Cara Mengemas Tanaman Sebelum Dikirim Jauh sebagai Hadiah

oleh -931 kali dilihat
Cara Mengemas Tanaman Sebelum Dikirim Jauh sebagai Hadiah
Kiriman hadiah - Foto/Pixabay

Klikhijau.com – Mengirimkan tanaman sebagai hadiah kepada teman, kerabat atau kekasih tentu punya nilai tersendiri.

Namun, sebelum melakukannya, Anda tentu perlu memahami cara pengemasan terbaik agar tanaman tetap dalam kondisi terbaik.

Artikel ini akan memandu Anda mengemas tanaman yang benar. Pertama-tama, tentu perlu menyiapkan tanah semi kering. Tanah jenis ini adalah yang terbaik untuk pengiriman tanaman, sehingga Anda dapat mempersiapkan tanaman Anda untuk pengiriman dengan memberinya air tawar (jika diperlukan) beberapa jam atau hari sebelum perjalanan.

Khusus untuk sukulen yang lebih tahan air pastikan tidak menyiramnya pada hari pengiriman.

Sedangkan untuk bunga potong segar, masukkan ke dalam toples berisi air selama tiga hingga empat jam sebelum dikirim agar dapat diminum sebelum melakukan perjalanan panjang (dan seringkali kering).

Ini akan mencegah tanaman Anda layu selama perjalanan. Ikuti pembahasan berikut sebagaimana dinukil dari Thespurce:

KLIK INI:  Memahami Stomata, Fungsi dan Mekanisme Kerjanya pada Tumbuhan

Benda-benda yang dibutuhkan

Peralatan / Alat

  • Spidol Permanen
  • sarung tangan taman

bahan

  • Tanaman
  • Handuk kertas
  • Bungkus plastik atau tas
  • Koran atau kertas kemasan
  • Gelang karet
  • Kotak karton bergelombang
  • Pita pengepakan

Hal yang perlu dilakukan

  1. Lepaskan tanaman dari tanah

Sebagian besar tanaman paling baik dikirim sebagai akar telanjang daripada di pot mereka. Dengan sarung tangan taman, lepaskan perlahan akar tanaman Anda dari potnya dan kibaskan tanah yang berlebih. Membilas akar sepenuhnya tidak perlu, karena beberapa tanah yang tersisa akan membantu menjaga tanaman tetap bahagia dan sehat selama pengiriman dan akhirnya direpoting.

  1. Bungkus akar dengan handuk kertas lembab

Basahi sedikit handuk kertas dengan air bersih bersuhu ruangan dan bungkus di sekitar akar tanaman. Jika Anda mengirim tanaman Anda jarak jauh, Anda dapat melakukannya dengan beberapa handuk kertas berlapis-lapis. Kertas perlahan-lahan akan melepaskan kelembapan, menyediakan tanaman dengan air sepanjang perjalanan.

KLIK INI:  Cara Simpel Menanam Rumput Gajah Mini sebagai Karpet Alami di Halaman Rumah
  1. Bungkus dengan bungkus plastik

Untuk menutup semuanya di tempatnya, bungkus akar dan handuk kertas dengan lapisan bungkus plastik. Sebagai alternatif, Anda dapat menempatkan tanaman di dalam kantong plastik. Ini akan menahan kelembapan dan memberikan insulasi untuk akar yang rapuh.

  1. Amankan tanaman

Amankan bagian atas tanaman dengan mengoleskan karet gelang atau membungkus seluruh bundel dengan koran. Kedua taktik akan menstabilkan pertumbuhan yang salah dan mencegah kerusakan tanaman.

  1. Tempatkan tanaman di dalam kotak

Kemas tanaman Anda dalam kotak karton bergelombang kokoh yang cukup kuat untuk menahan kerusakan akibat penanganan yang kasar. Sangat penting untuk menemukan kotak yang bagus dan kuat sehingga tanaman Anda tiba di tempat tujuan dalam keadaan utuh.

  1. Isi ruang ekstra

Mungkin sulit untuk menemukan kotak yang sesuai dengan barang Anda. Setelah Anda menempatkan tanaman Anda di dalam kotak bergelombang yang kuat, isi ruang ekstra di dalam kotak dengan kertas kemasan atau koran untuk bantalan ekstra. Dengan cara ini, tanaman Anda tidak akan memiliki ruang untuk bergerak selama penanganan. Anda juga bisa menggunakan kertas bekas, kacang kemasan, atau bungkus gelembung.

KLIK INI:  Praktis dan Ekonomis, Ini Manfaat Limbah Cair Cucian Beras untuk Tanaman!
  1. Rekatkan kotak tertutup

Tutup penutup kotak dan rekatkan semua ujungnya dengan kuat dengan pita pengepakan yang kuat. Jika Anda khawatir tentang penanganan paket, tambahkan banyak selotip untuk memperkuat tepi kotak.

Tip

Jika hangat di tempat Anda tinggal atau jika Anda mengirim tanaman ke suatu tempat yang panas, buat beberapa lubang di kotak untuk ventilasi. Gunakan jari Anda untuk membuat beberapa lubang di setiap sisi kotak dengan hati-hati. Jangan lakukan ini dalam cuaca dingin, atau dingin dapat merusak tanaman Anda.

  1. Labeli kotaknya

Dengan spidol permanen, beri label pada kotak ”Tanaman Hidup”, ”Rapuh”, atau ”Mudah busuk”, sehingga penangan paket dapat membacanya dengan jelas. Meskipun ini bukan jaminan bahwa orang yang menangani paket Anda akan memperlakukannya dengan hati-hati, ini mungkin meyakinkan beberapa dari mereka untuk bersikap lembut.

Tulis alamat pengirim dan alamat pengiriman di bagian luar kotak, dan hapus atau tutupi semua label pengiriman lama jika Anda menggunakan kembali kotak.

  1. Kirim Tanaman Anda

Setelah dikemas dengan baik, inilah saatnya untuk mengirimkannya ke tempat tujuan. Manfaatkan jasa pengiriman terbaik yang memastikan tanaman aman sampai ke tujuan.

Semoga bermanfaat!

KLIK INI:  Tips Mencuci Bantal Kesayangan agar Tetap Awet dan Nyaman