Cara Simpel Memperbaiki Sofa Kesayangan yang Mulai Kendur

oleh -6 kali dilihat
Cara Simpel Memperbaiki Sofa Kesayangan yang Mulai Kendur
Ilustrasi duduk di sofa - Foto/ Christopher Ross dari Pixabay

Klikhijau.com – Memiliki sofa idaman di rumah yang mulai kendur karena faktor usia memang cukup menyedihkan. Dibuang sayang kan? Beli baru juga perlu pertimbangan matang bila kondisi keuangan belum memungkinkan.

Terlebih bila sofa tersebut memang memiliki kelebihan khusus yang membuat Anda benar-benar menyukainya. Boleh jadi karena warnanya yang menawan atau karena ada kenangan indah saat momen membelinya.

Jadi saat sofa kesayangan mulai kendur, perlu ada solusi mengembalikan kondisinya seperti semula. Pilihannya tentu dengan membawanya ke tukang reparasi atau mencoba mereparasinya sendiri.

Bila kekendurannya belum terlalu parah dan Anda punya kemauan kuat mencoba memperbaikinya sendiri, tak ada salahnya mencobanya.

Mengutip Thespruce, berikut ini cara simpel memperbaiki sofa yang kendur yang bisa Anda coba di rumah:

KLIK INI:  Kopi Flores, MPIG dan Tata Kelola Kopi yang Berkelanjutan
Cara memperbaiki sofa yang kendur

Untuk melakukan perbaikan sofa, Anda memerlukan sejumlah peralatan antara lain stapler, pisau utilitas, gunting, obeng pipih, tang, serta bor dan mata bor.

Siapkan pula beberapa paket bahan perbaikan sofa yang dapat Anda beli di toko peralatan sofa, seperti pegas serpentine, klip lampiran yang serasi, dan kawat atau benang yang dibungkus kertas.

Karena kain debu bagian bawah biasanya akan sobek, beli juga kain kain pelapis debu yang baru.

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah mencoba mengakses bagian dalam sofa Anda. Langkah-langkah berikut bisa Anda lakukan:

  1. Balikkan sofa terlebih dahulu dengan bantuan orang lain.
  2. Lepaskan kaki sofa, dengan melepaskannya berlawanan arah jarum jam dengan tangan atau dengan obeng atau bor.
  3. Lepaskan penutup debu hitam dengan memotongnya dengan hati-hati. Untuk pembersihan yang lebih bersih, cungkil staples yang menahan penutup debu ke rangka kayu sofa.
KLIK INI:  Memahami Stomata, Fungsi dan Mekanisme Kerjanya pada Tumbuhan

Langkah-langkah Memasang Kembali atau Mengganti Pegas Sofa:

  1. Setelah mengakses bagian bawah sofa, temukan pegas sofa yang terlepas.
  2. Untuk pegas sofa yang terlepas dari klip, pasang kembali pegas ke klip. Ujung pegas mungkin perlu ditekuk kembali menjadi bentuk pengait agar dapat menahan klip lagi.
  3. Untuk pegas sofa yang rusak, buang pegas yang ada. Cek kekuatan klip dengan menariknya perlahan dengan tang. Klip yang longgar harus diganti dengan klip baru.
  4. Tambahkan pegas sofa baru ke klip.
  5. Jalankan kawat atau benang tegak lurus terhadap pegas. Mulailah dengan menstaples ujung garis pada bingkai sofa dalam bentuk Z, dengan staples di setiap bagian Z. Tanpa bentuk tiga bagian ini, garis akan ditarik melalui staples.
  6. Lingkari garis melalui masing-masing kabel serpentine saat bergerak ke sisi lain dari bingkai sofa. Garis harus kencang dari kawat ke kawat, tetapi tidak terlalu ketat untuk menarik kabel bersama-sama.
  7. Akhiri garis di sisi lain bingkai sofa, tempelkan dalam bentuk Z.
  8. Tempelkan kain lap debu pelapis baru ke bagian bawah sofa, potong kelebihannya dengan gunting.
Panduan Memperbaiki atau Mengganti Bantal Sofa

Karena sisi belakang bantalan tidak terlalu aus, dalam beberapa kasus, Anda dapat membalikkan posisi busa di dalam bantalan kursi, dari depan ke belakang.

Dengan membawa bagian belakang ke depan, dapat menciptakan tampilan yang lebih rata dan mengembang. Jika tidak, ganti busa dan pembungkus di dalam bantal.

Ikuti panduan berikut ini untuk perbaikan bantal sofa:

  1. Buka ritsleting sarung bantal kursi sofa.
  2. Tarik keluar busa yang ada dengan memutar sarung bantal ke dalam.
  3. Tandai bagian belakang busa bantalan baru dengan spidol yang tidak dapat dihapus agar Anda mengingat posisi busa di dalam penutup.
  4. Bungkus busa sofa sekali lagi dengan bantalan Dacron atau poliester. Bagian belakang bantal tidak dibungkus, hanya bagian depan saja.
  5. Dengan bantuan orang lain, geser sarung bantal ke atas busa. Pastikan sisi busa yang terbungkus berada di bagian depan.
  6. Tutup kembali ritsleting bantal sofa dan letakkan di sofa.

Demikianlah tips memperbaiki sofa yang sedang kendur, semoga bermafaat!

KLIK INI:  Bagaimana Pengaruh Kadar Air terhadap Pertumbuhan Tanaman?