Bukan Sekadar Valentine, Ini Fakta Tentang Bunga Mawar Lainnya!

oleh -1,701 kali dilihat
Ilustrasi bunga mawar dan perempuan
Ilustrasi bunga mawar dan perempuan/foto-katariau.com
Irhyl R Makkatutu

Klikhijau.com – Tahukah Anda apa saja fakta tentang bunga mawar yang berkembang dari waktu ke waktu? Apakah kekasihmu pernah memberikannya sebagai sebuah ungkapan cinta?

Atau pernahkah kamu kasihan pada mawar, yang kerap jadi kambing hitam pada sebuah berita asusilah. Pasti kamu pernah membaca berita yang kurang lebih begini bunyinya, sebut saja namanya mawar atau mawar, nama samaran untuk menutupi identitas korban. Mawar kerap jadi korban pada sebuah hal yang bernama “rahasia”

Nama mawar barangkali terlalu “seksi” untuk dipakai sebagai nama samaran jika sebuah berita. Padahal nyatanya mawar atau tepatnya bunga mawar memiliki keistimewaan, menurut situs outerbloom.com.

Pada tahun 1986 Ronald Reagan yang saat itu menjabat sebagai Presiden Amerika Serikat meresmikan bunga mawar sebagai bunga nasional AS. Maka tidak mengherankan jika di Amerika Serikat terdapat sekitar 400 hektar tanaman mawar dipanen setiap tahunnya.

KLIK INI: Wow, Penjualan Bunga di Turki Tembus Angka 6,6 Triliun Jelang Valentine
Fakta tentang bunga mawar

Bunga mawar mememang memiliki daya tarik tersendiri, bahkan selama abad ke-15, bunga mawar dijadikan simbol bagi kedua faksi, Yorkshire dan Lancaster untuk menguasai Inggris, peristiwa tersebut diberi nama “War of the Roses”. Mawar putih melambangkan Yorkshire dan mawar merah digunakan oleh Lancaster sebagai lambangnya.

Bagi orang kaya dan terkenal pada abad pertengahan, kelopak dan minyak dari bunga mawar dijadikan tambahan untuk mandi untuk mendapatkan sensasi yang lebih segar dan wangi. Mawar juga memiliki rentang usia yang sangat lama, ia bisa bisa bertahan hidup hingga 1000 tahun.

Permintaan yang tinggi dan daya tarik bunganya membuat bunga mawar menarik pula dibudidayakan, bahkan kini terdapat 100 lebih sepesies mawar yang yang dibudidayakan di seluruh dunia.

Bunga mawar bisa dirangkai menjadi dekorasi, hal ini sering dilakukan Pada zaman Romawi dulu, mawar digunakan sebagai dekorasi dan terkadang dipakai sebagai kalung. Hal itu juga diyakini di kalangan orang Romawi bahwa apapun yang dikatakan under the rose dianggap rahasia atau kesucian.

Bunga mawar selalu memiliki cerita tersendiri, kamu tahu bahwa duri yang berada di tangkai bunga mawar menurut mitologi yunani disebabkan oleh anak panah yang dilesatkan Cupid meleset dan mengenai bunga mawar.

Kandungan bunga mawar

Tanaman bunga mawar ini adalah salah satu jenis tanaman yang termasuk ke dalam keluarga dekat dengan buah-buahan. Hal yang menarik adalah bunga mawar ternyata mengandung vitamin C yang lebih tinggi dibandingkan buah-buahan, seperti buah pir, apel, ceri dan almond.

Selain mengandung vitamin C, bunga mawar juga dapat dijadikan obat herbal dan alternatif untuk penyembuhan berbagai macam penyakit. Tak ketinggalan, bunga mawar juga sangat baik untuk bahan dari pembuatan produk kecantikan wajah. Dan ternyata Ukuran kuncupnya yang paling kecil hanya sebesar butiran beras.

Rangkaian bunga mawar juga bisa digunakan sebagai bahan untuk pembuatan parfum. Aroma mawar yang harum berasal dari kelopaknya.

Terkadang kelopak mawar juga dikeringkan dan dikemas untuk diperjual-belikan sebagai aroma ataupun hiasan. Bunga mawar memang terkenal dengan berbagai macam warna, namun tidak ada mawar yang berwarna hitam. Warna mawar hitam sebenarnya adalah merah yang sangat tua.