Cara Efeketif Melenyapkan Jamur di Kamar Mandi dengan Bahan Alami

oleh -56 kali dilihat
Cara Efeketif Melenyapkan Jamur di Kamar Mandi dengan Bahan Alami
Ilustrasi - Foto/Happydiyhome

Klikhijau.com – Kamar mandi menjadi titik yang paling disukai jamur untuk berkembangbiak. Terlebih bila jarang dibersihkan akibat kesibukan, sementara aktivitas di kamar mandi terbilang paling tinggi.

Jamur di kamar mandi Anda bisa sangat berbahaya bagi kesehatan Anda. Cara terbaik untuk menghentikan pertumbuhan jamur adalah dengan menghilangkannya sesegera mungkin.

Jamur mengandung filamen seperti benang yang disebut hifa yang tumbuh secara nyata pada permukaan makanan dan minuman yang telah kehilangan kesegarannya. Filamen ini kemudian berkembang biak melalui reproduksi vegetatif.

Jamur pada makanan dan minuman

Reaksi ini cukup universal: sangat sedikit makanan dan minuman yang 100% aman dari jamur.

Mengapa jamur memilih untuk tumbuh pada makanan dan minuman kita? Karena organisme multiseluler tidak memiliki kemampuan untuk memberi makan dirinya sendiri melalui fotosintesis, ia melarutkan dirinya ke inang organik dan jenis bahan organik tertentu, untuk mendapatkan nutrisi yang dibutuhkannya untuk hidup dan tumbuh.

KLIK INI:  7 Faktor yang Harus Diperhatikan Saat Menanam Tanaman Indoor

Jamur memulai hidupnya sebagai spora mikroskopis tunggal. Spora akhirnya mengapung di udara dan menetap di area baru yang mengundang dengan kondisi sempurna untuk pertumbuhan dan reproduksinya (kelembaban, oksigen, sinar matahari).

Jika mereka secara tidak sengaja mendarat di suatu tempat yang kering dan panas, pertumbuhan jamur dapat berlangsung selama bertahun-tahun sampai kondisi berubah. Atau angin mengambil spora dan memindahkannya ke lingkungan yang lebih ramah.

Setelah spora berada dalam kondisi idealnya, ia mulai bereproduksi dengan menyerap kelembaban dan nutrisi dari rumah barunya.

Proses ini berlanjut tanpa batas sampai semacam intervensi membunuh jamur hitam atau menghentikan pertumbuhannya.

Tapi sama seperti manusia, jamur hitam juga membutuhkan oksigen untuk tetap hidup — jadi jamur ini hanya tumbuh di lingkungan yang beroksigen. Selanjutnya, jamur membutuhkan suhu antara 10 – 35 derajat Celcius.

Dua poin ini membantu menjelaskan mengapa menyegel makanan Anda dan kemudian memasukkannya ke dalam lemari es membuatnya lebih segar, lebih lama.

KLIK INI:  Kenalkan, Ini Pengganti Sedotan Plastik yang Sehat dan Ramah Lingkungan

Jamur dapat dikategorikan menjadi tiga kelompok umum: alergi, yaitu jenis jamur yang tidak mungkin menyebabkan penyakit; patogen, artinya dapat menyebabkan infeksi pada orang dengan sistem kekebalan yang buruk; dan toksigenik, yaitu — Anda dapat menebaknya — beracun bagi semua orang yang bersentuhan dengannya.

Bagaimana membereskan jamur di kamar mandi?
#Menggunakan cuka

Bahan alami pertama yang bisa digunakan adalah pembersih jamur cuka.

Bahan: 
  • Cuka
  • Botol semprot
  • Kuas scrub
Caranya:

Cuka adalah solusi alami yang sangat baik untuk membunuh jamur — penelitian telah menunjukkan bahwa cuka membunuh 82 persen spora jamur, dan paling efektif jika disemprotkan langsung dari botol, langsung ke permukaan jamur.

Setelah Anda benar-benar menyemprotkan cetakan, biarkan selama beberapa jam, lalu gosok dengan sikat.

KLIK INI:  Desa Samaenre Mendulang Rupiah dan Merawat Bumi dengan Jamur

Cuka juga mencegah jamur, jadi jika Anda tidak keberatan dengan baunya, biarkan saja di sana agar jamur tidak kembali lagi.

Jika Anda tidak tahan bau menyengat dari cuka, jangan ragu untuk mencairkan solusi dengan air. Tentu saja, semakin Anda mengencerkannya, semakin tidak kuat (dan karenanya, efektif) jadinya.

Anda juga dapat menambahkan beberapa tetes minyak esensial ke dalam cairan. Minyak cengkeh paling baik untuk membunuh jamur.

#menggunakan minyak pohon teh

Minyak pohon teh adalah obat alami yang sangat baik untuk jamur.

