Dalam Hujan, Bunga ini Akan Menyisakan Kerangka

oleh -1.226 kali dilihat
Bunga kerangka/foto-fimela.com
Irhyl R Makkatutu

Klikhijau.com – Ia akan tembus pandang ketika sedang kuyup diguyur hujan. Jika sedang kering warnanya putih, tapi ketika basah ia serupa plastik bening. Kamu bisa melihat daunnya meski tertutupi bunga.

Ia tumbuh dari lereng gunung berhutan, daerah yang lebih dingin dan tinggi  di Jepang. Namanya bunga kerangka, nama yang mungkin masih asing di pendengaranmu. Ia juga dikenal dengan  bunga diphylleia grayi yang merupakan nama latinnya.

Jika cuaca sedang normal alias tak hujan, warna bunganya terlihat putih, nyaris tanpa keistimewaan berarti ketika melihatnya, namun jika terkena air apalagi saat hujan mengguyur, kamu akan terpikat dan jatuh cinta padanya.

KLIK INI:  Bukan Sekadar Valentine, Ini Fakta Tentang Bunga Mawar Lainnya!

Waktu mekarnya dari pertengahan musim semi ke awal musim panas. Kelopak putihnya akan terlihat buram dalam kondisi kering. Tapi ketika hujan mulai turun, mereka menjadi bening.

Rupanya, kemampuannya berubah dari putih menjadi transparan tak ada hubungannya dengan pigmentasi, melainkan struktur sel longgar di kelopaknya.

Ia ini juga dkenal dengan skeleton flower tergolong tanaman yang sangat unik. Kelopaknya berwarna putih susu dengan benang sari berwarna kuning di bagian tengah, tapi, akan menjadi bening seperti kaca jika terkena air. Dan ia akan kembali ke warna asalnya ketika sudah kering.

Mungkin kamu penasaran kenapa harus dinamai bunga kerangka, sebab ketika basah dan transparan, akan terlihat urat-urat halus yang nampak seperti kerangka.

KLIK INI:  Bunga Sakura, Eksotika, dan Manfaat yang Perlu Anda Tahu Tentangnya

Ia bisa  dikenali dari daunnya yang besar seperti payung dan di atasnya ada kelompok bunga berwarna putih kecil. Tinggi tanaman ini berkisar antara 30—70 centimeter dengan diameter bunga 2 centimeter.

Selain Jepang ia  hanya bisa dijumpai di pegunungan berhutan lembab di daerah dingin, seperti Tiongkok, dan pegunungan Appalachian di Amerika Serikat. Menariknya lagi, kalau kalian bawa ke daerah tropis, ia tak akan muncul.

Hal menarik lainnya, hingga saat ini, belum ada yang bisa menjelaskan kenapa kelopaknya bisa berubah transparan atau menghilang ketika terkena air. Ia tak mudah layu atau busuk. Ia dapat bertahan dalam hujan.

KLIK INI:  Kisah Bunga Tulip dan Ayu Ting Ting yang Terpesona Terhadapnya