Cara Alami Mengusir Kecoak, Persenjatai Diri dengan 7 Tanaman Ini!

oleh -167 kali dilihat
Cara Alami Mengusir Kecoak, Persenjatai Diri dengan 7 Tanaman Ini!
Kecoak - Foto/PNGDownload.id

Klikhijau.com – Kecoak atau lipas adalah jenis serangga dari kelas Insecta yang keberadaannya tak disukai bila masuk ke dalam rumah. Tak hanya itu, serangga berukuran 2 mm hingga 6 mm ini umumnya bikin geli kaum hawa lantaran kerap bertengger di badan.

Kehadiran kecoak pada suatu tempat juga pertanda bahwa tempat tersebut lembab dan kurang terjaga kebersihannya. Sementara kecoak yang datang dan bersarang dengan mudahnya berkembangbiak serta mengganggu aktivitas di rumah khususnya makanan.

Sejauh ini, serbuan kecoak dikendalikan dengan disemprot pakai cairan anti kecoak. Bahan ini tentu dengan secepat kilat akan memberantas kecoak, namun bila dipakai terus menerus tidaklah bijak pada kesehatan dan lingkungan.

Lalu, bagaimana mengatasi kecoak di rumah secara alami tanpa pestisida? Anda perlu mencoba mengakalinya dengan 7 tanaman yang tak disukai kecoak ini sebagai proteksi alami. Apa saja? Simak berikut ini:

KLIK INI:  Sebaiknya Kurangi Sampah Makanan dengan Melakukan Ini!
  • Daun salam

Daun salam tak mengeluarkan aroma yang terlalu tajam bagi manusia, tetapi terjadi sebaliknya pada kecoak. Bumbu masakan ini ternyata dibenci kecoak. Daunnya bisa dipakai menghalau kecoak yang berada di rumah Anda. Caranya mudah, cukup dengan menumbuk halus daunnya lalu menyimpannya di lokasi yang kerap jadi lokasi kerumunan kecoak.

  • Bawang putih

Banyak serangga yang takut dengan aroma bawang putih karena memang cukup tajam dan menyengat, termasuk kecoak. Nah, bumbu dapur satu ini juga dapat dijadikan senjata mengusir kecoak yang menyebalkan.

Caranya mudah yakni dengan memotong tipis-tipis bawang putih agar aromanya keluar dan semakin tajam. Lalu, letakkan di bagian rumah yang menjadi tempat persembunyian kecoak. Aromanya akan membuat kecoak kocar-kacir dan tak bisa mampir lagi di rumah Anda.

Siapa tak kenal dengan bunga krisan yang tersohor karena warna-warni kembangnya? Umumnya, orang mengenal krisan sebagai tanaman hias atau buket bunga yang kerap dipajang saat pesta  pernikahan atau pertemuan.

Bunga krisan yang cantik ternyata dapat pula dipakai sebagai senjata pamungkas penghalau kecoak. Jenis krisan yang biasa dipakai sebagai senjata alami pengusir kecoak adalah Pyrethrum. Tanaman ini bisa ditanam di halaman rumah atau dalam pot, lalu ranting dan kembangnya sewaktu-waktu dapat diletakkan di dalam rumah demi mengusir kecoak.

Bila tertarik menanam, lihat cara merawat bunga krisan agar tumbuh dengan baik di SINI!

KLIK INI:  Tetap Jaga Kelestarian Bumi dengan 9 Cara Sederhana Ini!
  • Tanaman kucingan atau catnip

Tanaman kucingan atau catnip merupakan tanaman dari genus Nepeta dalam famili Lamiaceae. Tanaman dengan nama ilmiah Nepeta cataria ini ternyata paling dibenci oleh kecoak. Bahkan, sebuah riset yang dilakukan Universitas Lowa menyebut bahwa catnip merupakan penangkal kecoak terbaik.

Anda dapat menanam tanaman kucingan di halaman rumah sebagai senjata alami agar kecoak tak berani mendekat di sekitar rumah Anda.

  • Tanaman Osage-orange

Tanaman satu ini mungkin tak terlalu familiar, namun sekadar diketahui bahwa Osage-orange mengandung aroma khas yang juga tak disukai kecoak. Tanaman ini bisa juga ditanam di sekitar rumah karena bisa dijadikan pestisida alami dalam menghalau kecoak.

  • Tanaman serai

Selain tak disukai nyamuk, tanaman serai juga dibenci kecoak. Tanaman yang juga satu bumbu masakan ini bisa ditanam di sekitar rumah agar kecoak tak berani mendekat. Aroma tajam dari serai yang mirip bawang putih sangat dihindari kecoak.

Serai merupakan tanaman yang sangat mudah tumbuh, jadi Anda dapat menanamnya di halaman rumah atau dalam pot.

Mentimun tidak hanya enak untuk dikonsumsi atau sebagai bahan acar, mentimun ternyata juga tidak disukai kecoak. Anda dapat menaruh mentimun yang telah dikupas di daerah yang kadang dijadikan sarang kecoak. Namun, perlu hati-hati dari jangkauan anak kecil.

Menanam mentimun di sekitar rumah juga bisa dilakukan sebagai senjata alami menangkal kehadiran kecoak yang menyebalkan, masuk rumah.

Itulah 7 tanaman yang bisa dipakai sebagai cara alami mengatasi kecoak. Selamat mencoba! Bila Anda punya pengalaman lain yang sifatnya alami dalam mengusir kecoak, mohon menulisnkannya di kolom komentar.

Semoga bermanfaat!

KLIK INI:  Kenalkan, Ini Pengganti Sedotan Plastik yang Sehat dan Ramah Lingkungan