Bahan: 
  • Minyak Pohon Teh
Metode:

Campurkan dua sendok teh minyak pohon teh dengan dua cangkir air dalam botol semprot. Semprotkan ke cetakan dan biarkan di sana — jangan dicuci.

Minyak pohon teh memiliki aroma pepermin yang segar dan menyenangkan, jadi tidak terlalu menyengat jika dibiarkan sebagai larutan permanen daripada cuka. Aromanya akan bertahan selama beberapa hari, tetapi tidak lagi.

KLIK INI:  Selain Rendah Kalori, Jamur Juga Bisa Penuhi Kebutuhan Vitamin Harian
#Dengan cetakan soda kue
Bahan: 
  • Baking soda
  • Handuk microfiber
Metode:

Soda kue, sebagai disinfektan alami, membersihkan jamur tanpa meninggalkan aroma apa pun.

Larutkan soda kue ke dalam air (semakin banyak Anda menggunakannya, semakin kuat larutan soda kuenya), atau ke dalam larutan cuka dan air, dan semprotkan ke cetakan.

Biarkan soda kue selama 20 menit hingga satu jam, lalu gosok dan bersihkan soda kue dengan kain lembab.

#Ekstrak biji jeruk dan larutan cetakan air
Bahan: 
  • Ekstrak Grapefruit
Metode:

Mereka yang peka mungkin lebih menyukai ekstrak biji jeruk (seperti jeruk bali), karena tidak berbau. Campurkan 20 tetes ekstrak ke dalam botol semprot dengan dua gelas air, dan semprotkan ke cetakan. Kemudian, biarkan dan biarkan bekerja — Anda tidak ingin mencucinya, sehingga akan mencegah jamur nanti.

KLIK INI:  5 Langkah Melindungi Tanaman dari Hewan Liar
Bagaimana dengan pemutih?

Sementara beberapa panduan tentang cara menghilangkan jamur di kamar mandi Anda mungkin merekomendasikan pemutih, saya biasanya menyarankan untuk tidak melakukannya karena pemutih menghasilkan asap beracun. Pemutih merupakan iritasi bagi banyak orang dan solusi di atas bisa jadi tidak lebih efektif daripada pemutih untuk membunuh jamur.

Bagaimana menjaga rumah Anda bebas jamur?

Sekarang setelah Anda menyingkirkan jamur di rumah Anda, Anda pasti ingin rumah Anda bebas dari jamur, bukan? Bagus! Berikut adalah beberapa tips dan trik untuk mencegah jamur di rumah:

  • Pastikan semua peralatan yang menghasilkan kelembapan, mulai dari pengering pakaian hingga kompor, memiliki ventilasi yang mengarahkan udara ke luar.
  • Jika Anda tidak memiliki atau tidak ingin membeli pengukur kelembapan, cukup awasi rumah Anda untuk mengetahui tanda-tanda kelembapan yang terlalu tinggi, seperti kondensasi pada jendela, pipa, dan dinding. Jika Anda melihat ini, pastikan untuk segera mengeringkan permukaan, dan temukan sumbernya, dan atasi masalahnya secara langsung.
  • Jika Anda menggunakan AC atau dehumidifier, lakukan servis secara teratur untuk memastikan tidak menghasilkan kelembapan sendiri. Kelembaban menciptakan kondisi untuk jamur di kamar mandi untuk tumbuh
  • Buka jendela saat Anda memasak atau mencuci piring.
  • Mendorong aliran udara yang baik di rumah Anda.
  • Jika Anda baru saja membangun rumah atau mungkin melakukan perbaikan, pilih drywall tahan jamur, yang tanpa kertas dan sangat tahan air.
  • Saat memilih tirai kamar mandi, pilih yang tahan jamur, dan cuci sekitar sebulan sekali.
  • Cuci karpet kamar mandi Anda sebulan sekali juga.
  • Jika Anda harus menyimpan sampo, sabun mandi, loofah, atau mainan di kamar mandi, sering-seringlah membersihkannya dengan larutan semprotan harian Anda, karena jamur suka tumbuh pada barang-barang ini ketika selalu lembab.
  • Beli squeegee dan gunakan setiap hari dengan larutan semprotan buatan Anda — mengalirkannya di sepanjang dinding kamar mandi Anda setelah mandi dapat mengurangi kelembapan di dalam ruangan sebanyak 75%!
  • Jika ada kebocoran, jangan menunggu untuk memperbaikinya. Ini adalah tempat berkembang biaknya jamur.
  • Awasi tanaman hias Anda – dan ambil beberapa teh Taheebo untuk ditambahkan ke air Anda. Minyak dari pohon ini tahan jamur dalam kondisi hutan hujan, jadi menambahkan sedikit ke air yang Anda beri makan tanaman Anda akan membantu mereka tetap tahan terhadap jamur juga

Semoga ini bermanfaat!

Sumber: Happydiyhome

KLIK INI:  Bagaimana Menaruh Ampas Kopi sebagai Penyubur Tanaman Anda?