Daftar Sungai Paling Tercemar Sampah Plastik di Dunia

oleh -243 kali dilihat
7 Manfaat Utama Sungai bagi Kehidupan sebagai Alasan Menjaganya
Sungai - Foto/Ist

Klikhijau.com –  Sungai tidak hanya mendiami satu  wilayah. Ia melintasi banyak wilayah tanpa bisa dicegah apalagi disalahkan.

Setiap melewati satu wilayah, aliran sungai menawarkan harapan hidup, khususnya bagi mereka yang bekerja sebagai petani.

Namun, sungai juga membawa dampak yang kurang baik. Ia bisa mengirim banyak sampah, salah satunya adalah sampah plastik, sehingga banyak sungai tercemar sampah plastik dan itu membahayakan manusia.

Namun, yang bisa bisa disalahkan bukan sungainya, tapi perilaku orang yang membuang sampah ke sungailah yang patut disalahkan.

KLIK INI:  Mulai 3 Juli, Uni Eropa Berlakukan Larangan Penggunaan Plastik Sekali Pakai

Karena banyak orang yang memilih sungai sebagai tempat pembuangan sampah. Tak mengherankan bila banyak sampah plastik yang tumpah ke sungai lalu berakhir di lautan. Tak mengejutkan pula jika banyak sungai tercemar sampah, khususnya sampah plastik, di antaranya:

  •   Sungai Nil

Sungai ini melintasi 11 negara. Ia dianggap sebagai sungai terpanjang dunia. Daerah aliran sungai  dihuni sekitar 360 juta.

Aliran airnya  jadi penopang  bagi pertanian dan kegiatan ekonomi. Sayangnya, peran itu mulai tercemar oleh sampah plastik. Sungai Nil menjadi salah pembawa sampah (limbah) plastik terbesar dunia.

Dalam setahun, sekitar 8 juta ton limbah plastik dibuang ke sungai Nil.

  • Sungai Mekong

Delta sungai ini dihuni oleh banyak orang, tercatat ada sekitar 20 juta orang yang tinggal di sana. Apalagi ada pembangunan bendungan di sungai tersebut.

Pembangunan bendungan itu membawa ekologi dan sosial di sungai Mekong. Sungai ini menjadi harapan hidup banyak orang yang menggantungkan hidupnya pada pertanian dan perikanan.

Namun sangat disayangkan, sungai yang mengalir melalui enam negara Asia Tenggara ini telah masuk dalam daftar sungai yang paling tercemar sampah plastik di dunia.

  • Sungai Amur (Heilong)

Ada sebuah penelitian yang mengungkapkan bahwa sampah plastik telah ditemukan di wilayah terpencil.

Sampah itu diduga dibawa oleh Air sungai Amur. Karena sungai ini mengalir dari daerah perbukitan di Cina timur. Sungai Amur juga membentuk sebagian besar perbatasan antara provinsi Heilongjiang (Cina) dan Siberia (Rusia) sebelum mengalir ke Laut Okhotsk.

Aktivitas industri juga membuat sungai ini makin kotor.

KLIK INI:  Restorasi Mangrove Kritis Jadi Perhatian Bersama demi Redam Dampak Perubahan Iklim
  •  Sungai Yangtze

Sungai terpanjang di Asia ini adalah pembawa limbah plastik terbesar besar dunia. Menurut DW, sungai Yangtze berada pada peringkat pertama sebagai pembawa limbah plastik ke lautan.

Aliran sungai Yangtze ini sampai ke Laut Cina Timur yang berada di dekat Shanghai. Ada sekitar 480 juta orang yang menghuni tepian sungai ini. Dan menjadi sangat penting bagi ekonomi dan ekologi Cina.

  • Sungai Kuning

Sungai Kuning tak bisa lepas dari sejarah Cina. Karena ia  disebut-sebut sebagai tempat lahirnya peradaban Cina.

Dalam hal pembawa limbah plastik sungai ini tak bisa lepas dari 10 besar sungai paling tercemar. Pencemaran itu membuat sebagian besar air dari sungai ini tidak bisa lagi diminum.

Bahkan hal paling mengerikan, dilaporkan ada sekitar 30 persen spesies ikannya diyakini telah tiada alias punah.

  • Sungai Indus

Untuk menuju ke laut Arab, sungai  ini mengalir melalui sebagian India dan Pakistan. Dalam hal pencemaran limbah plastik, sungai ini juga masuk dalam daftar sungai paling tercemar.

Pencemaran itu diduga karena struktur pengolahan limbah yang minim, sehingga banyak limbah plastik yang memasuki sungai ini.

  • Sungai Mutiara (Pearl River )

Sejak  akhir tahun 1970-an, kawasan delta sungai telah bersalin wajah. Awalnya merupakan dari daerah pertanian dan pedesaan. Namun, perlahan berubah menjadi daerah perkotaan terbesar dunia.

Semakin padatnya penduduk, diduga kuat menjadi penyebab utama sungai ini tercemar, khususnya dalam hal pencemaran limbah plastik.

KLIK INI:  Waspada Ancaman Mikroplastik, Peneliti Menemukannya dalam Tubuh Manusia
  • Sungai Niger

Niger adalah sungai utama Di Afrika Barat, ada satu sungai utama, namanya Niger. Sungai ini menjadi sungai dengan pencemaran plastik yang sangat tinggi.

Bukan hanya plastik, tapi sungai ini juga tercemar oleh  tumpahan minyak yang kerap  terjadi di Delta Niger. Hal itulah yang menyebabkan air menjadi terkontaminasi.

Sungai ini juga diklaim sebagai salah satu ekosistem paling rimbun di dunia. ia  menghidupi lebih dari 100 juta orang. Mengalir melintasi banyak negara, yakni lima negara sebelum tumpah di Samudera Atlantik di Nigeria.

  •  Sungai Gangga

Dalam film-film ini, sangat sering kita melihat sungai Gangga. Sungai ini merupakan tempat suci yang  menjadi pusat kehidupan spiritual di India.

Gangga memiliki peran yang penting sebagai  penyedia air bagi setengah miliar orang lebih. Namun, meski memiliki peran penting, limbah pertanian, plastik dan industri telah menyulapnya menjadi sangat tercemar.

  • Sungai Citarum

Sungai yang terletak di jawa Barat Indonesia ini, juga menyandang predikat yang sama sekali tidak membanggakan, yakni sebagai salah satu sungai tercemar di dunia. Salah satu penyebab tercemarnya sungai ini adalah sampah plastik.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (WALHI) Jawa Barat dan  Greenpeace Asia Tenggara. Menemukan bahwa  bahwa logam berat yang berasal dari limbah pabrik telah menjadi kontaminan utama sungai ini.

KLIK INI:  AZ, Sang Pembuka Pintu Sejarah Hukum Sumberdaya Alam Indonesia