Cegah Karhutla, Bhabinkamtibmas dan Babinsa Ajak Masyarakat Sinjai Berperan Aktif

Publish by -30 kali dilihat
Penulis: Idris Makkatutu
Cegah Karhutla, Bhabinkamtibmas dan Babinsa Ajak Masyarakat Sinjai Berperan Aktif
Bhabinkamtibmas dan Babinsa ajak masyarakat Sinjai berperan aktif cegah karhutla/Foto-Ist

Jika sudah berkobar api akan susah dipadamkan, ia bisa merampas apa saja. Jadi padamkan sebelum berkobar

Klikhijau.com – Kebakaran jadi ancaman mencemaskan di kemarau. Api seolah menemukan momen memperlihatkan keganasannya.

Jika sudah berkobar, pemadamannya akan rumit, butuh waktu, tenaga dan tentu saja biaya. Pun akan membawa berbagai kerugian.

Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) adalah salah satu peristiwa memilukan yang kini melanda Indonesia, khususnya di daerah Riau dan Kalimantan.

Untuk mencegah hal itu menimpah Sulawesi Selatan, khususnya di Desa Turungan Baji, Kecamatan Sinjai Barat, Kabupaten Sinjai.

KLIK INI:  Menelisik Dampak Tes Nuklir bagi Manusia dan Lingkungan

Anggota Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) Brigpol Ilham Nur bersama Bintara Pembina Desa (Babinsa), Sertu Rusdin rutin melaksanakan patroli terpadu untuk cegah karhutla

Kegiatan yang rutin dilaksanakan bersama tersebut ditentukan sasaran patroli.

Brigpol Ilham menuturkan, patroli yang dilakukannya tersebut merupakan salah satu kegiatan rutin Anggota Bhabinkamtibmas dan Babinsa dalam upaya meminimalisir ancaman karhutla

“Kegiatan patroli terpadu dilakukan untuk pencegahan karhutla, yakni mensinergikan para pihak untuk melakukan pemantauan terutama di tempat rawan karhutla,” ujarnya.

Ia juga menuturkan, tujuan patroli terpadu tersebut untuk melakukan deteksi dini pada areal rawan kebakaran, melakukan sosialisasi pencegahan, melakukan pemadaman dini, serta mewujudkan kehadiran unsur pemerintah.

KLIK INI:  Akkopsi, Deklarasi dan Komitmen Tuntaskan Problem Sanitasi di Indonesia
Pendekatan yang tak putus

Selain patroli rutin, pendekatan kepada masyarakat juga terus diupayakan melalui sosialisasi pencegahan karhutla yang dilakukan tim patroli terpadu.

Tim patroli akan mendatangi masyarakat desa pada berbagai kesempatan. Pesan dan ajakan untuk mencegah karhutla disampaikan melalui aksi mendatangi rumah-rumah, kebun dan ladang warga.

Tak hanya itu, tim patroli terpadu juga akan mendatangi tempat
berkumpul masyarakat, bahkan kepada masyarakat desa yang mereka temui di rute patroli. Mereka diimbau agar mencegah karhutla dengan cara tidak membakar lahan.

“Kami juga mengharapkan peran aktif masyarakat untuk bekerjasama dalam mencegah terjadinya karhutla dengan cara tidak membuka lahan dengan cara membakar, ataupun membantu memadamkan serta melaporkan kepada petugas apabila menemukan lahan yang terbakar,” tutup Ilham.

KLIK INI:  Antisipasi Karhutla di Puncak Kemarau, Tim Patroli Terpadu Semakin Digiatkan
Editor: Idris Makkatutu

KLIK Pilihan!