Burung Anis Merah, Diincar karena Suaranya

oleh -2,457 kali dilihat
Lebih Intim dengan Anis Merah, Sang Maskot Burung Berkicau
Burung Anis Merah, incaran para pencinta burung berkicau/foto-Dictio
Irhyl R Makkatutu

Klikhijau.com – Dengan suaranya yang indah dan merdu. Burung anis merah menjadi maskot para penyuka burung berkicau.

Burung Anis merah adalah nama familiar dari Zoothera citrina. Dalam penamaan bahasa Inggris burung ini disebut Orange-headed Ground Thrushes .

Burung adalah salah satu jenis burung kicau dari keluarga Turdidae dan Genus Geokichla. Bersifat omnivora, memakan berbagai macam serangga, cacing tanah, dan buah seperti pepaya, pisang, apel, dan pir

Di Indonesia dapat dijumpai dibeberapa daerah seperti Kalimantan, Jawa, Bali dan beberapa daerah lainnya. Di Indonesia dikenal dengan nama Kedhis taien sampi, di Bali dkenal dengan syiap-syiap.

KLIK INI:  Burung Wiwik Kelabu yang Licik dan 5 Fakta Menarik Tentangnya

Sementara di Yogyakarta dikenal Manuk cacing kalung dan di Jawa Timur dikelan dengan nama Cerbang / Kacer abang. Sedangkan untuk nama pasar dekenal dengan nama Punglor Merah.

Burung anis merah sesungguhnya berasal dari Asia Selatan dan Asia Tenggara. Burung jenis ini erukuran sedang dengan rata-rata panjang tubuh sekitar 20 hingga 23 cm dengan berat tubuh antara 47–67 gram.

Burung anis merah jantan dan betina seperti yang dimuat di Greeners, dikatakan memiliki visual yang hampir sama. Perbedaan yang paling mencolok adalah pada ukuran tubuh dan bagaimana kedua jenis burung ini bertingkah.

Harga sampai jutaan

Anis merah memiliki bulu yang cerah yaitu berwarna merah sedikit orange di bagian kepala turun ke dada, dan bagian dubur. Untuk bagian punggung, sayap, dan ekor anis merah berwarna abu-abu dan kehitaman.

Keindahan burung ini, mulai dari postur tubuh yang tegas, memiliki kualitas suara yang cukup mumpuni, dan pola warna bulu yang indah. Menjadikan anis merah menjadi favorot bagi pencinta burung dan menjadi incaran. Menjadikannya menjadi burung yang eksotis.

KLIK INI:  Eksotika Kupu-kupu di Musim Hujan

Selain itu, untuk perawatannya tidak memerlukan metode khusus, yakni sangat mudah sama seperti merawat jenis burung lainnya. Harga burung ini bervariasi, mulai dari ratusan ribu hingga menyentuh angka jutaan rupiah.

Karena menjadi favorit dan incararan. Bukan tidak mungkin, burung anis merah bisa menurun populasinya. Berdasarkan International Union for Conservation of Nature (IUCN), burung anis merah berstatus Least Concern atau dalam risiko rendah.

Namun, meski demikian populasinya bisa berubah menjadi berkurang kapan pu, bahkan mungkin saja kedepannya akan punah

Menurut jurnal Biotropika, 2015, penyebabnya adalah penangkapan liar burung ini yang terus terjadi di alam.

KLIK INI:  Kenali 151 Tumbuhan Obat Beserta Nama Latinnya