Cerita Sebatang Pohon Kelor di Muna yang Berdaun Putih Susu

Publish by -683 kali dilihat
Cerita Sebatang Pohon Kelor di Muna yang Berdaun Putih Susu
Pohon kelor yang berdaun putih susu di Muna/foto-ist

Klikhijau.com – Suatu hari di pagi hari, Wa Ode Malimua menyadari ada yang tak biasa dengan kelor miliknya. Ketakbiasaan itu membuatnya kaget, sebab daun kelor miliknya itu berubah putih.

Pohon kelor itu tumbuh di tengah perbukitan di Desa Liangkabori, Kecamatan Loghia, Kabupaten Muna. Awalnya tak ada yang aneh dan istimewa darinya.

Sejak ditanam 17 tahun lampau,  tak ada perubahan mencolok. Namun, tetiba saja sekitar Februari 2019 daun kelor itu berubah menjadi putih sampai saat ini.

KLIK INI:  Cara Simpel Memasak Sayur Daun Kelor, Klik Ini!

Tentu saja perubahan itu  membuat warga geger. Dan tak ada yang tahu penyebabnya apa sehingga daunnya bisa menjadi putih—keluar dari kodratnya.

“Daun dan tangkai pada salah satu batang kelor itu saya lihat berubah jadi berwarna putih. Saya potong, saya kira sakit. Ternyata tumbuh lagi dan tetap berwarna putih,” ujarnya.

Wa Ode tak bisa berbuat banyak mendapati kelor miliknya berubah. Ia  hanya bisa pasrah, kelor andalannya tak bisa lagi dikonsumsi dan dijual Padahal, daun kelor itu sudah menjadi sumber sayuran yang dikonsumsi puluhan tahun bersama keluarga.

“Bertahun-tahun saya berjualan daun kelor ini di pasar. Sekarang, saya tak berani,” ujar Wa Ode Malimua.

Iya, sejak  daun kelornya berubah warna, ia tak menjual lagi. Padahal, dalam sebulan dia bisa menghasilkan sedikit tambahan biaya dari berjualan daun kelor buat kehidupan keluarganya.

KLIK INI:  Kelor, Pohon Ajaib dan 4 Fakta Menarik yang Akan Membuat Anda Jatuh Hati Padanya

“Sekarang malah saya tak makan lagi kelor saya itu. Takut keracunan,” ujarnya.

Kepala Dinas Tanaman Pangan Perkebunan dan Holtikultura Kabupaten Muna, Anwar Agigi mengatakan tumbuhan ini tak dianggapnya berada dalam kondisi yang normal. Namun, belum ada penelitian yang bisa mengungkapkan penyebabnya.

“Kami hanya menduga klorofilnya rendah. Dan itu bisa saja terjadi. Namun, belum ada penelitian dan masih sebatas menduga,” ujar Anwar Agigi.

Namun, umumnya tanaman yang kekurangan zat klorofil, daunnya akan tetap hijau meskipun ada warna kekuningan. Setelah itu, daun akan tumbuh dengan kerdil tetapi tetap memiliki berwarna hijau.

“Ini kelor daunnya tumbuh sudah langsung berwarna putih. Kemudian tumbuh lagi, berulang-ulang,” tambah Anwar Agigi.

KLIK INI:  Keripik Daun Kelor, Memang Ada? Ini kisah dan Khasiatnya!
Editor: Irhyl R Makkatutu
Sumber: Liputan6.com

KLIK Pilihan!