Bunga Kenop, Tanaman Hias yang Kaya Manfaat untuk Kesehatan

Publish by -32 kali dilihat
Penulis: Redaksi
Bunga Kenop, Tanaman Hias yang Kaya Manfaat untuk Kesehatan
Tanaman hias, bunga kenop/Foto-wikipedia

Klikhijau.com – Bunga kenop (Gomphrena globosa) adalah tanaman hias dengan bunga-bunga indah berwarna ungu, putih dan merah. Tanaman ini merupakan spesies tumbuhan berbunga dari genus Gomphrena.

Tanaman terna semusim ini bisa Anda tanam di halaman belakang ataupun pekarangan sebagai tanaman hias. Selain itu, bunga ini juga cocok digunakan sebagai obat herbal untuk mencegah timbulnya penyakit.

Bukan hanya bunga bulatnya saja, hampir semua bagian tanaman ini bisa menjadi ramuan obat.

Dikutip dari tulisan Nita Nurfitria di laman Idntimes, berikut manfaat bunga kenop untuk kesehatan.

KLIK INI:  Kelelahan Bisa Sebabkan Kematian, Benarkah?
# Menyembuhkan luka di kulit

Bunga kenop mengandung ekstrak metanol yang bersifat anti jamur dan anti mikroba. Seluruh bagian tanaman ini dapat digiling menjadi seperti pasta dan dioleskan pada area luka.

Ramuan ini sangat efektif untuk bantu menyembuhkan luka di kulit dengan cepat. Jika memiliki lesi kulit yang sulit disembuhkan, cobalah ramuan bunga ini.

Penyakit kulit lainnya seperti kudis, juga bisa diatasi dengan bunga ini. Kandungan anti infeksinya membuat luka di kulit susah terinfeksi dan bisa kering dalam beberapa hari.

# Menurunkan tekanan darah dan kadar gula darah

Tim ilmuwan Brasil dari Universitas Federal Piauí menunjukkan, globe amaranth secara signifikan mampu mengurangi tekanan darah arteri tanpa mengubah denyut jantung. Meski yang dikonsumsi hanya sedikit, manfaatnya tetap bekerja dengan sangat baik.

Karena itu, khasiat bunga kenop dalam menurunkan tekanan darah dan kadar gula darah secara alami telah terbukti. Namun, belum ada penelitian berapa banyak dosis yang tepat untuk penggunaan jangka panjang.

# Mencegah penuaan dini

Meski bunga kenop telah dipetik dan disimpan berminggu-minggu, bentuk dan warnanya tetap bertahan seperti sebelum dipetik. Ini disebabkan oleh beberapa senyawa kuat yang dikandungnya.

Karena itu pula, orang-orang Yunani dan India kuno menggunakannya sebagai obat alami anti-penuaan.

Tanaman globe amaranth juga memiliki senyawa lain bernama kaempferol. Senyawa ini memiliki sifat antioksidan dan meningkatkan pertahanan alami kulit dari serangan radikal bebas superoksida.

Kaempferol juga membantu melindungi kulit dari radiasi ultraviolet. Teh dari bahan bunga kenop segar dapat digunakan seperti air mawar untuk perawatan kulit.

KLIK INI:  5 Manfaat Skipping Bagi Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui
# Mengatasi masalah prostat

Di Jamaika, tanaman bunga kenop terkenal sebagai obatnya para pria. Ramuan dari globe amaranth ini menawarkan obat kuat untuk mengatasi masalah prostat.

Di banyak negara, biji dari kantong bunga kenop yang rasanya manis dimakan untuk membantu kesehatan prostat. Antioksidan yang membantu penyembuhan penyakit ini adalah gomphrenoside-1.

Bunga kenop dapat membantu pria yang memiliki masalah buang air kecil dan pembengkakan prostat bahkan yang telah diidap selama bertahun-tahun. Ekstrak metanol dari seluruh tanaman menunjukkan sifat antioksidan yang signifikan.

Untuk membuat teh, cukup rebus air dan tambahkan bunga kenop segar ke dalamnya. Biarkan bunga larut selama beberapa menit, saring dan minum.

Anda juga bisa menambahkan madu untuk memberi rasa manis alami.

# Detoksifikasi racun dalam tubuh

Gomphrena globosa sangat bagus dijadikan ramuan detoksifikasi untuk menyingkirkan racun dan membersihkan tubuh dari penyakit.

Penggunaan obat secara tradisional ini dipercaya mampu mengobati batu empedu, hidung berdarah, batuk dan oliguria.

Tanaman herbal ini juga mampu mengobati infeksi saluran kemih yang membuat urin tidak normal dan terasa sakit.

KLIK INI:  Selain Bikin Sehat, Ini Manfaat Lain Permainan Tradisional Bagi Anak
Editor: Ian Konjo
Sumber: Idntimes.com

KLIK Pilihan!