Bunga Pukul Sembilan, Sering Dianggap Gulma Namun Kaya Manfaat

Publish by -16.871 kali dilihat
Penulis: Zakiyatur Rosidah
Bunga Pukul Sembilan, Sering Dianggap Gulma Namun Kaya Manfaat
Bunga pukul sembilan - Foto/jogjaGarden

Klikhijau.com – Bunga Pukul Sembilan, tanaman bunga ini disebut dengan berbagai nama. Nama latinnya, Portulaca grandiflora merupakan tanaman yang terdiri dari 100 spesies yang tersebar di daerah tropis maupun subtropis (Bohm dan Bohm, dalam Bajaj, 2013).

Portulaka atau Bunga Pukul Sembilan merupakan tanaman yang berasal dari Amerika Selatan (Argentina, Brasil, dan Urugay) yang kemudian tersebar ke berbagai tempat di dunia termasuk Indonesia.

Di Indonesia, berbagai jenis Portulaca disebut sebagai krokot. Sedangkan nama ‘bunga pukul sembilan’ dilekatkan kerena kebiasaan bunga ini yang mulai mekar pada sekitar pukul sembilan pagi.

Menurut penelitian Jericho Hamas Fasyah yang berjudul Mutasi Induksi Untuk Meningkatkan Keragaman Krokot (Portulaca Sp.) dengan Teknik Iradiasi Berulang (2017), Krokot sering dianggap sebagai gulma karena kemampuan tumbuhnya yang cepat.

Meskipun sering dianggap sebagai gulma, krokot memiliki bentuk dan warna bunga yang menarik sehingga krokot sangat potensial untuk dikembangkan sebagai tanaman hias tropis.

KLIK INI:  Berbunga Indah, 7 Tanaman Rambat Ini Bisa Jadi Pilihan untuk Dekorasi Rumah
Bunga Pukul Sembilan dan Ragam Nama Lain

Seperti dalam bahasa Indonesia, dalam bahasa Inggris pun, jenis bunga krokot ini memiliki sederatan nama. Nama-nama itu antara lain rose moss, eleven o’clock, mexican rose, mose rose, sun rose, rock rose, hingga moss-rose purslane.

Portulaca grandiflora juga mempunyai sinonim seperti Portulaca hilaireana G. Don, Portulaca immersostellulata Poelln., Portulaca mendocinensis Gillies ex Hook., Portulaca multistaminata Poelln., dan Portulaca pilosa subsp. grandiflora (Hook.) R.Geesink. Bunga ini berkerabat dekat dengan bunga Gelang Biasa (Portulaca oleracea L.).

Krokot merupakan kultivar yang toleran terhadap kekeringan dan cuaca panas. Tanaman ini biasa digunakan sebagai tanaman hias, tanaman biofarmaka, maupun sayuran.

Pertumbuhan dari tanaman ini sangat cepat sehingga cocok digunakan sebagai tanaman penutup tanah. Menurut buku Medicinal and Aromatic Plants IX, Portulaca grandiflora berasal dari Amerika Selatan (Bohm dan Bohm, 1996).

KLIK INI:  Si Cantik Coelogyne celebensis Anggrek Karismatik Sulawesi
Morfologi Bunga Pukul Sembilan

Tanaman yang berbentuk sukulen ini memiliki cabang dengan panjang 10-30 cm dan mempunyai banyak percabangan. Daun dari tanaman ini memiliki panjang sekitar 12-35 mm dan lebar berkisar 1-4 mm liniersubulate, berdaging, dan berbentuk elips runcing.

Tangkai bunganya pendek dengan rambut-rambut halus di bagian ketiaknya. Bentuk mahkota bunga seperti bunga mawar kecil. Mahkota bunga berwarna merah, merah jambu, atau ungu dengan diameter 2-4 cm serta benang sari yang terlihat jelas dikelilingi oleh mahkota (Ashok dan Bashir, 2010).

Ragam Manfaat Bunga Pukul Sembilan

Bunga krokot ternyata memiliki beberapa manfaat yang baik untuk kesehatan manusia. Banyak senyawa yang terkandung di dalam bunga tersebut, di mana senyawa-senyawa tersebut mampu dalam mencegah serangan beberapa penyakit.

Dalam penelitian Ashok dan Bashir yang bertajuk Efficient Micropropagtion Protocol for Portulaca grandiflora. Hook. Using Shoot Tip Explants, tanaman ini digunakan untuk obat sakit tenggorokan dan ruam kulit. Ini adalah imunostimulan diduga (Chavalittumrong et al., 2007).

KLIK INI:  Kaktus dan Sukulen Menjadi Tanaman Hias Favorit, Ini Perbedaan Keduanya!

Ini juga digunakan untuk detoksifikasi. Ini juga telah dilaporkan untuk kemanjurannya pada antigen permukaan hepatitis B (Zheng dan Zhang, 1990). Selain itu, efek antimutagenik padamutasi yang disebabkan oleh alfatoxin B1 dan siklofosfamid pada tikus telah dibuktikan (Liu et al., 1990).

Berikut uraian lebih lengkap mengenai manfaat bunga krokot.

  • Menyembuhkan sakit tenggorokan

Manfaat yang pertama yang dimiliki oleh bunga ini yaitu dapat digunakan untuk mengobati sakit tenggorokan. Selain mengobati sakit tenggorokan dengan mengkonsumsi bunga ini dapat menghilangkan rasa nyeri yang dirasakan ketika penderita mengalami sakit tenggorokan.

Sahabat hijau bisa mengkonsumsinya dengan cara bunga pukul Sembilan digiling hingga menjadi halus, kemudian campur gilingan bunga tersebut dengan air. lalu pakailah air campuran bunga krokot sebagai obat kumur sehingga dapat mengatasi sakit tenggorokan.

