Cara Simpel Menanam Rumput Gajah Mini sebagai Karpet Alami di Halaman Rumah

Publish by -685 kali dilihat
Penulis: Alifia Sulaiman
Cara Simpel Menanam Rumput Gajah Mini sebagai Karpet Alami di Halaman Rumah
Rumput gajah mini sebagai karpet alami di halaman rumah - Foto/mesinpencacahrumput

Klikhijau.com – Menanam rumput gajah mini di halaman rumah dapat menambah kesan hijau yang alami. Banyak orang menginginkan ini, agar dekorasi halaman rumah semakin lengkap. Agar rumput gajah mini yang ditanam tumbuh subur, perlu cara khusus.

Selain rumput gajah mini, ada beberapa jenis rumput lainnya yang juga lagi tren ditanam sebagai karpet alami yang menambah keasrian halaman rumah, cek di SINI!

Namun, rumput gajah mini dinilai satu yang terbaik karena bentuknya. Selain itu, jenis ini sangat cocok ditanam di halaman yang luasnya terbatas.

Yuk, simak langkah-langkah menanam rumput gajah mini berikut ini:

KLIK INI:  Ini Caranya Agar Rumah Ramah Lingkungan dan Tetap Dingin Tanpa AC
  • Persiapan media tanam dan bibit

Bibit rumput gajah mini tersedia di toko bunga dan tanaman bahkan ada juga di Marketplace. Ada baiknya Anda membelinya di toko kebun, karena mereka bisa diajak berkonsultasi gratis dalam pemilihan dan penanaman.

Belilah bibit secukupnya untuk luas halaman yang akan ditanami. Persiapkan lahan atau halaman dengan menggemburkannya di kedalaman 5-10 cm, lalu diratakan.

Taburkan pupuk kandang di atasnya dan diamkan selama 1 minggu sebelum penanaman dimulai agar asupan nutrisi berbaur dalam tanah. Bila halaman rumah Anda tidak memiliki media tanah, Anda dapat melapisinya terlebih dahulu dengan tanah dari kebun atau tanah urug yang khusus dipakai sebagai media tanam.

  • Penanaman rumput

Setelah bibit dan lahan tersedia, sobek-sobek menjadi beberapa bagian kecil ukuran 3-5 cm. Tanam bibit ini secara zig-zag untuk hasil dan persebaran yang sempurna.

KLIK INI:  Tips Memulai Bisnis Budidaya Tanaman Hias, Klik Ini!

Untuk hasil terbaik, penanaman rumput gajah mini sebaiknya dilakukan pada musim hujan agar suplai air terpenuhi.

Rapatkan akar yang ditanam secara perlahan agar melekat dalam tanah. Anda juga dapat meratakan posisinya dengan menekannya dengan benda tertentu dan melepasnya setelah benar-benar rata.

  • Perawatan

Setelah bibit yang ditaman sudah berusia 2 minggu, segera lakukan pemupukan dengan menggunakan Urea agar pertumbuhannya berlangsung lebih massif.

Penyiraman rutin diperlukan saat pagi dan sore hari dengan pasokan air memadai namun dengan semprotan halus. Anda bisa melakukannya menggunakan selang  kecil atau alat khusus agar persebaran air lebih tipis dan merata.

KLIK INI:  Kenali Dulu Sebelum Memilih, Ini Kriteria Pemimpin yang Cinta Lingkungan

Di fase awal perawatan, Anda dapat membatasi akses ke area tanam. Hal ini penting agar tidak ada intervensi ke lahan tanam seperti jejak hewan dan manusia.

Hal terpenting dalam penanaman rumput gajah adalah akses pencahayaan yang cukup. Intensitas cahaya matahari yang kurang akan menyebabkan rumput tumbuh memanjang tak karuan sehingga penampilannya tak elok dipandang.

Perhatikan gulma atau rumput lain yang ikut tumbuh di sela-sela rumput gajah agar tak ada gangguan dalam pertumbuhannya.

  • Mengamati secara seksama
Cara Simpel Menanam Rumput Gajah Mini sebagai Karpet Alami di Halaman Rumah
Rumput gajah mini-foto/Flamboyanasri

Amati perkembangan tanaman rumput gajah secara intensif agar dapat mengevaluasi pertumbuhannya. Termasuk menjaganya agar tidak terinjak dari pejalan kaki (beri tanda khusus, larangan melintas di atasnya).

Bila pertumbuhannya maksimal, bibit yang ditanam sekitar 1 meter akan berkembang pesat menjadi 2 hingga 3 meter. Nuansa hijau layaknya karpet alami akan jadi altar di halaman rumah Anda. Di sana Anda dapat menikmati suasana bersantai bersama anak-anak saat pagi, sore bahkan di malam hari.

Meski sudah tumbuh baik, Anda harus tetap menjaga pertumbuhannya agar tak ada yang rusak. Asupan air sangat penting diperhatikan, termasuk pemberian pupuk untuk menjaga kesuburannya bila diperlukan.

Itulah cara menanam rumput idaman ini di halaman rumah Anda. Selamat mencoba, semoga bermanfaat!

KLIK INI:  Makna Warna Hijau dan Fakta Terlengkap Perihal Warna Alami Ini!
Editor: Anis Kurniawan

KLIK Pilihan!