Cara Simpel Memasak Sayur Daun Kelor, Klik Ini!

Publish by -175 kali dilihat
Penulis: Anis Kurniawan
Cara Simpel Memasak Sayur Daun Kelor, Klik Ini!

Klikhijau.com – Memasak daun kelor semudah memasak air panas. Begitu kata banyak orang perihal sayur kelor. Pernyataan ini cukup beralasan, sebab sayur kelor yang paling sederhana hanya dimasak begitu saja tanpa ada bumbu apapun.

Yah, daun kelor memang bisa dimasak tanpa campuran apa-apa. Faktanya, bila harus dicampur dengan banyak hal akan mengubah rasanya.

Sahabat hijau, yang perlu diperhatikan dalam memasak daun kelor adalah keseimbangan air yang dipakai. Pengalaman saya, sayur kelor yang dimasak pada air yang sedikit dapat menimbulkan masalah.

Sayurnya tidak enak, terlalu pekat dan padat. Bila daunnya terlalu banyak berpotensi membuat kita mencret dan mual.

KLIK INI:  Keripik Daun Kelor, Memang Ada? Ini kisah dan Khasiatnya!

Wah, ini pengalaman saya saja. Bisa jadi, tidak selalu benar. Intinya, kadar air dan daunnya harus diseimbangkan. Sebaiknya air yang digunakan jumlahnya lebih banyak dan dapat menampung daun kelor agar tidak menumpuk di wadah.

Berikut ini dua tips paling simpel memasak sayur kelor yang bisa Anda coba.

1. Sayur kelor plus irisan bawang putih

Resep ini tergolong mudah. Siapkan daun kelor segar. Masak air dalam wadah secukupnya. Bila sudah mendidih, masukkan kelor yang telah dibersihkan.

Ingat, jangan dimasak terlalu lama karena dapat mengurangi kelezatannya. Tambahkan irisan bawang putih secukupnya. Aroma bawang putih dalam sayur kelor akan menambah selera makan Anda.

KLIK INI:  Kelor, Pohon Ajaib dan 4 Fakta Menarik yang Akan Membuat Anda Jatuh Hati Padanya
2. Sayur kelor plus Terong dan Cabe Hijau

Resep satu ini disukai banyak ibu-ibu. Sayur kelor ditambahkan potongan terong dan lombok hijau. Caranya hampir sama dengan yang pertama.

Bedanya, terong yang sudah dipotong-potong dimasak terlebih dahulu. Pastikan, terong tersebut sudah matang, lalu masukkan daun kelornya.

Perhatikan kadar air yang digunakan harus seimbang. Tambahkan cabe hijau kecil beberapa sesuai selera. Juga irisan bawang putih.

Sayur kelor selalu menambah selera makan, apalagi bila dihidangkan panas-panas. Dua resep di atas hanyalah cara paling sederhana meracik sayur kelor. Resep lain tentu masih banyak, yang terpenting adalah menikmati kebaikan dan manfaat daun kelor.

Selamat mencoba!

KLIK INI:  Inilah Manusia-Manusia Pemakan ‘Sampah’ dan Makanan Sisa
Editor: Anis Kurniawan

KLIK Pilihan!