Catat, Ini Perbedaan Bunga Bangkai Amorphophallus dan Rafflesia!

Publish by -42 kali dilihat
Penulis: Redaksi
Catat, Ini Perbedaan Bunga Bangkai Amorphophallus dan Rafflesia!
Bunga Bangkai/foto-Indonews

Bunga bangkai minggu ini diperkirakan akan mekar di Kebun Raya Bogor

Klikhijau.com – Bunga bangkai merupakan tumbuhan dari suku talas-talasan (Araceae) endemik dari Sumatra, Indonesia, yang dikenal sebagai tumbuhan dengan bunga (majemuk) terbesar di dunia.

Meskipun catatan menyebutkan bahwa kerabatnya, A. gigas (juga endemik dari Sumatra) dapat menghasilkan bunga setinggi 5m.

Disebut bunga bangkai dikarenakan bunganya yang mengeluarkan bau seperti bangkai yang membusuk, yang dimaksudkan sebenarnya untuk mengundang kumbang dan lalat untuk menyerbuki bunganya.

Menurut Intagram Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) @lipiindonesia ada perbedaan antara bunga Amorphophallus dengan Rafflesia. Meski keduanya mengelarkan bau yang busuk.

KLIK INI:  Kenalkan Xylarium Bogoriense, Perpustakaan yang Hanya Berisi Kayu!

Bunga bangkai (Amorphophallus titanum) tumbuh di atas umbinya sendiri. Saat mekar, bunga bangkai terlihat seperti bunga terompet dengan bagian tengah yang lebih tinggi di banding bagian kelopaknya. Bungai bangkai bisa tumbuh dengan tinggi sampai empat meter dan diameter sekitar 1,5 meter.

Sedangkan merupakan tanaman parasit yang memiliki lima mahkota bunga dengan tekstur kasar. Bunga ini tak memiliki akar, batang, dan daun. Saat mekar, bunganya sendiri bisa memiliki diameter mencapai 70-110 cm dan tingginya 50 cm. Sedangkan beratnya sendiri bisa mencapai 11 kg.

Mekar minggu ini

Empat hari lalu, Intagram LIPI @lipiindonesia mengabarkan jika bunga bangkai (Amorphophallus titanum) di Kebun Raya Bogor, siap mekar.

Jadi, bagi Anda yang penasaran ingin melihat bunga bangkai. Anda bisa mengunjungi Kebun Raya Bogor yang diperkirakan akan mekar pada minggu pertama Januari ini.

KLIK INI:  Diego, Penyelamat Kura-Kura Raksasa dari Ancaman Kepunahan
Editor: Idris Makkatutu

KLIK Pilihan!