  • Menyembuhkan bisul dan koreng

Manfaat Bunga Pukul Sembilan yang lainya adalah dapat menyembuhkan koreng dan bisul. Biasanya koreng bekas luka sulit untuk hilang, anda bisa mencoba memakai ramuan bunga ini untuk mengobati koreng tersebut.

KLIK INI:  Kenali 7 Jenis Pot, Tanaman yang Pas dan Plus Minusnya!

Caranya cukup mudah, anda hanya perlu mengambil beberapa bunga pukul Sembilan, kemudian giling tangkai bunga pukuls embilan dan tempelkan gilingan tersebut pada bagian tubuh yang mengalami koreng atau bisul.

  • Menyembuhkan sakit hepatitis

Selain dapat mengatasi sakit tenggorokan, bunga pukul Sembilan dapat juga untuk mengobati penyakit hepatitis. Dengan mengkonsumsi rebusan bunga pukul Sembilan sebanyak 2 hingga 3 kali dalam sehari Caranya adalah dengan mengambil bunga pukul Sembilan sekira 30 gram, kemudian giling hingga halus dan peras airnya dengan memakai sepotong kain bersih lalu air yang telah terkumpul tersebut dapat langsung diminum.

  • Dapat mencegah penyakit eksim

Penyakit eksim yang umumnya dialami oleh bayi, dapat diatasi dengan mengolesi bunga pukul Sembilan pada bagian tubuh yang sakit. Selain itu, kandungan alami dari bunga ini sangat aman untuk kulit bayi.

  • Sakit kepala

Sakit kepala yang begitu mengganggu dalam berkatifitas setiap harinya dapat diobati dengan mengkonsumsi air rendaman dari bunga krokot.

Caranya anda bisa merendam bunga tersebut dalam air panas, atau merebusnya dalam air mendidih, kemudian anda bisa mengkonsumsi air rebusan tersebut setelah dingin. Jika anda merendamnya maka membutuhkan waktu sekitar kurang lebih 15 menit. Konsumsi air rebusan sebanyak 2 hingga 3 kali sehari.

KLIK INI:  Tips Sederhana dan Murah Meriah Merawat Tanaman Hias
  • Mencegah penyakit hipertensi

Saat ini penyakit hipertensi semakin banyak yang mengalaminya, untuk melakukan pencegahan dan mengatasi penyakit tersebut, anda bisa mengkonsumsi bunga krokot. Bunga ini dapat bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi dan dapat menghambat terjadinya pembekuann darah.

  • Menyembuhkan gangguan pencernaan

Gangguan pencernaan seperti perut kembung dan kurangnya nafsu makan dapat diatasi dengan mengkonsumsi bunga pukul Sembilan. Hal tersebut karena bunga ini memiliki kandungan saponin, flavonoid dan polifenol pada bagian daun serta batangnya. Selain itu bunganya juga memiliki kandungan betanin, portual, betacyanin dan betandin.

  • Mengatasi rasa nyeri pada persendian dan rematik

Aliran darah yang tidak lancar dapat menimbulkan beberapa penyakit. Selain bermanfaat untuk mengatasi gangguan pencernaan juga dapat digunakan sebagai obat untuk memperlancar aliran darah dan memiliki sifat tonik (penguat bagi tubuh). Dikarenakan bunga krokot ini memiliki kandungan fosfor, kalsium, dan zat besi maka bermanfaat juga untuk mengatasi nyeri persendian.

  • Sebagai obat memar

Begitu banyak manfaat yang diberikan bunga krokot apabila diguanakan sebagai obat. Selain dapat mengatasi penyakit dalam, bunga ini juga dapat mengobati memar dan menghilangkan rasa sakit dari memar tersebut.

KLIK INI:  Serunya Pantau Burung Air di Pantai Kuri

Sahabat hijau tak perlu khawatir apabila mengkonsumsi dan memakai bunga krokot sebagai obat dalam ataupun obat luar.

Hal ini dikarenakan bunga ini dapat bekerja tanpa adanya risiko dan efek samping. Apabila anda menggunakan bunga pukul sembilan ini sebagai obat dalam, maka cara membuat rambuannya cukup mudah. Dengan cara siapkan bunga pukul sembilan bagian tangkai, daun dan bunganya sekitar 15 – 30 gram yang direbus dengan beberapa cc air hingga mendidih.

Setelah mendidih dan agak asat airnya anda bisa mengangkat dan menunggunya hingga dingin. Setelah dingin air rebusan dapat disaring dan diminum sekita 2 hingga 3 kali setiap harinya.

Selain dikonsumsi air rebusannya, bisa juga mengkonsumsi dengan cara dibikin jus lalu langsung diminum. Apabila kurang suka rasa atau baunya, maka dapat dicampur dengan buah atau ditambah dengan sedikit gula agar terasa lebih enak.

Selain itu, jika ingin menggunakan bunga pukul sembilan ini sebagai obat luar maka caranya juga cukup mudah yaitu dengan cara menyiapkan dan mencuci beberapa gram bunga, daun serta tangkai dari bunga pukul sembilan.

Kemudian giling bunga tersebut hingga halus, selanjutnya tempelkan hasil penggilingan halus tersebut pada bagian yang sakit. Seperti misalnya pada bisul, sakit bekas gigitan serangga, memar, ataupun koreng. Air perasan dari tumbukan bunga ini dapat juga dipakai untuk mencuci muka dan mengkompres eksim dan luka bakar.

Nah, itulah penjelasan mengenai Bunga Pukul Sembilan dengan ragam manfaatnya. Semoga bermanfaat.

KLIK INI:  Perihal Larangan Perburuan Satwa di Hutan, 4 Hal Ini Penting Diketahui!
Editor: Anis Kurniawan

KLIK Pilihan!