minum Jus Seledri! Begini Manfaatnya
  • Ekstrak daun kemangi

Rebus 10-12 daun basil dalam sepanci air. Biarkan mendidih hingga 3-4 menit, lalu dinginkan. Simpan air ekstrak kemangi ini dalam botol toner bekas atau botol semprotan yang sudah dicuci bersih sebelumnya. Gunakan ekstrak daun kemangi ini sebulan dua kali untuk mendapatkan kulit cerah dan berkilau.

  • Masker daun kemangi dan lemon

Masker ini sangat berguna untuk kulit berminyak dengan menyerap minyak berlebih dan mengangkat sisa kotoran pada wajah. Hancurkan segenggam daun kemangi dan campurkan dengan lemon yang telah diperas. Oleskan dan diamkan selama 10 menit

  • Masker daun kemangi dan bubuk kayu cendana

Untuk membuat masker ini, rebuslah 10-12 helai daun kemangi dalam air mendidih. Kemudian, campurkan ekstrak tersebut dengan bubuk kayu cendana. Oleskan pada wajah dan tunggu hingga kering. Bilas dengan air dingin.

KLIK INI:  Daun Sirsak, Obat Murah dan Efektif Atasi Berbagai Jenis Penyakit
  • Masker daun kemangi dan mint

Haluskan daun kemangi dan daun mint dengan blender, lalu campurkan dengan beberapa tetes air mawar. Oleskan pada wajah dan leher. Diamkan hingga 20 menit, lalu bilas dengan air bertemperatur sedang. Masker ini akan membuat wajah anda cerah dan berkilau

  • Masker kemangi dan putih telur

Untuk mencerahkan kulit, hancurkan segenggam daun kemangi dan campur dengan satu butir putih telur. Diamkan, bilas dengan air dingin, dan semprotkan toner pada wajah. Hasilnya, kulit akan terlihat kinclong seketika.

Maka cara terbaik membuktikannya adalah mencobanya, cobalah!

KLIK INI:  Ternyata Tak Baik Minum Teh Sehabis Makan Bayam, Benarkah?
Editor: Irhyl R Makkatutu
Sumber: Tempo.co

KLIK Pilihan!