Cara Merawat Dracaena, Tanaman Hoki yang Dijuluki Si Naga Betina

Publish by -636 kali dilihat
Penulis: Anis Kurniawan
Cara Merawat Dracaena, Tanaman Hoki yang Dijuluki Si Naga Betina
Dracaena marginata tricolor - Foto/Plantforbeginners

Klikhijau.com – Dracaena (Dracaena sp.) merupakan satu jenis tanaman hias yang dikenal sangat tepat dirawat dalam ruangan atau di ruang yang sedikit redup. Jenis ini termasuk dalam famili Asparagaceae yang terdiri dari 120 pohon dan semak sukulen.

Nama Dracaena sendiri adalah Bahasa Yunani Kuno yang artinya naga betina. Tanaman yang tak perlu penyiraman berlebih ini aslinya berasal dari  Afrika, namun sebagian dijumpai di Asia Selatan hingga di wilayah tropis Amerika Tengah.

Di Indonesia, beberapa jenis dari tanaman hias berdaun panjang ini banyak dijual di pasaran antara lain:dracaena lemon lime, dracaena marginata tricolor, dracaena marginata white, dracaena green jewel, dracaena spring green, dracaena pink pineapple dan lainnya.

Bila kamu sedang merawat tanaman hias satu ini atau sedang tertarik mengoleksinya suatu saat, panduan perawatannya berikut ini mungkin dapat membantu. Simak penjelasannya detail sebagai berikut:

KLIK INI:  Bunga Basah, si Liar yang Hilang di Kemarau, Memesona di Musim Basah
  • Penyiraman

Tidak perlu sering-sering menyiramnya. Ia akan bertahan hidup tanpa asupan air intensif, lebih tepatnya sangat mirip dengan sukulen. Itulah keistimewaan kunci dari jenis satu ini yang membuatnya diminati ditempatkan sebagai tanaman hias dalam ruangan.

Pendeknya, menyiram terlampau bombastis justru berpotensi merusak tanaman ini. Jadi, saat penyiraman, pastikan tidak ada air yang tertinggal dalam pot apalagi sampai tergenang. Siram secukupnya saja.

Saat musim panas, penyiraman dilakukan setidaknya dalam 2 – 4 minggu sekali, tergantung kelembaban tanah. Pastikan periode penyiraman berikutnya dilakukan saat tanahnya benar-benar sudah kering.

Bila dedaunnya menguning, coklat atau pun rontok, itu pertanda bahwa ia sedang kelebihan air saat penyiraman. Saat ini terjadi, cobalah membuang kelembaban dari saluran pot dan tunggu hingga benar-benar kering lalu disiram lagi.

KLIK INI:  5 Alasan Kekinian mengapa Harga Tanaman Monstera Malangit
  • Pencahayaan

Seperti dikatakan dari awal bahwa tanaman ini sangat cocok di ruangan dengan cahaya kurang. Dracaena memang tidak boleh terkena sinar matahari langsung, jadi pastikan Anda menemukan tempat yang teduh, tetapi terang. Simak bagaimana pengaruh cahaya terhadap pertumbuhan tanaman?

Secara teknis, tanaman ini juga akan tumbuh dengan baik di tempat yang lebih gelap, tetapi ia akan tumbuh ke arah cahaya. Untuk memastikan tanaman tumbuh selurus mungkin, pastikan kamu memberinya cahaya yang cukup atau merotasi tanaman secara teratur.

  • Tanah

Karena Dracaena adalah tanaman yang suka mengering, gunakan tanah yang memiliki drainase sangat baik. Tanah yang menahan terlalu banyak air dapat merusak tanaman dan menyebabkan busuk akar. Campuran tanah sukulen dan tanah pot sangat cocok untuk tanaman satu ini.

  • Pemupukan

Tanaman yang dipercaya dapat membawa hoki ini tumbuh dengan sangat lambat. Karena itu, ia membutuhkan sangat sedikit pupuk.

Jika kamu ingin memberinya pupuk, sebaiknya lakukan setiap 6-8 minggu. Dengan cara ini kamu tidak memberi terlalu banyak, tetapi tetap membantunya tumbuh lebih baik.

