Cemara Balon, Pohon Tangguh yang Bisa Mengendalikan Erosi

oleh -1,076 kali dilihat
Cemara Balon, Pohon Tangguh yang Bisa Mengendalikan Erosi
Cemara balon-foto/shope
Irhyl R Makkatutu
Latest posts by Irhyl R Makkatutu (see all)

Klikhijau.com – Cemara balon, nama yang kurang familiar jika digabung, bukan? Jika hanya cemara, kening tak perlu berkerut memikirkannya atau hanya balon. Sebab cemara dan balon cukup populer.

Aku kadang cemburu pada “saudaraku”, cemara udang dan cemara laut. Di google, dua nama itu cukup banyak “berlalu lintas”.

Saudaraku, bukan hanya cemara laut dan cemara udang, tetapi banyak. Jadi, jangan mengira cemara hanya satu atau dua saja, lebih dari sepuluh.

Selain cemara balon, aku punya nama lain, cemara sumatera dan nama ilmiahku Gymnostoma sumatranum. Nama yang bagus, bukan?

KLIK INI:  Penemuan Jenis Baru Berrypecker Menambah Daftar Burung Indonesia

Aku termasuk jenis pohon berumah satu. Bisa tumbuh tinggi menujulang, 30 meter. Ketika aku masih muda, tajukku akan berbentuk kerucut.

Dan seiring waktu, saat usiaku menua tajukku akan berbentuk bulat atau oval menyerupai balon yang sangat cantik. Barangkali karena itulah manusia menamaiku cemara balon.

Manusia memang seperti itu, suka menamai sesuatu seenaknya saja.  Jika kamu ingin tahu banyak tentangku, baik akan kuberitahu.

Aku memiliki batang silindris dengan percabangan monopodial. Warna pepaganku  abu-abu cokelat terang. Jika kamu sentuh akan terasa kasar.

Saat usiaku masuk dalam hitungan tua, tubuhku beralur dan lingkaran lentisel akan tampak jelas pada kulit yang muda.

KLIK INI:  Labu Siam, Tanaman yang Kaya Serat
Bunga berkelamin satu

Sementara daunku berbentuk sisik tersusun roset pada setiap buku. Hijau kecoklatan menjadi warna pada rantingku.

Bungaku berkelamin satu, bunga jantan dan betina—keduanya terdapat dalam satu pohon atau pohon yang berbeda.

Jika kamu ingin membedakan bunga jantan yang kumiliki, mudah saja. Bunga jantan terletak di ujung dan bulir memanjang.

Sedangkan bunga betina berada di cabang samping. Ciri lain yang bisa kamu kenali dari bunga betina adalah bentuknya yang kerucut majemuk, membundar dengan panjang 10 hingga 24 mm.

Bunga betina itu memiliki diameter 9 hingga 13 mm. Memiliki buah kotak, panjangnya 5 hingga 6 cm dan lebarnya lebar 2 hingga 3 cm. Warna abu-abu atau kuning cokelat. Sementara bijiku tunggal berbentuk pipih kerucut.

Manfaat

Meski tidak terlalu populer, aku memiliki beragam manfaat. Kayuku dimanfaatkan sebagai bahan pulp, kayu bakar, dan juga kayu perkakas dan kayu bakar.

Karakteristikku cukup tangguh, karenanya jika ada daerah yang langganan erosi, aku bisa diandalkan karena bisa menjadi  tanaman  pengendali erosi di daerah pantai dan reklamasi lahan dan memperbaiki tanah.

KLIK INI:  Libido Kendur, Konsumsi Buah Delima dan Rasakan Khasiat Lainnya!

Aku juga dapat mengikat nitrogen sehingga kerap digunakan pada pola tanam agroforestri. Aku termasuk jenis  pohon multifungsi. Karena itu, sangat layak dikembangkan dan dijaga kelestariannya untuk meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat.

Dan jika kamu batuk, kamu bisa mengambil buahku. Buahku  bisa dimanfaatkan  sebagai obat batuk.

Buahku juga  dapat dimanfaatkan sebagai kerajinan industri rumah tangga. Bentuk buahku sangat unik sehingga dapat dijadikan sebagai gantungan kunci yang memikat hati.

Daerah penyebaran

Aku bisa menyebar di dua daerah, yakni  daerah tropis dan subtropis sepanjang pantai. Aku menyebar mulai dari Australia utara, Myanmar Selatan, Malaysia, KraIsthmus di Thailand, Melanesia dan Polynesia.

Sedangkan di Indonesia, aku tersebar tersebar di hutan hujan pegunungan di Pulau Sumatera dan Sulawesi

Jika kamu ingin membudidayakan diriku, perlu kamu tahu bahwa aku dapat pumbuh pada ketinggian 0 hingga 2300 meter di atas permukaan laut (Mdpl). Dengan curah hujan rata-rata 350-5000 m.

KLIK INI:  Aku, Pohon Dao, dan Cerita Saat Bersantai di Hutan Kota Unhas

Aku menyukai tumbuh pada tanah tanah ringan dan berpasir. Di Tempat seperti itu aku bisa tumbuh dengan baik pada.

Namun, jangan salah aku dapat tumbuh pada tanah kurus dan cukup toleran terhadap tanah bergaram dan angin bergaram.

Pada PH tanah  pH 5.0-9.5 aku bisa tumbuh dengan baik dan subur.  Dan hal yang perlu kamu perhatikan jika menamanku, aku tidak tahan terhadap pasang surut, juga tak tahan naungan dan sensitif terhadap apa atau kebakaran.

 Oya, bagi kamu atau siapa pun yang ingin memperbanyak diriku, bisa dilakukan dengan cara generatif melalui biji.

Klasifikasi ilmiah
  • Kingdom : Plantae
  • Divisi : Magnoliophyta
  • Kelas : Magnoliopsida
  • Ordo : Fagales
  • Famili : Casuarinaceae
  • Genus : Gymnostoma
  • Spesies : Gymnostoma sumatranum
  • (Jungh.ex de Vriese) L.A.S Johnson

Nah, itulah ulasan sekilas tentang diriku, sahabat hijau, semoga memberi manfaat dan kamu akan menjaga dan melestarikanku. Bayangkan, aku cemara tekahir di bumi!

KLIK INI:  Mengagetkan, Lidah Mertua Ampuh Atasi Polusi Udara