Cara Simpel Menanam Monstera dengan Sistem Hidroponik

Publish by -11.479 kali dilihat
Penulis: Anis Kurniawan
Cara Simpel Menanam Monstera dengan Sistem Hidroponik
Monstera dengan sistem hidroponik - Foto/Pinterest

Klikhijau.com – Punya tanaman monstera atau janda bolong saat ini memang amat membanggakan. Bila sering mengaitkan tanaman hias Anda dengan pot dan media tanam padat, bagaimana pula bila monstera ditanam dengan sistem hidroponik?

Apa bisa? Jawabannya, yah! Dikutip dari laman Monsteraplantsource, menanam dengan sistem hidroponik sangat mungkin bisa dilakukan dan punya kelebihan tersendiri. Diantaranya karena tampilan akar-akarnya dapat terlihat langsung juga memungkinkan sang monstera tumbuh lebih sehat.

Sebelum membahas lebih jauh, ada baiknya memahami terlebih dahulu apa itu hidroponik? Secara sederhana, hidroponik adalah satu metode menanam tanpa tanah atau lebih tepatnya memakai air sebagai media tanam.

Anda mungkin pernah melihat atau melakukan perbanyakan tanaman sebelumnya di mana Anda mengambil potongan tanaman dan memasukkannya ke dalam air sampai akar tumbuh. Nah, coba tebak? Itu hidroponik!

KLIK INI:  Pesona 'Janda Bolong' dan Harganya yang Semirip Mahar Pernikahan
Apa kelebihannya menanam sistem hidroponik?

Nilai plus pertama adalah tanaman akan aman dari serbuan serangga. Jadi, dengan sistem hidroponik, monstera yang Anda tanam aman dari hama, karena serangga lebih suka pada kondisi lembab seperti di tanah, pasir dan media tanam lainnya.

Nilai plus kedua adalah tanaman dapat terhindar dari overwatering dan infeksi. Akar dapat menyerap air sehingga terbebas dari jamur. Hal inilah yang membuat tanaman monstera dapat tumbuh lebih leluasa.

Cara menanam monstera dengan hidroponik

Ada tiga langkah pratis menjalankan ide ini, sebagai berikut:

Cara pertama

Langkah pertama adalah pilih wadah yang tepat. Wadah yang baik sebaiknya yang berbahan kaca atau keramik bening yang dapat berdiri tegak. Disarankan memakai wadah dengan leher lebih kecil seperti vas atau botol kaca. Jangan memakai wadah logam karena dapat membuat air terkontaminasi logam.

KLIK INI:  5 Alasan Kekinian mengapa Harga Tanaman Monstera Malangit
Cara kedua

Langkah kedua adalah tempatkan tanaman dalam wadah pilihan tadi. Perbaiki posisi ujung batang tanaman dan perhatikan posisi akar yang ada. Biarkan tanaman berdiri tegak sebaik mungkin.

Nah, bagaimana bila Anda memindahkan tanaman dari pot ke wadah kaca berisi air. Pertama, bersihkan akar tanaman dari tanah yang melengket. Ini bisa dilakukan dengan membilasnya di air yang mengalir.

Pastikan tak ada tanah lagi yang melengket atau harus benar-benar bersih sebelum memasukkan ke dalam wadah hidroponik. Posisi tanaman monstera harus berdiri tegak, bisa dilakukan dengan menambahkan kerikil putih atau benda lainnya.

Gunakan air yang tidak mengandung garam dan bahan kimia karena itu dapat membunuh tanaman Anda. Air terbaik adalah air dari sumur, mata air, atau air hujan.

Cara ketiga

Langka ketiga adalah tambahkan lebih banyak air dan pupuk. Biarkan wadahnya berisi air yang memadai. Secara rutin tambahkan pupuk setidaknya dalam sebulan atau dua bulan sekali demi menjaga asupan nutrisi tanaman.

Sebagai catatan, Anda dapat memilih wadah khusus dan menempatkannya dalam ruangan sehingga tampak lebih artistik. Nah, rupanya tanaman monstera sangat baik ditanam dengan sistem hidroponik.

Cara ini bisa jadi alternatif ketimbang Anda sibuk mencari media tanam padat sebagaimana lazimnya yang dilakukan banyak orang. Selamat mencoba!

KLIK INI:  Cek Fakta, Benarkah Monstera Bisa Bikin Tajir?
Editor: Anis Kurniawan

KLIK Pilihan!