KLIK INI:  Tanaman Hias Hoya, Keunikan, Manfaat dan Cara Benar Menanamnya!
  • Pergantian pot

Karena pertumbuhannya yang lambat, pergantian pot pada tanaman ini juga otomatis jarang dilakukan. Pergantian pot dilakukan untuk ukuran pot yang lebih besar setidaknya setiap 2-3 tahun.

Begitulah Dracaena, tumbuhnya benar-benar lambat. Ada baiknya kamu mengecek tanah dalam pot dalam setahun sekali. Lihat apakah masih cukup gembur agar tanaman bisa tumbuh dengan baik.

Jika tanah terlalu padat, menambahkan tanah segar adalah pilihan yang bagus.

  • Perambatan

Menyebarkan Dracaena sangat mudah.  Yang harus Anda lakukan adalah memotong batang sekitar 3 inci di bawah daun di bagian atas dan meletakkannya kembali di tanah. Batang ini akan mulai menumbuhkan akar.

KLIK INI:  Bunga Nusa Indah dan Ragam Fakta Mengejutkan di Baliknya

Pada saat yang sama, batang yang sekarang terbuka pada tanaman induk akan mulai menumbuhkan daun baru, dan akhirnya juga akan tumbuh menjadi batang. Tanaman mungkin tumbuh lambat, tetapi dengan memperbanyaknya, kamu bisa mendapatkan banyak tanaman dengan sangat cepat.

  • Hama dan penyakit

Dracaena cukup terlindungi dari hama dan penyakit. Bukan berarti hama dan penyakit tidak akan terjadi. Ketika tanaman terlalu kering untuk waktu yang lama, tanaman rentan terhadap kutu putih dan tungau laba-laba.

Untuk mencegah hal ini, ada baiknya untuk mengaburkan tanaman sesekali atau cara lain untuk meningkatkan kelembapan sedikit lebih banyak.

Saat menemukan hama menyerangnya seperti kutu putih, paling mudah menyingkirkannya dengan alkohol gosok. Kamu dapat melakukan ini dengan mengoleskannya dengan q-tip yang telah dibasahi alkohol gosok.

Jika ini tidak berhasil, kamu juga bisa menggunakan semprotan tanaman dan menutupi seluruh tanaman dengan cara itu.

Menempatkan tanaman di ruangan dengan sirkulasi udara yang buruk akan menyebabkan munculnya bintik-bintik hitam pada daun. Ini adalah hal yang cukup sulit untuk disingkirkan.

KLIK INI:  Bunga Pukul Empat Tebar Manfaat, dari Kanker hingga Usir Jerawat

Jika tidak hilang dengan sendirinya, cara menghilangkannya adalah dengan memotong semua daunnya. Ini sedikit menyedihkan, karena daun yang dipotong tidak bisa dipakai untuk perbanyakan lagi, tetapi setidaknya hama akan hilang.

Simpan tanaman di ruangan yang lebih besar, seperti ruang tamu, di mana orang banyak memiliki banyak waktu dan udara segar dari luar dapat masuk.

  • Catatan kunci

Dracaena adalah tanaman yang luar biasa dan umumnya cukup mudah dirawat. Namun, seperti halnya tanaman apa pun, ada beberapa trik yang dapat membuat perawatan tanaman ini lebih mudah.

Hal terbesar yang harus kamu ingat saat merawat tanaman ini adalah harus memastikan bahwa Dracaena memiliki kemampuan untuk mengering di antara penyiraman dan tidak menempatkannya di bawah sinar matahari langsung. Simak detail Bagaimana pengaruh sinar matahari terhadap warna daun tanaman?

Demikianlah penjelasan mengenai cara merawat tanaman berjudul naga betina ini, semoga bermanfaat buat kamu yang sedang berencana merawatnya dalam rumah.

KLIK INI:  Cara Merawat Sansevieria agar Tumbuh Baik Memberi Sejuta Manfaat!
Editor: Anis Kurniawan
Sumber: Plantcareforbeginners

KLIK Pilihan!