Daftar Jenis Sampah yang Bisa Merusak Ekosistem Laut

oleh -54 kali dilihat
Peneliti Kaget Temukan Mikroplastik Jadikan Laut Dalam Tempat Kumpul
Ilustrasi laut dalam/foto- eastonialeopards.com

Klikhijau.com – Ekosistem laut terancam dirusak oleh sampah. Beragam jenis sampah kini jadi penghuni lautan, bahkan ada yang telah sampai di laut terdalam.

Sampah yang berada di lautan dikenal dengan istilah sampah laut. Sampah-sampah tersebut berasal dari daratan, badan air, dan pesisir yang mengalir dan menjadikan laut sebagai muaranya.

Sampah laut juga bisa berasal dari aktivitas di laut itu sendiri. Keberadaannya sangat mengganggu ekosistem laut dan bahkan berpotensi besar merusaknya dengan membuatnya tidak seimbang.

Ketidakseimbangan ekosistem akan berdampak buruk terhadap semua makhluk hidup yang menghuni dunia ini. Karena secara umum, semuanya terhubung oleh rantai makanan.

KLIK INI:  Lebih Dekat dengan Menteri Lingkungan Hidup Indonesia dari Masa ke Masa

Selain Tempat Pemrosesan Akhir Sampah (TPA), laut juga telah menjadi muara terakhir bagi sampah-sampah yang dibuang sembarangan dan tak bertanggungjawab.

Ada beberapa jenis sampah yang berpotensi menjadi sampah laut. Semuanya dominan diproduksi oleh manusia,  di antaranya:

  • Plastik

Memang jenis sampah yang satu ini menjadi jenis yang paling banyak dijumpai. Bukan hanya sulit terurai, namun juga sangat mudah berpindah tempat karena  memiliki sifat yang ringan.

Saking banyaknya jenis sampah ini, pada tahun 2050 mendatang diyakini akan lebih banyak sampah plastik di laut daripada ikan.

Maka bisa jadi, ketika nelayan berangkat menangkap ikan, yang ditangkap bukanlah ikan, tapi sampah plastik.

Parahnya lagi jenis  sampah ini telah merasuk ke dalam lautan terdalam. Sampah ini berasal dari barang-barang konsumen yang terbuat dari plastik dan sulit terurai, mulai dari botol minuman hingga puntung rokok.

Meski telah banyak dilarang penggunaannya, namun sepertinya aturannya hanya ada di atas kertas. Karena terbukti masih sangat banyak pengguna plastik, khususnya plastik sekali pakai.

  • Logam

Wadah minuman dan makanan tidak hanya terbuat dari plastik, tetapi juga ada terbuat dari logam. Bukan hanya itu, logam ini dimanfaatkan pula menjadi berbagai produk, misalnya pembungkus kertas timah, pemanggang sekali pakai dan lain sebagainya.

Logam ini, banyak pula yang dibuang sembarangan dan bermuara di laut yang menjadikannya memiliki julukan baru, yakni sampah laut.

KLIK INI:  Perubahan Iklim Tingkatkan Risiko Kesehatan Anak?
  • Kaca

Jenis sampah ini juga banyak yang menghuni lautan. Kaca merupakan bahan yang juga sulit terurai dan berbahaya, karena bisa melukai.

Kaca memiliki pula beragam bentuk dan nama, mulai dari gelas, piring, bahlom lampu hingga botol. Banyak orang yang membuang sembarangan sampah jenis kaca. Apalagi pengelolaan jenis sampah satu ini belum banyak, sehingga dominan berakhir di lingkungan.

Kaca memiliki berat yang cukup ideal untuk tenggelam, sehingga jenis sampah ini sangat mungkin jadi penghuni dasar lautan.

  • Kayu

Kayu beserta ranting-rantingnya juga mudah sekali sampai ke laut. Termasuk kayu olahan yang telah tidak berguna lagi bagi manusia.

Meski termasuk sampah yang mudah terurai, namun ketika sampai di laut akan tetap menjadi sampah laut yang bisa mengancam ekosistem laut.

Sampah kayu, khusus kayu olahan ini bisa berupa pelet, peti, balok-balok hingga papan. Semuanya bisa bermuara di lautan dan mencemarinya.

  • Kertas dan kardus

Mungkin kita tak akan pernah menyangka jika kertas dan kardus bisa jadi sampah laut. Karena kedua jenis sampah ini bisa hancur begitu terkena air.

Namun, faktanya tidak demikian, karena ada jenis kertas dan kardus yang bandel pula untuk terurai dengan cepat.

KLIK INI:  Indonesia Butuh Lebih Banyak Penelitian Tentang Dampak Plastik di Laut
  • Karet

Bagaimana bisa ada sampah karet, karet yang dimaksud di sini adalah yang telah diolah, bisa berupa ban kendaraan, entah itu sepeda, mobil, motor hingga gerobak.

Selain itu, sampah karet lainnya bisa berupa sarung tangan, balon dan lain sebagainya. Sederhananya semua yang produk yang berbahan karet.

  • Sampah kain

Produksi tekstil atau kain yang terus menanjak, membuatnya banyak terbuang ke lingkungan. jenis sampah ini tak bisa dipungkiri sangat banyak di luat bahkan pantai. Sampah jenis ini selain terapung juga bisa tenggelam.

Jenis sampah kain juga beragam bentuk dan nama, mulai dari sepatu, celana, baju, bahan perabot, selimut hingga handuk.

Hal paling mengenaskan dari sampah kain adalah, banyak penelitian yang mengungkapkan jika kain memiliki mikroplastik.

Mikroplastik ini, sudah menjadi ancaman nyata dan serius bagi biota laut. Ukurannya yang kecil membuatnya gampang tertelan biota laut yang sangat mungkin sampai kepada manusia saat mengonsumsi hewan laut.

Dari beragam jenis sampah laut di atas, mana jenis sampah yang pernah kamu buang atau kamu temukan di laut atau pantai?

KLIK INI:  Ketika Perut Paus Sperma Berubah jadi Mall